Berita

Akhiri Penjualan GT86, Toyota Berencana Bikin Film Pendek

Penjualan Toyota GT86

Menandai akhir penjualan,Toyota bikin film pendek GT86 (Foto: Paultan)

London – Setelah hampir sembilan tahun berkecimpung di industri otomotif global, Toyota memutuskan untuk menyudahi penjualan GT86. Produk terakhir dari Toyota GT86 telah terjual di Inggris, sekaligus menandai akhir dari penjualan mobil sport tersebut di sana.

Sebagai wujud apresiasi sekaligus perpisahan, Toyota berencana membuat film pendek yang mengabadikan sejumlah momen terbaik GT86 selama hampir satu dekade terakhir. Demikian seperti dilansir dari Paultan, (4/2/2021).

Ide untuk pembuatan Toyota GT86 atau dikenal juga sebagai 86 di negara lain pertama kali muncul pada 2005. Kala itu Toyota dan Subaru baru saja menjalin kemitraan dan menginginkan sesuatu produk yang mewakili kekuatan aliansi.

Baca Juga: 

Setelah melakukan diskusi mendalam akhirnya kedua pabrikan yang sama-sama berasal dari Jepang itu sepakat untuk membuat mobil sport dan memperlihatkan versi konsepnya bernama FT-86.

Toyota GT86 didukung oleh mesin 2.0 liter natural-aspirated dengan D-4S Fuel Injection. Hasil kinerja mesin disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual atau otomatis, membuatnya lebih menarik bagi para penggemar mobil sport. Pilihan suku cadang aftermarket yang begitu banyak juga menjadikannya sebagai slaah stau model terpopuler untuk dimodifikasi.

Penjualan Toyota GT86

Toyota GT86 jadi mobil balap (Foto: Paultan)

Toyota Inggris tidak menyebut GT86 akan benar-benar berakhir. Namun pihaknya seolah memberikan sinyal bahwa akan ada versi terbaru dari kembaran BRZ tersebut.

“Ini bukanlah akhir dari cerita, masih ada bab berikutnya,” ungkap Toyota.

All New Toyota 86 dan Subaru BRZ Meluncur 2021

Toyota dan Subaru telah lama menyiapkan All new 86 dan BRZ. Toyota memberitahukan bahwa kedua mobil kembar itu akan diluncurkan 2021 di Amerika Serikat. Waktu peluncurannya kuartal ketiga 2021, antara Juli hingga September.

Dilaporkan pula bila All New 86 akan mendapat tambahan nama di depan yaitu GR (Gazoo Racing).

Seperti diketahui, GR merupakan divisi performa dan tim balap Toyota. Saat ini, ada dua mobil yang menggunakan embel-embel GR, yaitu Yaris dan Supra. GR juga bertanggung jawab untuk lomba balapan ketahanan mobil atau Le Mans.

Penjualan Toyota 86

Penjualan Toyota 86 berakhir (Foto: Paultan)

All New Toyota 86 dan All New Subaru BRZ diprediksi bakal menggunakan mesin baru garapan Subaru yaitu turbocharged 2.4 liter. Kini mesin bensin tersebut sudah digunakan sebagai sumber tenaga Subaru Outback, Legacy, dan Ascent / Evoltis.

Baca Juga: 

Jika seandainya benar, maka sports coupe asal Jepang itu dipastikan mampu mengeluarkan tenaga sekuat 259 hp pada 5.600 rpm dan torsi puncak 375 Nm pada 2.000 rpm. Itu artinya ada peningkatan kinerja mesin dibanding model sebelumnya yang hanya mampu menghembuskan tenaga sekuat 203 hp dan torsi 212 Nm.

Sayangnya, tidak dibocorkan seperti apa rupa atau wajah dari All New 86 dan All New BRZ. Namun, besar kemungkinan desain keduanya terinspirasi dari mobil konsep Toyota GR HV yang pernah diperlihatkan ke publik 2017 lalu.

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/