Berita Mobil

Bridgestone Bersama KNKT Beri Arahan Soal Keselamatan Ban Kepada Awak Angkutan

Ban Bridgestone

Keselamatan Ban jadi fokus utama Bridgestone (Foto: Carmudi/Santo)

Jakarta – Masyarakat Indonesia sesaat lagi akan menjalani ibadah puasa dan dilanjutkan hari raya Idul Fitri. Menyambut hari Lebaran, masyarakat biasanya akan pulang ke kampung halaman menggunakan mobil pribadi atau angkutan umum. Masih tingginya angka kecelakaan angkutan umum mendorong Bridgestone akan melakukan penyuluhan soal keselamatan ban terhadap awak angkutan.

Kampanye Tire Safety ini sebelumnya sudah dilakukan oleh PT Bridgestone Tire Indonesia terhadap masyarakat umum di Karawang beberapa waktu lalu di Bekasi dan Karawang. Untuk awak angkutan umum, Bridgestone akan bekerja sama dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

“Program kami dalam waktu dekat akan menggelar kampanye Tire Safety bekerja sama dengan KNKT. Program ini meneruskan safety campaign terhadap masyarakat umum yang dilakukan beberapa waktu lalu,” ujar Akihito Ishii, Presiden Direktur PT Bridgestone Indonesia, Sabtu (4/5).

Kampanye Tire Safety Bridgestone telah dianggap sebagai salah satu program kampanye keselamatan berkendara paling sukses di Indonesia sejauh ini.

“Kampanye ini bertujuan untuk mengurangi jumlah angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia, sekaligus menginformasikan betapa pentingnya peranan ban untuk keselamatan berkendara dan mengedukasi pengendara untuk selalu merawat ban dengan baik dan benar termasuk prosedur keselamatannya,” tambah Ishii.

Ban Mobil Bias dan Radial (Foto: Carmudi)

Kampanye Tire Safety tahun ini fokus pada tiga aktivitas utama yaitu Patroli Keselamatan (Safety Patrol) dan Pemeriksaan Ban (Tire Check). Acara dilanjutkan dengan Seminar tentang Keselamatan Berkendara oleh pihak Kepolisian Republik Indonesia.

Poin Penting Soal Keselamatan Ban dalam Mencegah Kecelakaan

Ban pada mobil baik pribadi atau angkutan umum fungsinya vital ‘alas kaki’ sekaligus pijakan roda. Apabila kondisi ban sudah jelek atau rusak berdampak pada pengendalian mobil yang kacau dan berisiko terjadi pecah ban sewaktu-waktu.

Pada kegiatan Kampanye Tire Safety untuk masyarakat umum, Bridgestone melakukan pemeriksaan ban yang keluar masuk kawasan pabrik di Bekasi dan Karawang. Pemeriksaan ini dilakukan dengan mengedepankan tiga faktor utama yang mendukung keselamatan berkendara yaitu pemilihan ban yang tepat (Right Tire), tekanan ban yang tepat (Right Inflation Pressure) serta tingkat keausan pemakaian ban yang tepat (Right Tread Wear Depth).

Faktor lain yang juga diperiksa dan tidak kalah pentingnya adalah kondisi ban yang tidak rusak (No Crack or Cut). Pemilik kendaraan juga perlu memperhatikan kondisi permukaan ban yang tidak rata (No Irregular Wear).

“Kampanye Tire Safety ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan kuat kami terhadap pemerintah untuk terus mensosialisasikan keselamatan berkendara,” tutup Ishii.

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts