Sepeda motor

Rumor Honda PCX 160 Meluncur di Indonesia Besok

Honda PCX 160 Indonesia

Setelah Thailand, Honda PCX 160 akan meluncur di Indonesia (Foto: Honda)

Jakarta – Honda PCX 160 dirumorkan akan meluncur di Indonesia pada Jumat, 5 Februari 2021. Ini akan menjadi model kedua Honda yang diluncurkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) setelah All New CBR150R awal bulan lalu.

Mengenai peluncuran sepeda motor baru dari Honda telah disampaikan oleh AHM sejak beberapa hari lalu. Hanya saja model sepeda motor apa yang bakal diluncurkan tidak disebutkan.

“Sehubungan dengan pengenalan produk baru sepeda motor Honda. Bersama ini kami mengundang Bapak/Ibu atau jurnalis yang ditugaskan untuk hadir dalam virtual press conference,” demikian petikan isi undangan dari AHM yang masuk ke redaksi Carmudi.

Meski masih sebatas perkiraan, namun dugaan sementara mengarah pada Honda PCX 160. Apalagi sejumlah diler resmi sepeda motor Honda diketahui sudah membuka pemesanan PCX 160. Sebagai tanda jadi konsumen harus menyiapkan dana sebesar Rp5oo ribu.

Honda PCX 160 Indonesia

Spidometer Honda PCX 160 (Foto: Honda)

Sepeda motor matik bertubuh bongsor itu telah lebih dahulu mendarat di Thailand pada awal Januari 2021.

Baca Juga:

Jika dilihat sekilas, tak ada yang berbeda dari PCX 160 dengan PCX 150. Nah, sambil menunggu kedatangan Honda PCX 160 di Indonesia, tidak ada salahnya untuk mengetahui sebagian spesifikasinya yang dipasarkan di Thailand.

Mesin Honda PCX 160

Honda PCX 160 mengandalkan mesin tipe eSP+ berkapasitas 156 cc, 1 silinder, SOHC, 4 katup, berpendingin cairan. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 15,8 hp pada putaran mesin 8.500 rpm dan torsi maksimal 15 Nm pada putaran 6.500 rpm.

Pihak Honda mengklaim mesin PCX 160 ini dapat meningkatkan efisiensi pembuangan gas pembakaran serta efisiensi pencampuran udara – bahan bakar.

Sepeda motor tersebut sudah dibekali dengan kontrol traksi atau dikenal sebagai HSTC (Honda Selectable Torque Control), serta crankshaft model baru untuk membuat suara mesin motor lebih halus.

Mesin Honda PCX 160 (Foto: Honda)

Fitur

Honda PCX 160 di Thailand telah disematkan berbagai fitur canggih guna memberikan kenyamanan maksimal bagi para penggunanya.

Sepeda Motor ini memiliki spidometer dengan area panel negative LCD berukuran lebar. Pengemudi bisa mengetahui kondisi motornya selama berkendara, mulai dari kapasitas tangki bahan bakar, kecepatan motor, rata-rata konsumsi BBM, jarak tempuh, dan lainnya.

Pada laci motor di bagian kiri, telah disematkan soket USB type C agar pengguna PCX 160 ini dapat mengisi baterai ponsel.

Fitur lainnya, Honda Smart Key, ABS pada roda bagian depan, ISS (Idling Stop System), dan masih banyak lagi.

Honda PCX 160 akan meluncur di Indonesia (Foto: Honda)

Desain

PCX 160 memiliki ukuran panjang 1.935 mm, lebar 740 mm, dan tinggi 1.105 mm, serta ground clearance 135 mm.

Pada bagian depan, terdapat lampu DRL (Day Running Light) yang didesain tajam dan terkesan agresif. Pencahayaan lampu utamanya cukup terang sehingga PCX 160 ini aman dibawa berkendara di malam hari.

Di bagian belakang, disematkan lampu berdesain X yang masih dipertahankan sebagai identitas PCX. Namun desainnya dibuat elegan dan minimalis.

Baca Juga:

Turut disematkan pula knalpot berdesain pipih seperti knalpot milik Honda CBR150R atau CB150R sehingga memberikan kesan sporty pada sepeda motor ini.

ABS Honda PCX 160 (Foto: Honda)

Bagian kaki-kaki mengadopsi pelek model Y-Spoke berukuran 14 inci yang dibalut ban 110/70 pada bagian depan. Sedangkan di bagian belakang, peleknya berukuran 13 inci dengan ban 130/70.

Harga

Di negara Gajah Putih, PCX 160 ditawarkan dalam tiga tipe, yaitu standar, ABS, dan EHEV (Electric Hybrid).

Honda PCX 160 tipe standar dijual seharga 85,9 ribu baht atau berkisar Rp39,7 jutaan, tipe ABS dijual 91,9 ribu baht atau Rp42,5 jutaan. Lalu untuk tipe EHEV seharga 107,5 ribu baht atau sekira Rp50 jutaan.

 

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts