Tips dan Trik

Cara Ganti Aki Motor dengan Mudah, Begini Tutorial Langkahnya

Cara ganti aki motor tak sesulit yang dibayangkan bahkan prosesnya tergolong pekerjaan sederhana. Hanya ada satu hal krusial yang tak boleh keliru saat melakukan bongkar pasang aki, yakni menentukan urutan baut terminalnya.

Untuk lebih jelas, dalam artikel ini Carmudi akan mengajak Anda melihat langkah demi langkah melepas dan memasang aki motor. Selain itu Anda juga bisa mengetahui cara memilih aki motor yang tepat dan cara mengisi air zuur untuk aki yang baru dibeli.

Persiapan Ganti Aki Motor

Cara Ganti Aki Motor

(Foto: Moto Adrenaline)

Walaupun proses penggantian aki motor termasuk pekerjaan mudah bukan berarti tak diperlukan persiapan. Sebelum memulai, sebaiknya Anda sudah memegang alat-alat yang dibutuhkan.

Alat yang Dibutuhkan
Alat yang Dibutuhkan
Obeng minus
Kunci pas 8 mm
Sarung tangan karet
Aki yang sudah siap pakai

Alat yang dimaksud utamanya adalah obeng plus atau bisa juga kunci pas 8 mm. Alat ini yang dibutuhkan untuk melepas dan memasang kembali baut terminal aki. Setiap aki memiliki dua buah terminal, yaitu negatif dan positif.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa menyiapkan obeng negatif seandainya butuh alat untuk mengangkat penutup aki atau aki itu sendiri dengan cara mencongkelnya.

Tapi semua itu belum termasuk alat yang dibutuhkan untuk membuka bodi motor atau penutup akinya. Masalahnya hal tersebut dikembalikan kepada masing-masing jenis motor karena bisa saja berbeda antara satu model dengan model lain.

Selain itu, demi keselamatan dan kenyamanan sebaiknya Anda juga menggunakan sarung tangan karet guna menghindari kontak langsung antara kulit dan air zuur. Cairan tersebut bersifat asam dan korosif sehingga bisa menimbulkan gatal-gatal.

Kemudian, diasumsikan Anda hendak melakukan penggantian aki dengan yang baru. Untuk itu pastikan juga aki yang akan dipasang sudah siap pakai. Lho, memangnya ada aki baru yang tak siap pakai?

Jelas ada. Ketika membeli aki baru, baik aki basah atau aki kering — yang sebetulnya lebih tepat disebut Maintenance Free (MF) — kerap kali elektrolitnya alias air zuur belum dituang ke dalam aki.

Air zuur tersebut umumnya sudah termasuk ke dalam paket pembelian. Akan tetapi konsumen mesti melakukan pengisian sendiri.

Tak perlu bingung untuk hal ini karena prosesnya pun mudah. Lebih lengkap mengenai langkah-langkahnya bisa disimak pada sub judul “Cara Mengisi Air Zuur Aki Baru”.

Nama-Nama Bagian Aki

(Foto: BC Open Textbooks)

Cara Ganti Aki Motor (Bongkar dan Pasang)

Cara Ganti Aki Motor
1. Pastikan kunci kontak posisi mati
2. Buka penutup aki
3. Lepas baut terminal negatif
4. Lepas baru terminal positif
5. Lepas aki lama lalu pasang yang baru
6. Pasang baut terminal positif
7. Pasang baut terminal negatif
8. Pasang kembali penutup aki
  1. Pastikan Kunci Kontak Posisi Mati

Demi keselamatan pastikan untuk mematikan kunci kontak motor sebelum memulai pekerjaan yang menyentuh bidang kelistrikan. Hal ini otomatis juga berlaku saat hendak melakukan penggantian aki.

  1. Buka Penutup Aki

Untuk membuka penutup aki, pastikan Anda mengetahui posisi aki itu sendiri. Mayoritas motor automatik posisi akinya berada di step floor. Untuk motor jenis lain biasanya posisi aki berada di bawah jok atau balik bodi samping.

  1. Lepas Baut Terminal Negatif

Setelah posisi aki terlihat maka Anda bisa mulai melepas baut terminalnya. Adalah sebuah keharusan untuk melepas baut terminal negatif terlebih dahulu saat hendak mencopot aki. Baut terminal negatif ditandai kabel berwarna hitam atau lihat simbol yang ada di aki.

  1. Lepas Baut Terminal Positif

Kemudian Anda bisa melanjutkannya dengan melepas baut terminal positif yang ditandai dengan kabel berwarna merah. Baut terminal yang sudah dilepas dapat disimpan di tempat aman agar mudah ditemukan jika hendak digunakan lagi.

  1. Lepas Aki Lama Lalu Pasang yang Baru

Setelah kedua baut terminal lepas seharusnya Anda sudah bisa mengangkat aki yang lama. Selanjutnya tinggal pasang aki baru dengan posisi yang sama. Jangan sampai terbalik agar lebih mudah memasang baut terminalnya lagi.

Penting diingat aki bekas termasuk limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun). Oleh karena itu tidak boleh dibuang sembarangan. Salah satu solusi ialah menitipkannya ke bengkel resmi atau bengkel spesialis aki.

Bengkel yang baik akan memiliki kerjasama dengan tempat-tempat peleburan barang semacam itu atau yang disebut smelter.

  1. Pasang Baut Terminal Positif

Dalam proses pemasangan, baut terminal positif harus didahulukan. Pembelian aki baru biasanya juga disertai dengan baut terminal baru. Disarankan untuk menggunakan baut ini karena kondisinya pasti lebih bagus dibanding yang lama.

  1. Pasang Baut Terminal Negatif

Selanjutnya pasang baut terminal negatif. Anda juga bisa menggunakan baut yang baru untuk ini.

  1. Pasang Kembali Penutup Aki

Langkah terakhir ialah memasang kembali penutup aki. Pastikan tidak ada baut atau barang-barang kecil lainnya yang tertinggal di dalam rumah aki.

Pada dasarnya itulah langkah-langkah cara ganti aki motor. Saran lain, setelah aki terpasang jangan langsung menyalakan motor lewat electric starter, tapi gunakan kick starter.

Hal ini ditujukan untuk memberi waktu bagi aki baru untuk menerima pasokan listrik dulu dari mesin yang menyala.

Cara Memilih Aki Motor

Cara yang paling dianjurkan untuk memilih aki baru ialah menyesuaikan kode modelnya dengan aki yang lama. Tapi karena suatu hal mungkin saja Anda ingin ganti merek.

Jika kasusnya demikian maka Anda perlu mencari aki yang voltase dan amperenya sama. Mayoritas motor yang beredar di Indonesia menggunakan aki dengan voltase 12 volt. Jadi tinggal menyesuaikan amperenya.

Tak kalah penting, cari aki baru yang memiliki dimensi sama agar pas saat dipasang di motor.

Contoh Aki Kering Motor

(Foto: RevZilla)

Cara Mengisi Air Zuur Aki Baru

Pada sub judul ini akan mengambil contoh pengisian air zuur untuk aki MF karena lebih modern dan penggunaannya makin meluas. Adapun langkah-langkahnya adalah seperti yang dijelaskan di bawah ini. Disarankan untuk menggunakan sarung tangan karet selama menjalani prosesnya demi keselamatan.

  1. Buka Stiker Segelnya

Aki MF yang baru dibeli akan memiliki stiker segel untuk menutup vent plug hole. Jika Anda menemukan segel dalam keadaan rusak atau sudah terbuka maka bisa mempertanyakannya kepada penjual.

  1. Tuang Air Zuur

Kemasan air zuur aki MF bentuknya seperti enam buah botol yang ditempel sejajar. Jumlah ini mengikuti banyaknya vent plug hole yang terdapat di bagian atas aki. Sedangkan tutup dari kemasan air zuur tersebut berupa aluminium foil.

Proses penuangan bisa dimulai dengan menaruh aki di tempat rata. Setelah itu posisikan kemasan air zuur sejajar dengan vent plug hole. Posisi tutup aluminium foil menghadap ke bawah.

Setelah dipastikan sejajar, Anda tinggal menekan kemasan zuur sampai jarum di vent plug hole melubangi tutup aluminium foil. Air zuur otomatis akan masuk ke dalam sel-sel aki dengan sendirinya.

Diamkan dan tunggu hingga semua air zuur masuk ke dalam sel aki.

  1. Pasang Cover Vent Plug Hole

Langkah terakhir ialah memasang cover untuk vent plug hole yang umumnya berbentuk plastik memanjang berwarna hitam. Pemasangan yang benar ialah sampai permukaan cover sejajar dengan bagian atas aki.

Nah, pemasangan cover ini sifatnya permanen. Jika suatu saat Anda memaksa untuk membukanya maka cover tersebut akan rusak.

Patut diketahui, aki MF memang tidak didesain untuk diisi ulang karena tingkat penguapannya sudah jauh lebih rendah dibandingkan aki basah.

Demikianlah ulasan mengenai cara ganti aki motor dan serba-serbinya. Fungsi aki sendiri sangat penting pada kendaraan.

Sudah menjadi keharusan bagi pemilik untuk melakukan perawatan atau melakukan penggantian jika dibutuhkan agar kendaraan lancar digunakan.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *