Home » Berita » Deretan Motor Bekas Tahun 2020, Skutik Masih Favorit

Deretan Motor Bekas Tahun 2020, Skutik Masih Favorit

Motor bekas pada 2020 bakal lebih dipilih karena keterbatasan dana pasca pandemi Corona

Jakarta – Di tengah penurunan ekonomi saat pandemi virus corona seperti sekarang ini, penjualan sepeda motor baru cenderung lesu. Masyarakat dengan dana pas-pasan pada tahun 2020 ini secara realistis akan mengalihkan kepada motor bekas. Selain harganya lebih terjangkau, bila kita pintar memilih bahkan akan mendapat sepeda motor bekas yang terawat yang kondisinya seperti baru.

Permintaan sepeda motor bekas ini seleranya mengikuti tren pembeli motor baru. Saat ini, motor dari jenis skutik jadi favorit karena menawarkan kepraktisan berkendara.

Jika ada sepeda motor baru yang muncul, biasanya motor yang lama pasti dijual. Sekalipun hanya cukup untuk beli motor bekas, keinginan untuk ganti motor juga selalu ada. Umumnya, motor yang paling cepat laku atau dicari masyarakat yaitu Honda BeAT, Scoopy, NMAX, Vario, dan Mio series.

Lima model motor ini diminati karena desainnya menarik dan populasinya banyak. Kita tidak perlu khawatir dan bingung soal ketersediaan suku cadang dari kelima motor tadi. Hampir setiap bengkel motor baik itu bengkel resmi atau bengkel umum bisa menangani kerusakannya.

Kelas skutik non premium, kita cukup menyediakan bujet sekitar Rp10 juta untuk bisa membawa pulang sepeda motor dalam kondisi mulus. Sementara itu untuk Yamaha NMax tentunya lebih mahal, karena skutik bongsor besutan Yamaha ini masuk kategori motor ‘mewah’.

Supaya tidak makin penasaran, yuk, kita ulas lebih dalam sepeda motor bekas mana yang cocok untuk Carmudian. Namun ingat, karena ini sepeda motor bekas maka maklum saja bila ada beberapa kerusakan kecil akibat pemakaian.

Harga Sepeda Motor Yamaha NMax Bekas pada Tahun 2020

Yamaha Nmax
Yamaha NMax bekas masih banyak diminati dibanding Aerox. Foto/Tenaga Kuda.

NMax adalah skutik bongsor yang fenomenal, karena saat diperkenalkan harganya lebih murah dari Honda PCX. NMax pun langsung menjadi skutik favorit di masyarakat karena punya gaya yang mewah.

Yamaha NMax dihadirkan sebagai pesaing langsung dari Honda PCX 150. Berada di segmen skutik premium, NMax berusaha menjaring mereka yang ingin memiliki skutik berkelas tapi dengan harga yang terjangkau.

Dengan desain besar dan kokoh membuat Yamaha NMax sangat nyaman untuk touring. Tak heran jika banyak konsumen yang jatuh cinta pada sepeda motor keluaran pabrikan berlogo garputala ini, sehingga sepeda motor bekasnya pun ikut laris manis.

Berdasarkan listing di Carmudi, Yamaha NMax bekas dijual dengan harga mulai dari Rp17 jutaan untuk keluaran 2017. Adapun unit motor Yamaha NMax bekas dengan harga paling mahal yaitu Rp28 juta untuk keluaran 2019.

Yamaha Nmax generasi baru.
Yamaha Nmax generasi baru.

Artinya, untuk membeli NMax bekas setidaknya perlu menyiapkan anggaran Rp18-20 juta. Uangnya itu nanti untuk dipakai untuk membeli motor sekaligus perbaikan apabila ada beberapa kerusakan atau mengurus administrasi pajak kendaraan.

Yamaha membekali NMax generasi pertama dengan mesin berkapasitas 155 cc, 4-tak, SOHC, silinder tunggal. Tenaga yang mampu dihasilkan sebesar 11.1 kW pada 8.000 rpm, dengan torsi maksimumnya mencapai 14.4 Nm pada 6.000 rpm.

Honda Beat Motor Bekas Terlaris

Honda Beat generasi pertama kini harganya kian terjangkau (foto: Carmudi)

Skutik keluaran PT Astra Honda Motor ini menjadi motor terlaris di Indonesia. Tidak mengherankan, karena Honda Beat harganya terjangkau dengan mesin yang bandel juga irit. Bodinya yang ramping membuat Honda Beat lincah untuk bermanuver.

Ketika hadir pertama kali, Honda Beat tidak begitu menggebrak pasar Indonesia dan masih kalah tenar dari Yamaha Mio. Nyatanya, kini Honda Beat pelan tapi pasti mengalahkan pesaing-pesaingnya. Hal ini cukup wajar karena Honda Beat selalu mendapatkan inovasi terbaru pada setiap keluaran terbaru.

 

Tidak hanya pada motor baru, Honda Beat bekas juga selalu dicari konsumen. Terlebih lagi pada tahun ini harga motor bekas Honda Beat eSP relatif terjangkau. Harga motor bekas Honda Beat pada tahun 2020 bisa terdepresiasi hingga 50% dibandingkan dengan harga saat keluar baru.

Tinggi rendahnya harga tentunya tergantung pada tahun produksi. Bagi kalian yang cuma punya bujet terbatas, tidak ada salahnya membeli Honda Beat generasi pertama yang dijual antara Rp4,5-6,2 juta di situs jual beli kendaraan Carmudi.

Honda Beat generasi II

Harga sepeda motor Beat eSP bekas 2020 juga bervariasi. Beat generasi kedua dan ketiga yang sudah dibekali sistem injeksi dijual mulai dari Rp6,5 juta untuk keluaran 2014 sampai dengan Rp16 juta untuk Beat eSP keluaran 2019 kemarin.

Honda sejak dulu memang sudah dikenal sebagai produsen kendaraan yang lebih mengandalkan efisiensi bahan bakar dan ramah lingkungan. Hal ini pun berlaku pada Honda Beat generasi terbaru.

Bukan hanya sekadar menonjolkan sisi desain yang menarik dan atraktif, karena pabrikan berlogo sayap mengepak ini juga membenamkan teknologi terbaru pada sektor dapur pacu. Menggunakan sistem asupan bahan bakar PGM-Fi dan teknologi eSP, berimbas pada konsumsi bahan bakar Beat yang semakin efisien. Konsumsi bahan bakar Honda Beat berkisar 58.5–63 km/liter.

Harga Motor Honda Scoopy Bekas

Honda Scoopy bekas layak dilirik karena perawatan yang mudah dan desain khas yang ikonik.

Sepeda motor Honda lainnya yang masih digemari masyarakat yaitu Scoopy. Motor matik bergaya retro ini disukai karena desainnya yang klasik. Saat itu, Honda merilis Scoopy sebagai upaya menyalip Yamaha yang kalah langkah ketika meluncurkan Vino series.

Modelnya yang unik dan berbeda dengan para kompetitornya, membuat Scoopy cocok dikendarai oleh pria dan wanita, terlebih lagi bagi anak-anak muda yang gemar tampil berbeda. Tersedia dalam model Sporty dan Stylish, Scoopy siap tampil beda.

Cita rasa retro pun masih terasa jelas lewat penggunaan striping dan warna bodi yang kini lebih beragam. Ruang untuk kaki semakin nyaman, karena jok Scoopy didesain dengan model memanjang dan empuk, sehingga pengendara tak akan merasa cepat lelah.

Karyawan AHM sedang merakit Honda Scoopy yang dilakuka di plant Cikarang, Jawa Barat
Karyawan AHM sedang merakit Honda Scoopy yang dilakuka di plant Cikarang, Jawa Barat. (Foto: AHM)

Pada edisi terbaru, Scoopy menggabungkan kesan klasik dan teknologi modern. Scoopy dilengkapi dengan fitur lampu depan LED Projector dan lampu sein berdesain oval yang telah menjadi identitasnya sejak lama. Panel instrumen Scoopy kini memakai combined digital panel meter dengan panel LCD yang menampilkan odometer dan indikator bahan bakar serta fitur ECO indicator. Pada sisi console box depan disediakan Power Charger yang dapat gunakan oleh pengendara dalam mengisi baterai ponsel.

Teknologi mesin yang digunakan pada Scoopy juga serupa milik Beat, sehingga perawatannya jelas mudah. Bicara soal harga bekas, Honda Scoopy cukup variatif dan relatif murah untuk generasi pertama. Berdasarkan listing Carmudi, harga Honda Scoopy mulai dari Rp6,3 juta untuk tahun 2011 dan termahalnya Rp18,5 jutaan untuk keluaran 2019.

Yamaha Mio, Skutik Favorit Selain NMax

Yamaha Mio M3 punya desain yang agresif (foto: Carmudi)

Nama Mio kini mungkin kalah tenar dan tergusur popularitas Honda Beat dan Vario. Padahal, sebelum Honda menelurkan motor matik, Yamaha Mio lah yang mempopulerkan skutik tanpa gigi di Indonesia.

