Mobil Tips dan Trik

Tips Seputar Keyless Mitsubishi Xpander yang Tidak Banyak Orang Tahu

JakartaMitsubishi Xpander sebagai MPV fenomenal di Indonesia saat ini tentu dicintai lantaran dibekali fitur-fitur kekinian yang canggih di kelasnya. Di antaranya yaitu keyless entry dan start/stop button.

Fitur keyless Mitsubishi Xpander ini memudahkan pengguna yang mau masuk ke dalam kabin tanpa mengeluarkan remote alarm, lalu tinggal menekan tombol pembukanya saja. Selama remote berada di dalam kantong pun, pengemudi tinggal langsung menekan tombol starter engine untuk menyalakan mesin. Simpel!

Tapi ternyata fitur keyless Mitsubishi Xpander pun tidak luput dari kendala. Remote yang kemudian disebut Keyless Operating System (KOS) ini juga bisa menjadi bumerang ketika tidak bisa berfungsi dengan baik. Lalu bagaimana caranya mengatasi KOS yang tidak berfungsi?

Dalam kondisi normal, KOS hanya perlu dikantongi dan semua susai trek. Tapi permasalahan KOS ini bisa langsung terlihat di layar MID Mitsubishi Xpander. Pada layar, akan muncul informasi bila KOS tidak terdeteksi. Ini artinya keyless rusak atau hanya kehabisan baterai. Sesuai petunjuk yang muncul, Anda cukup dekatkan remote keyless ke tombol start/stop engine agar sensor mendeteksi immobilizer pada remote.

Persoalan lain muncul kalau keyless Mitsubishi Xpander tidak berfungsi sebelum masuk ke dalam kabin. Kalau pintu tidak mau terbuka sesuai fungsi keyless entry, Anda cukup menggunakan anak kunci yang berada di dalam remote-nya. Dengan begitu, fitur keyless tidak bisa digunakan dan kembali ke versi “jadul”.

Pergantian baterai KOS disarankan dilakukan di diler Mitsubishi saja untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Penggantiannya terlihat simpel, cukup bermodal obeng kecil dan baterai tipe coin (baterai jam) CR2032.

Tips Shift Lock Mitsubishi Xpander

transmisi matik Xpander GLS

Transmisi matik Xpander GLS

Berhubungan dengan batang kunci, maka teringat pada shift lock Mitsubishi Xpander. Shift lock ini sangat berfungsi untuk Anda yang tengah parkir paralel di basement mall dan sebagainya. Meski tidak ada tombol khusus layaknya mobil transmisi matic lainnya, Xpander matic juga tetap bisa shift lock.

Caranya mudah, batang kunci cukup dimasukkan ke dalam lubang kecil di samping kanan posisi “P” tuas persneling. Pada posisi “P” dan mesin mati, tekan kuncinya kemudian pindahkan tuas ke posisi “N”. Mobil pun sudah berada dalam posisi shift lock yang artinya mobil Xpander matic Anda dalam keadaan bebas (bisa didorong). Tanpa shift lock, mustahil mengunci mobil selama posisi tuas transmisi berada di “N”. Kalaupun pintu terkunci dan posisi transmisi di “P”, mobil tidak bebas (tidak bisa didorong).

Dimas Hadi

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di Carmudi Indonesia. Sebelumnya aktif menulis bermacam esai sosial-budaya dan beberapa karya tulis lainnya sejak 2009. Email : dimas.hadi@icarasia.com
Follow Me:

Related Posts