Home » Mobil » Toyota Kijang Innova Ternyata Punya 5 Hal Unik, Orang Jarang Tahu

Toyota Kijang Innova Ternyata Punya 5 Hal Unik, Orang Jarang Tahu

House cube A one angle. Foto/Ist

Jakarta –  Bukan cuma benda lucu aja yang punya hal unik, mobil pun bisa juga memiliki hal unik dan jarang diketahui. Toyota Kijang Innova contohnya. Mobil yang di buat dan di riset sepenuhnya di Indonesia ini juga punya hal unik jarang diketahui sama orang banyak.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum tau dari keunikan mobil 7 penumpang ini. Kira-kira Toyota Kijang Innova ini punya hal unik apa aja ya? Nah, Carmudi Indonesia kepingin ngasih tahu beberapa hal unik dari Toyota Kijang Innova.

Sebelum membahas lebih dalam mengenai hal unik dari Toyota Kijang Innova, ada baiknya kita membahas sedikit cerita tentang mobil ini. Toyota Kijang Innova merupakan MPV yang diproduksi secara resmi oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) pada tahun 2004.

Mobil ini diluncurkan sebagai generasi penerus dari Toyota Kijang generasi kelima yang ada di Indonesia. Kijang sendiri merupakan salah satu mobil asli Indonesia. Karena mobil ini sepenuhnya dibuat dan diriset untuk pasar Indonesia. Kijang sendiri memiliki arti sebagai Kerjasama Indonesia dan Jepang.

Kijang Innova
Kijang Innova yang banyak peminat saat jelang mudik lebaran. Foto/Carmudi.

Selain itu, Toyota Kijang Innova ini juga diproduksi di beberapa negara seperti India, Filipina, Taiwan dan Vietnam. Walaupun mobil ini dibuat dan diriset sepenuhnya di Indonesia, tetapi di tahun 2002 orang Jepang bernama Kaoru Hosokawa lah yang mendesain Toyota Kijang Innova ini. Itu tadi merupakan sedikit cerita singkat mengenai Toyota Kijang Innova. Nah, sekarang kita bahas apa saja keunikan dari mobil ini ya.

  • Dibuat dan Riset di Indonesia

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di awal. Toyota Kijang Innova ini dibuat dan diriset sepenuhnya di Indonesia. Selain punya arti nama Kerjasama Indonesia dan Jepang, ada juga yang menyebut jika nama Toyota Kijang Innova ini diambil dari Bahasa sansekerta. Kijang diambil dari Bahasa sansekerta Harina artinyai kijang. Di Indonesia, mobil ini mendapat sambutan sangat baik dari masyarakat Indonesia. Karena memiliki kelegaan kabin yang sangat baik, dan juga memilki tampilan yang cukup modern pada zamannya.

Innova Community memberikan pelatihan UMKM dan CSR di Cilacap.

  • Konfigurasi 8 dan 7 jok

Toyota Kijang Innova ini punya dua macam konfigurasi jok yang mana jadi pembeda nih. Pada nggak tau kan kalau Toyota Kijang Innova ini punya dua macam konfigurasi jok. Yang pertama itu adalah Toyota Kijang Innova dengan konfigurasi 7 penumpang. Model 7 penumpang ini punya jok model captain seat di bagian tengahnya.

Sedangkan buat yang versi 8 penumpang, jok bagian tengahnya itu sama seperti MPV yang ada di Indonesia. Atau yang 8 penumpang ini lebih tepat memakai jok dengan model standard. Ini jelas menjadi salah satu hal yang cukup unik dari Toyota Kijang Innova. Jadi, kalian kalau disuruh pilih bakalan milih yang 7 penumpang atau 8 penumpang nih?

  • Punya Dua Varian Mesin

Toyota Kijang Innova ini punya dua pilihan mesin yang bisa dipilih oleh masyarakat Indonesia. Mesin yang pertama itu adalah mesin bensin sedangkan yang kedua itu adalah mesin Diesel. Untuk mesin bensin, memakai mesin berkapasitas 1.998 cc, 4 silinder yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 137 hp dengan torsi maksimal mencapai 183 Nm. Sedangkan untuk mesin Diesel, berkapasitas 2.393 cc, 4 silinder bertenaga 147 hp dengan torsi maksimal mencapai 360 Nm. Keduanya menjadi pilihan mesin yang ditawarkan oleh TAM kepada konsumen di Indonesia.

Modifikasi Innova

  • Memakai Platform Ladder Frame

Banyak yang belum mengetahui jika Toyota Kijang Innova ini merupakan salah satu MPV dengan paduan SUV. Toyota Kijang Innova ini memiliki basis kerangka yang sama dengan Toyota Fortuner yang menggunakan platform ladderframe di bagian chassis.

Chassis inilah yang memberikan kekuatan kepada Toyota Kijang Innova. Sedangkan MPV nya dapat dirasakan dengan melihat bagian interior dari mobil ini. Interior mobil ini terbilang lega dan cocok untuk membawa banyak penumpang atau barang bawaan.

Kendati satu platform dengan Fortuner, tetapi setting kaki-kaki antara Fortuner dan Toyota Kijang Innova ini berbeda satu sama lain. Mulai dari bagian suspensi, kaki-kaki, bushing semuanya berbeda dengan Fortuner.

Pabrik Toyota
Produksi Innova di pabrik TMMIN Karawang. Foto/Carmudi.
  • Indikator Hemat Uang

Ada salah satu fitur tersembunyi yang terdapat pada Toyota Kijang Innova ini. Salah satunya adalah konsumsi bahan bakar yang mampu mencatatkan seberapa hemat pengeluarkan Anda. Jika mobil kebanyakan mencatatkan seberapa irit jarak tempuh, Toyota Kijang Innova ini berbeda.

Mobil ini memberikan informasi mengenai seberapa banyak uang yang bisa Anda simpan dalam perjalanan. Terlebih pada saat mengisi bahan bakar. Fitur ini tersembunyi dan hanya dapat kalian temui di MENU yang terdapat di bagian MID.

Toyota Innova Crysta (Toyota India)

Nah, itu tadi merupakan 5 hal unik yang bisa kalian temui dari Toyota Kijang Innova. Mobil ini sendiri hingga sekarang masih menjadi salah satu MPV yang paling banyak dibeli oleh masyarakat Indonesia.

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

Karma bodykit unjuk gigi di ajang SEMA Show 2019 Amerika Serikat
Previous post
Keren! Bodykit Buatan Indonesia Pamer di Amerika Serikat
Next post
Makin Galak di Medan Offroad, Modifikasi Suzuki Jimny Ini Dibekali Mesin Turbo