Dari sisi harga baru, Yamaha Mio untuk varian Mio M3 dijual lebih murah ketimbang Honda Vario dan Beat. Alasannya, Yamaha Mio M3 sudah dibekali mesin 125 cc sementara skutik Honda itu masih bermesin 110 cc. Bodi Mio lebih mungil dan kompak, yang membuatnya lebih lincah ketika menerabas kepadatan lalu lintas.

Motor satu ini terbilang unik dan mungil dalam desainnya, sehingga banyak masyarakat yang kepincut. Dengan harga yang terbilang murah dan spesifikasi yang diusung sudah mumpuni, Yamaha Mio M3 mempunyai konsumen setianya.

Yamaha Mio M3 (foto: Semisena)

Yamaha Mio generasi terbaru kini memiliki desain yang atraktif dan mengusung model bodi yang sedikit lebih lebar dibandingkan dengan generasi awal. Segmen yang dituju lebih banyak ke arah kaum muda, yang ingin tampil penuh gaya dengan tunggangannya.

Desain Yamaha Mio generasi terbaru ini memiliki kesan lebih tegas dengan lekukan bodi yang tajam, sehingga terkesan sebagai sebuah skutik yang lebih maskulin dan sport.

Pengaplikasian frame underbone pada Yamaha Mio terbaru sanggup memberikan kestabilan berkendara, nyaman untuk dikendarai dalam waktu yang lama, serta mampu untuk diajak bermanuver dengan baik.

Harga termurah motor matik besutan Yamaha ini berdasarkan listing Carmudi yaitu Rp7,4 juta untuk tahun 2017. Sedangkan harga termahalnya dijual seharga Rp17 juta untuk keluaran 2015. Perbedaan harga ini dipengaruhi oleh kondisi unit yang dijual dan administrasi pajaknya.

Honda Vario Series

Honda Vario generasi pertama jadi motor bekas yang terbukti bandel di 2020

Honda Vario merupakan produk Honda yang tersukses kedua setelah Honda Beat. Vario merupakan pelopor motor matik di pabrikan sayap kepak untuk pasar Indonesia. Honda Vario sudah lama mengaspal di Tanah Air, sehingga populasi motor bekasnya sudah banyak tersedia di pasaran.

Bagi kalian yang punya bujet terbatas, bisa memilih model Vario generasi pertama yang masih memakai karburator. Skutik yang disebut Vario Karbu atau Vario Agnes (karena bintang iklannya Agnes Monica) dan Vario Techno 110 dijual dengan rentang harga mulai dari Rp5,5 juta sampai dengan Rp10 juta untuk Vario Techno 110 cc.

Vario 110 mengalami evolusi pada 2014 dan generasi kedua dengan nama Vario Absolute ini punya bodi lebih ramping. Sayangnya, Vario 110 harus pensiun pada 2019 lalu karena kalah peminat dibanding Honda Beat dan Vario 125.

Seiring perkembangan teknologi, Honda Vario kemudian bertambah varian dengan opsi mesin 125 cc dan 150 cc. Vario 125 hadir pada 2012 dengan perawakan bongsor seperti Vario Agnes. Selanjutnya, PT Astra Honda Motor menambah varian 150 cc pada 2015 sekaligus melakukan pembaruan di varian 125 cc.

Honda Vario 150 dalam kemasan warna merah.

Honda Vario 125 bekas dijual dengan harga mulai dari Rp7,6 juta untuk keluaran 2014. Sementara itu berdasarkan listing Carmudi, harga termahal Vario 125 dijual di angka Rp19,8 juta untuk keluaran 2019 alias generasi ketiga.

Terakhir kita ulas harga untuk Vario 150, atau kasta tertinggi keluarga Vario. Skutik pekgoan ini hadir pada 2015 dengan sudut tajam. Unit Vario 150 ini harganya masih tinggi di pasaran motor bekas untuk tahun 2020. Harga termurah Vario 150 bekas berdasarkan listing Carmudi yaitu Rp13 juta untuk keluaran 2016 dan termahalnya dijual Rp21,3 juta untuk keluaran 2019.

Honda Vario
Tampil tambah sporty dan tambah fitur All new Honda Vario 150 dan 125. Foto/Carmudi.

Dari sekian banyak model terlaris, Carmudian bisa memilih motor bekas sesuai dengan kondisi keuangan dan tentunya selera masing-masing. Sekalipun bekas, namun kondisi sepeda motor ini termasuk tahun muda sehingga tidak ketinggalan zaman kalau diajak nongkrong atau sekadar pamer ke tetangga.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Kenali Penyakit Satria Hiu, Pengapian Suka Ngambek

Generasi ketiga, atau sering disebut Wonder
Previous post
10 Generasi Honda Civic, Mana yang Menjadi Model Paling Disukai?
Next post
Mitsubishi Outlander PHEV Ikut Andil Basmi Virus Corona