Berita

Tambah Lagi Satu Pameran Otomotif yang Ditunda Karena Virus Corona

Manila International Auto Show (MIAS) (Foto: Atoindustriya)

Manila – Wabah virus corona (Covid-19) belum berakhir. Sebanyak 115 negara telah mengkonfirmasi bahwa virus corona sudah memasuki wilayah mereka. Penyebaran virus corona begitu cepat dan berdampak buruk pada sejumlah sektor terutama otomotif. Akibat virus mematikan itu beberapa pameran otomotif berskala internasional terpaksa dibatalkan, ada pula yang memilih menunda hingga ada kepastian jadwal baru.

Baru-baru ini Worldbex, selaku penyelenggara Manila International Auto Show (MIAS) mengeluarkan penggumuman menunda pemeran otomotif tersebut. Alasannya karena puluhan orang telah terjangkit corona di Filipina. Pembatalan ini terpaksa dilakukan sebagai upaya membantu mencegah penyebaran virus dan untuk memastikan keamanan bagi semua pemangku kepentingan, peserta pameran, dan pengunjung.

“Keputusan ini dibuat setelah pertimbangan yang luas dan hati-hati dari situasi saat ini di samping komitmen kami untuk bekerja sama dengan pemerintah untuk menahan penyebaran COVID-19. Kami dengan rendah hati meminta pengertian Anda dalam masa-masa sulit ini,” demikian petikan pengumuman yang dituliskan Worldbex dilansir ulang oleh Atoindustriya.

Tak lupa pihak penyelenggara menggucapkan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan serta partisipasi dalam mempersiapkan MIAS 2020. Pihaknya juga memastikan bahwa pameran akan tetap diadakan, hanya saja soal waktu penyelengagraan mengalami perubahan.

“Acara tersebut akan diadakan di waktu mendatang ketika keselamatan dan keamanan publik dapat terjamin. Untuk saat ini kami berharap kesejahteraan dan keselamatan semua orang terus berlanjut,” tulisnya mengakhiri pengumuman.

Mulanya, MIAS 2020 dijadwakan diadakan di World Trade Center Manila and the Philippine International Convention Center pada 2 hingga 5 April. Pameran otomotif tahunan ini telah memasuki seri ke 16 secara berturut-turut. Setidaknya lebih dari 100.000 pengunjung hadir ke pameran tersebut setiap tahun. MIAS pertama diadakan pada 2005, dan biasanya diadakan awal April. Penundaan ini akan menjadi pertama kalinya pameran ditunda.

Sebelumnya ada beberapa pameran otomotif yang telah lebih dahulu memberitahu pembatalan dan penundaan gara-gara corona. Di antaranya Beijing Motor Show, Geneva Motor Show, dan Malaysia Autoshow.

Pameran Otomotif di Indonesia Jalan Terus

Meski wabah virus corona telah masuk Indonesia, tidak membuat pihak penyelenggara membatalkan atau menunda pelaksanaan. Seperti pameran otomotif yang baru saja usai, GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020. Pameran kendaraan komersial terbesar di Indonesia ini tetap berlangsung ditengah bertambahnya jumlah kasus terinfeksi corona.

Kendati demikian GIICOMVEC 2020 berjalan dengan sukses walaupun ada penurunan jumlah pengunjung jika dibandingkan dengan 2018 lalu.

Booth Toyota di IIMS 2019 (Foto: Santo/Carmudi)

Satu lagi pameran yang siap digelar di tengah ramainya corona di dalam negeri adalah Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020. Dalam keterangan resminya, Dyandra Promosindo selau pihak penyelenggara pameran menyatakan tetap mengadakan rangkaian jadwal persiapan acara jelang perhelatan pameran otomotif tahunan ini.

IIMS 2020 akan tetap berjalan sesuai jadwal dengan meningkatkan kewaspadaan atas dasar keamanan, keselamatan, dan kesehatan mengikuti anjuran dari pemerintah. Saat ini penyelenggara terus melakukan persiapan menyambut pameran akbar IIMS 2020. Rangkaian persiapan diharapkan berjalan lancar sesuai jadwal. Seperti Selasa (3/3/2020) kemarin, pihak penyelenggara mengadakan technical meeting yang akan berlangsung hingga Jumat, 6 Maret 2020.

Kegiatan tersebut tetap ramai dihadiri oleh para peserta pameran (exhibitor) maupun sponsor. Dyandra Promosindo juga akan terus memantau perkembangan informasi mengenai virus corona dari pemerintah dan lembaga terkait.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts