Berita

Nasib Hyundai Ioniq Electric Jelang Peluncuran Ioniq 5

Jakarta — Nasib Hyundai Ioniq Electric dipertanyakan menjelang kehadiran Ioniq 5 yang peluncurannya sudah di depan mata. Terlebih lagi sosok Ioniq Electric tak ikut nongol di pameran mobil baru GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2022.

Hyundai Ioniq Electric

Nasib Hyundai Ioniq Electric Jelang Hadirnya Ioniq 5 (Foto: Carmudi)

Terkait hal itu, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menyebut absennya Ioniq Electric pada pameran yang berlangsung hingga 20 Maret 2022 di Jakarta Convention Center, Senayan tersebut hanya suatu kebetulan.

HMID juga menampik anggapan posisi Ioniq Electric akan langsung digusur Ioniq 5 karena keduanya memiliki segmentasi berbeda.

“Nggak ada alasan khusus (Ioniq Electric tak dipamerkan). Lagi pula Ioniq yang biasa dan Ioniq 5 itu beda segmen. Memang kebetulan yang dihadirkan hanya Kona Electric,” kata Uria Simanjuntak, Head of Public Relations HMID, Kamis (17/3/2022).

Hyundai Ioniq Electric masih akan menjadi produk yang tersedia nantinya. Kalau untuk jangka panjangnya, kita belum ada arahan lagi dari global. Tapi sejauh ini yang tersedia di website, itu yang tersedia untuk pasar Indonesia,” sambungnya.

>>>>> Cari mobil Hyundai baru dan bekas terbaik dari Carmudi di sini!

Mobil Listrik IONIQ 5

(Foto: Carmudi)

Wholesales Ioniq Electric di Awal Tahun

Dari sisi penjualan, data wholesales GAIKINDO Februari 2022 menunjukkan penurunan tajam untuk pengiriman Ioniq Electric dari pabrik ke diler dengan total hanya 1 unit. Jumlahnya merosot jika dibandingkan data serupa bulan Januari 2022 yang totalnya 17 unit.

Namun, jumlah wholesales 1 unit pada bulan lalu bukanlah yang paling rendah. Pada bulan November dan Desember 2021 angka wholesales Ioniq Electric bahkan nihil. Sementara itu puncak tertingginya ialah pada Februari 2021 dengan total 53 unit.

Tren penurunan di awal tahun ini juga dialami mobil listrik Hyundai lainnya, Kona Electric dengan wholesales hanya 2 unit untuk Februari 2022. Padahal pada satu bulan sebelumnya jumlahnya masih berada di angka 18 unit.

Sebagai informasi, pada tahun lalu Hyundai sukses menjadi penguasa segmen Battery Electric Vehicle (BEV) dengan market share 87,3 persen. Sepanjang tahun Hyundai mengantongi penjualan retail sebanyak 605 unit BEV dari total 693 unit secara nasional.

>>>>> Cari mobil Hyundai baru dan bekas terbaik dari Carmudi di sini!

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts