Komersial

Bus Listrik Hyundai Dijadwalkan Meluncur di Indonesia 2024

Jakarta – Bukan cuma Kona Electric, ada juga dua model bus listrik dari Hyundai yang dijadwalkan akan meluncur di Indonesia pada 2024.

Hyundai Motor Company dan INVI, anak perusahaan PT Indika Energy baru saja menjalin kerja sama untuk merevolusi transportasi umum di Indonesia dengan memperkenalkan kendaraan listrik komersial (CEV).

Bus Listrik Hyundai

Penandatanganan perjanjian kerja sama Hyundai Motor Company dan INVI (Foto: Hyundai)

Dalam kolaborasi ini, INVI menjadi distributor utama bus listrik Hyundai di Indonesia. Sementara dari Hyundai sendiri akan menawarkan dua model bus listrik, yakni Hyundai Elec City (bus berukuran besar 12 meter) dan Hyundai County EV (bus berukuran sedang 8 meter).

Kedua bus tersebut dijadwalkan meluncur tahun depan.

Baca Juga: Hyundai Kona Electric Terbaru Siap Meluncur Di Indonesia 2024

Bus Listrik Hyundai

Hyundai Elec City (Foto: Hyundai)

Bus listrik ini telah dirancang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, baik untuk perkotaan maupun pinggiran kota.

“Kemitraan antara Hyundai dan INVI dari Indika Energy, mewakili kemajuan signifikan dalam pengembangan kendaraan listrik komersial di wilayah ASEAN. Hyundai dan INVI telah menunjukkan rekam jejak yang kuat dalam inovasi dan kesuksesan di industri masing-masing,” ungkap Young Tack Lee, Presiden Hyundai Motor ASEAN Headquarters dalam keterangan resminya kepada Carmudi, Jumat (1/12/2023).

“Dengan menggabungkan keahlian kedua perusahaan, ini akan menjadi aset berharga dalam memperkenalkan kendaraan listrik komersial baru ke pasar,” sambung dia.

Selain Indonesia, Hyundai juga berencana memperluas penyediaan bus listriknya ke pasar-pasar lain di kawasan ASEAN.

Bus Listrik Hyundai

Penandatanganan Kerja sama Hyundai Motor Company dan INVI terkait kendaraan listrik komersial (Foto: HJyundai)

“Fokus awal kami berikutnya akan ditujukan pada Malaysia dan Singapura, yang mendorong pertumbuhan kendaraan listrik dengan infrastruktur canggih dan dukungan pemerintah yang kuat, termasuk regulasi emisi nol. Perluasan selanjutnya akan dilakukan di Filipina, mempertimbangkan potensi pasar besar dan peluang yang menjanjikan,” terang Young Tack Lee.

Andreas Justiabel, Presiden Direktur INVI mengungkapkan, pihaknya merasa sangat terhormat menjadi distributor utama bus listrik Hyundai di Indonesia.

“Komitmen kami adalah memberikan dampak besar pada pasar kendaraan listrik komersial, mengakselerasi adopsi kendaraan listrik, terutama di sektor komersial,” ujarnya.

Tak hanya dua model bus listrik saja yang akan dihadirkan, Hyundai dan INVI telah bersiap untuk meluncurkan model kendaraan listrik komersial tambahan dalam waktu dekat.

INVI, sebagai bagian dari Indika Energy, juga secara aktif berkontribusi pada kontribusi pada pengembangan sistem transportasi umum yang ramah lingkungan di ibu kota baru Indonesia, Ibu Kota Nusantara (IKN).

Bus Listrik Hyundai

Hyundai County EV (Foto: Hyundai)

Baca Juga: Pabrik Baterai Hyundai Di Cikarang Mulai Dibangun, Siap Beroperasi Tahun Depan

Untuk memastikan keberlanjutan bus listrik dan kendaraan listrik komersial di kawasan ASEAN, Hyundai akan membangun rantai nilai EV di Indonesia, memosisikannya sebagai pusat EV di ASEAN. Hal ini mencakup pembangunan pabrik sel baterai untuk mengurangi biaya manufaktur, meningkatkan daya saing pasar, dan mendapatkan manfaat dari pembebasan pajak barang mewah lokal dengan mencapai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang ditargetkan.

Penulis: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts