Home » Berita » Catat! Yamaha TMAX Kini Hadir dengan Mesin 560 Cc

Catat! Yamaha TMAX Kini Hadir dengan Mesin 560 Cc

Catat! Yamaha TMAX Kini Hadir dengan Mesin 560 cc (Foto: Rideapart)

Milan – Yamaha turut ambil bagian dalam EICMA (Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accessori) atau dikenal juga dengan Milan Motorcycle Show 2019. Pada kesempatan ini pabrikan sepeda motor asal Jepang itu memperkenalkan suter matik (skutik) bertubuh gambot yakni Yamaha TMax dengan beberapa pembaruan.

Skutik bertubuh gambot ini kini tersedia dengan pilihan mesin lebih besar yaitu 560 cc. Yamaha TMax merupakan salah satu skutik terlaris di Eropa. Datang sebagai model 2020, Yamaha TMAX 560 tenaganya naik sekira 30 cc dari generasi sebelumnya.

Tenaga yang dihasilkannya pun tidak serta merta naik tinggi, hanya sekira 2 hp saja. Di atas kertas Yamaha TMAX 560 bertenaga 47,6 hp pada 7.500 rpm dan torsi puncak 55,7 Nm pada 5.250 rpm. Sebagai perbandingan Yamaha TMAX 530 cc dikalim mampu mengeluarkan daya sebesar 45,3 hp pada 6.750 rpm dan torsi maksimal 53.0 Nm pada 5.250 rpm.

Catat! Yamaha TMAX Kini Hadir dengan Mesin 560 cc (Foto: Rideapart)

Sementara dari segi eksterior, sepintas tampilan Yamaha TMAX 560 mirip dengan model sebelumnya hanya ada perubahan kecil yang dilakukan oleh Yamaha. Termasuk lampu sein yang terintegrasi dengan lampu depan, serta desain lampu belakang baru.

Desain jok telah dirancang ulang untuk meningkatkan ergonomi pada TMAX dan meningkatkan kenyamanan bagi pengendara. Fitur lain yang ditambahkan ke Yamaha TMAX 560 termasuk rem cakram berdiameter 267 mm di depan, velg 15 inci dan kapasitas tangki bahan bakar 15 liter.

Catat! Yamaha TMAX Kini Hadir dengan Mesin 560 cc (Foto: Rideapart)

Sejak diperkenalkan pada tahun 2001, lebih dari 275.000 TMAX telah terjual di seluruh dunia. Yamaha menganggap ini sebagai salah satu sepeda motor paling sukses di Eropa, dan berharap untuk melanjutkan kesuksesan itu dengan pembaruan yang lebih segar lagi. Demikian seperti dilansir dari Paultan.

Yamaha TMAX di Indonesia

Tak hanya jadi favorit di Eropa, Yamaha TMax juga punya banyak pengemar di Indonesia. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) sepeda motor di Indonesia resmi meniagakan TMAX DX pada akhir 2017.

TMAX DX adalah skutik pertama Yamaha yang menggunakan YCC-T (Yamaha Chip Controlled Throttle). TMAX DX punya kerangka bodi lebih ringan, performa lebih baik, pengalaman berkendara, serta kenyamanan yang maksimal.

Yamaha TMax DX
Yamaha TMax DX diperkenalkan (Istimewa)

TMAX DX dilengkapi empat fitur canggih. Pertama, Cruise Control, memungkinkan kecepatan jelajah konstan pada rentang 50 – 140 Km/jam yang membuat berkendara jarak jauh lebih menyenangkan. Kedua, Traction Control System, mengurangi resiko ban belakang selip pada saat akselerasi.

Tiga, Yamaha D Mode, memberi pilihan pengendara untuk melaju dalam “T Mode” atau “S Mode” berdasarkan kondisi jalan atau keinginan pribadi. Empat E-Adjustable Windscreen, kaca depan dapat disesuaikan secara elektrik. Yamaha TMAX DX dipasarkan dengan harga Rp 319 juta on the road Jakarta.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Daihatsu Tularkan Skill Berkendara yang Benar di Surabaya
Next post
Truk Hybrid Paling Pas dengan Kondisi Infrastruktur Indonesia