Home » Tips dan Trik » Cara Mudah Hilangkan Goresan di Mobil, Tidak Harus Pergi ke Bengkel

Cara Mudah Hilangkan Goresan di Mobil, Tidak Harus Pergi ke Bengkel

Jakarta – Goresan pada bodi mobil bisa muncul karena benturan atau mungkin karena usia pakai mobil yang sudah lama. Munculnya goresan di mobil tentu membuat penampilannya menjadi kurang sedap.

Goresan di bodi bila sifatnya masih ringan bisa saja untuk disamarkan atau dihilangkan. Anda tidak harus buru-buru ke bengkel apabila masih bisa dikerjakan sendiri di rumah.

Banyak cara menghilangkan baret pada mobil, seperti menggunakan compound, wax, scratch remover, amplas, sabun detergen, lotion anti nyamuk, hingga kuteks sekalipun. Lantas, bagaimana caranya menghilangkan goresan itu?

Periksa Kondisi Goresan di Mobil

Sering kita jumpai di mobil goresan sebenarnya bukan kerusakan pada cat, hanyalah segaris tonjolan atau hanya debu yang menempel dan mengeras. Bila cuma kotoran, cukup di lap saja dengan kanebo basah.

Apabila goresan masih muncul tapi tidak dalam, maka goresan tersebut akan lebih mudah dihilangkan. Cara mengetahui seberapa parah goresan di mobil yaitu dengan melihat kedalamannya. Bila sampai terlihat warna perak khas besi atau logam maka , goresan tersebut termasuk dalam dan mungkin lebih sulit diperbaiki di rumah.

Menghilangkan Goresan di Mobil dengan Kompon

Goresan yang masih dalam tahap ringan bisa hilang dengan memoles bagian tersebut dengan kompon. Bahan kimia dalam bentuk krim ini banyak tersedia di toko-toko aksesoris ataupun perkakas otomotif.

Kompon berfungsi atau mengikis cat di sekitar goresan, hingga goresan menjadi hilang tertutup oleh cat disekitarnya. Kompon yang biasa digunakan untuk menghilangkan goresan ringan adalah kompon putih yang memiliki daya kikis kuat.

Hilangkan Goresan di Mobil Pakai Kompon (Foto: YourMechanic)

Langkah awal, bersihkan permukaan mobil yang tergores dengan menggunakan air untuk menghilangkan debu kotoran yang mungkin masih menempel. Kemudian, lap permukaan mobil sampai kering menggunakan lap kain mikrofiber.

Poles bagian tersebut dengan kompon poles. Anda harus memoles kompon relatif cepat agar tidak lekas mengering. Apabila mengering maka bekas kompon yang menempel semakin sulit dibersihkan dan kadang jadi bercak. Saat memoles, jangan terlalu ditekan supaya bagian cat tidak banyak terkikis dan jadi belang.

Setelah proses memoles selesai, bilas kembali bekas goresan dengan air bersih kemudian keringkan. Setelah itu, Anda bisa melapisi bagian tersebut dengan wax supaya kembali mengkilap.

Samarkan Goresan di Mobil Memakai Scratch Remover

Apabila goresan sifatnya tidak parah, Anda juga bisa mencoba menutupinya dengan scratch remover. Cairan ajaib ini biasanya banyak tersedia di toko aksesoris mobil. Aplikasi scratch remover ini mungkin butuh hingga lima kali poles untuk menghilangkan goresan dengan baik.

Hilangkan Goresan di Mobil Pakai Scratch Remover (Foto:TripleClicks)

Cara pemakaiannya juga mudah, Anda cukup oleskan cairan scratch remover dengan menggunakan jari tangan pada bodi mobil yang tergores secara merata. Setelah itu, gosok bagian tadi menggunakan kain micro-fiber. Tekan pelan-pelan agar cairan scratch remover ini bisa bekerja optimal.

Menghilangkan Goresan di Mobil dengan Obat Nyamuk

Cara kurang lazim yang masih dipercaya sebagian pemilik mobil untuk menghilangkan goresan yakni dengan mengolesi obat nyamuk lotion. Pemakaian obat nyamuk ini sifatnya hanya untuk dalam kondisi darurat bila tidak menemukan kompon, karena sifat zatnya yang cukup keras terhadap cat.

Menghilangkan Goresan di Mobil Pakai Obat Nyamuk (Foto:TauGitu)

Oleskan obat nyamuk ke bagian yang lecet dan biarkan selama 10-20 detik. Setelah itu, gunakan air untuk membasahi daerah yang lecet tersebut dan segera keringkan.

Obat nyamuk lotion ini menghilangkan lapisan bening atau clear coat diatas lapisan cat mobil. Lotion sebenarnya tidak disarankan karena pada beberapa mobil bahkan bisa merusak kualitas cat dan hasilnya buram karena memudar. (dol)

Datsun Cross
Previous post
Bulan Depan Konsumen Sudah Bisa Terima Datsun Cross
Banjir
Next post
Jakarta Siaga Banjir, Ini yang Harus Dilakukan Pemilik Sedan