Berita Mobil Sumber informasi

Cuma Ada 175 di Dunia, Supercar Langka “Versi Terakhir” Ini Hadir di Indonesia

Jakarta – Seiring mengarahnya dunia ke arah efisiensi, populasi mesin berkapasitas besar semakin berkurang. Bahkan Aston Martin yang kental dengan mesin raksasa pun perlahan menghilangkan ciri khasnya tersebut.

Karena itu, “versi terakhir” dari flagship Aston Martin bermesin besar naturally aspirated, Vanquish S pun diproduksi dengan nama Ultimate Edition sebagai imbuhan. Tentunya, supercar ini sangat langka karena hanya diproduksi 175 unit di seluruh dunia.

Kerennya, pada 16 Agustus 2018 satu dari 175 unit Aston Martin Vanquish S Ultimate Edition tersebut resmi hadir di Indonesia. Ya, Prestige Motorcars selaku Importir Umum mobil premium di dalam negeri mendatangkan Aston Martin Vanquish S bermesin V12 terakhir ini yang menjadi satu-satunya di Indonesia. Berapa harganya?

“Untuk harga benar-benar tergantung spesifikasi, tergantung tambahan yang dipilih. Tapi yang pasti di atas Rp 14 miliar,” ujar Rudy Salim, President Director Prestige Motorcars.

Mahal? Tentu untuk sebuah collectors’ edition, value yang didapat lebih dari sekadar fitur dan mesin yang digunakan. Tetapi, Rudy juga menjelaskan salah satu alasan mengapa harganya bisa sangat tinggi.

“Biasanya sebuah Aston Martin butuh waktu 50 jam untuk pengecatan, yang ini butuh 80 jam, jadi investasi juga karena lebih awet warna mobilnya,” tambahnya.

Karena hal tersebut juga, harga jualnya jadi melambung lebih tinggi.

“Di Asia Pasifik tidak lebih dari 5 unit. Kenapa? Karena harga produksinya sangat mahal sekali. Jakarta termasuk kota yang sangat potensial untuk Vanquish S Ultimate Edition ini,” tambah Francisca Prandayani, General Manager Marketing Aston Martin Jakarta.

Sentuhan Khusus Ultimate Edition

Berbasis Vanquish generasi kedua yang mulai diproduksi tahun 2012 silam, Ultimate Edition ini adalah versi terakhir sekaligus penutup sebelum GT tertinggi dari Aston Martin akan digantikan oleh DBS Superleggera.

Tentunya karena hanya diproduksi sebanyak 175 unit di dunia, terdapat beberapa titik yang membedakan versi Ultimate Edition ini dari Vanquish S ‘standar’. Terdapat dua versi Aston Martin Vanquish S Ultimate, yaitu Coupe dan Volante (convertible).Dimasukkan oleh Prestige Motorcars adalah versi Coupe.

Pembeda utama adalah warna khusus yang disebut Ultimate Black, yang menunjuk pada cat yang digunakan Vanquish S Ultimate generasi pertama.

“Semua yang ada di dalam mobil ini itu highest option. Yang bisa pakai carbon fiber semua dipakaikan di sini. Badge-nya pakai warna hitam karena limited edition, kalau Aston Martin yang biasa warna hijau,” kata Fransisca lagi.

Detail lainnya yang membedakan, knalpot, kaliper rem dan window line berwarna hitam gloss. Sedangkan louvre kap mesin, gril depan dan strake di fender depan, diffuser dan bahkan atap menggunakan bahan carbon fiber.

Bagian dalam pun mendapat sentuhan yang akan membuat sang pemilik merasa lebih spesial dibanding di dalam Vanquish S biasa. Mulai dari sill plate yang bertuliskan “1 dari 175 Ultimate Edition,” dan tulisan penanda varian yang dijahit di kedua headrest jok depan.

Grand Touring 12 Silinder

Di balik kap mesinnya, adalah spesies langka di hari kekinian. Berupa sebuah jantung mekanis 12 silinder naturally aspirated alias tanpa turbo atau supercharger, ini adalah mesin V12 NA terakhir di line up Vanquish.

Dengan kapasitas masif tepatnya di angka 5.935 cc, mesin berkode AM29 ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 595 hp untuk Vanquish S versi internasional ini dan torsi 630 Nm.

Layaknya Aston Martin GT-oriented lainnya, mesin ini berporos tengah meski posisinya ada di depan, karena terletak di tepat di belakang as roda depan. Kali ini disambungkan ke transmisi otomatis 8-percepatan yang disebut Touchtronic III ke penggerak roda belakang.

Bersama Launch Control, Aston Martin Vanquish S Ultimate Edition ini dapat menyentuh angka 100 km/jam dari diam hanya dalam 3,5 detik saja. Sedangkan bila pedal gas terus diinjak, kecepatan maksimum yang dapat ditempuhnya menyentuh 324 km/jam.(dol)

Data Spesifikasi Aston Martin Vanquish S Ultimate:

 

Mesin AM29
Jumlah Silinder 12, V12
Teknologi Mesin DOHC, Dual Variable Camshaft Timing
Kapasitas Mesin 5.935 cc
Tenaga Maksimum 580 hp (588 ps) @ 7.000 rpm
Torsi Maksimum 630 Nm @ 5.500 rpm
Layout Mesin Mesin Tengah (Depan) Penggerak Roda Belakang
Transmisi Otomatis 8-percepatan (Torque Converter)
Kapasitas Tangki 78 liter
   
Panjang 4.730 mm
Lebar 1.910 mm
Tinggi 1.295 mm
Wheelbase 2.740 mm
   
Ground Clearance 125 mm
   
Suspensi Depan Independent Double Wishbone dengan Coil Spring dan Anti-Roll Bar
Suspensi Belakang  
Damper Adaptive Damper System (Normal, Sport, Track)
   
Rem Depan Carbon Ceramic Disc (398 mm)
Rem Belakang Carbon Ceramic Disc (360 mm)
Sistem Rem ABS, EBD, EBA, TC, HBA, PTC, DSC
   
Diameter Velg 20 inci
Ban (Depan) Pirelli P-Zero 255/35 ZR20
Ban (Belakang) Pirelli P-Zero 305/30 ZR20

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts

/