Reviews

First Impression Audi RS4 Avant, Station Wagon Bermesin Buas

Jumat pekan lalu, tepatnya tanggal 17 September 2021 PT Garuda Mataram Motor (GMM) telah meluncurkan New Audi RS4 Avant. Mobil tersebut merupakan station wagon yang dinilai bermesin buas.

Carmudi pun kemudian berkesempatan melihat lebih dekat sosok Audi RS4 Avant tersebut, Senin (20/9/2021) kemarin.

Eksterior Gahar

Jujur saja, tampilan Audi RS4 Avant jauh melebihi ekspektasi kami. Tampilannya jauh lebih sporty dan indah dibandingkan melihatnya dari foto.

audi rs4 avant

Kedua mata saya tak hentinya memandang mobil berkelir abu-abu yang dipajang di showroom Audi MT Haryono, Jakarta Timur tersebut.

Agung, Dept Training PT GMM membeberkan ada beberapa ubahan dari mobil ini.

“Yang pasti desain depannya itu berbeda. Grilnya dibuat lebih besar dan agresif dibandingkan generasi sebelumnya. Kelebihan lainnya yang sudah pasti itu tuning mesin RS yang bisa dibilang sebagai top of the line performance Audi,” ujarnya kepada kami.

audi rs4 avant

Pembaruan yang terlihat selain desain bumper adalah penggunaan lampu depan model matrix LED dengan bezel yang dibuat gelap. Lampu tersebut langsung menambah kesan sporty dan kekinian dari mobil Audi tersebut.

Di bagian samping terdapat pelek model palang 5 yang menggunakan warna two tone hitam dan silver. Jangan lupa, seluruh roda sudah dibekali dengan rem cakram yang disertai ABS dengan logo RS di bagian kalipernya.

Jika dibandingkan dengan versi A4 sedan, ternyata RS4 Avant ini lebih lebar 30 mm di bagian fender depan dan belakang. Hal tersebut bertujuan untuk mengakomodir pelek yang ukurannya lebih lebar.

Ada 2 opsi pelek yang diberikan GMM kepada konsumen. Yang pertama memakai pelek ukuran 19 inci dengan ban 265/35 lalu pelek ukuran 20 inci dengan dibalut ban ukuran 275/30.

audi rs4 avant

Di bagian samping, spionnya dibubuhi dengan aksen karbon yang semakin menegaskan kesan sporty serta body kit dan juga lekuk tajam di beberapa bagian bodi.

Di bagian belakang lampunya juga menggunakan LED model matrix seperti lampu depan. Bagian bawah bumper terdapat 2 buah knalpot, serta logo RS4 di sisi kiri.

Pengoperasian bagasi belakang juga sudah memakai power back door, sehingga pengguna cukup menekan tombol untuk membuka maupun menutup bagasinya.

Interior Sporty

Masuk ke dalam interior, hal yang paling menonjol adalah kesan sporty. Joknya menggunakan paduan warna hitam dengan aksen jahitan berwarna merah khas kebesaran tuning RS.

audi rs4 avant

Di bagian tengah jok terdapat aksen honeycomb hexagonal berwarna merah. Oh iya, kedua jok depan menggunakan model bucket seat yang siap memeluk pengemudi dan penumpang depan dengan sempurna.

Impresi pertama saya ketika duduk di baris kedua adalah rasanya cukup tegak. Dengan postur sekitar 173 cm agak kesulitan ketika mau memasuki kabin.

Penumpang wajib hati-hati dengan kepala ketika ingin masuk, sebab posisi atap yang rendah membuat saya beberapa kali terbentur. Namun ketika sudah duduk, ergonominya terasa cukup oke.

Di bagian tengah terdapat pengaturan AC yang sudah menggunakan model digital. Penumpang belakang bisa mengatur kebutuhan AC yang berbeda dengan penumpang di depan. Di belakang jok depan juga terdapat kisi-kisi yang bisa digunakan untuk membawa barang.

Lanjut menduduki jok depan. Impresinya mirip seperti menduduki sebuah jok mobil sport coupe yang seakan memeluk untuk siap memacu adrenalin di atas aspal.

Seluruh pengaturannya sudah memakai elektrik. Setirnya menggunakan model palang 3 dengan adanya tombol pengaturan serta emblem RS di bagian bawah.

Seluruh bagian setir, handle pintu, dasbor, menggunakan jahitan asli berwarna merah. Mobil yang dijual seharga Rp2,7 miliar on the road Jakarta ini juga dibekali dengan instrumen cluster digital yang sangat baik.

Dalam layar tersebut mampu memberikan berbagai informasi seperti peta, konsumsi BBM, informasi mobil, pengukuran akselerasi, g-force, dan lain sebagainya. Di bagian belakang, kapasitas bagasinya pun sangat besar, khas mobil station wagon yang kerap digunakan oleh ibu-ibu berbelanja di Eropa.

Audi RS4 Avant Bermesin Buas

Di balik kap mesin, Audi RS4 Avant ini bersemayam mesin berkapasitas 2.900 cc, dengan konfigurasi V6, TFSI, twin turbo. Tenaga yang bisa dihasilkan mencapai 443 hp dengan torsi maksimum 600 Nm.

Tenaga masif tersebut disaluran ke seluruh roda menggunakan transmisi otomatis 8 percepatan tiptronic. Berdasarkan klaim pabrikan, RS4 Avant mampu melesat 0-100 km/jam hanya dalam waktu 4,1 detik saja.

Dalam penggunaan normal harian, mobil ini akan mendistribusikan tenaga secara mekanikal 60% ke roda belakang dan 40% ke roda depan. Jika salah satu roda mengalami selip, maka tenaga akan disalurkan ke roda lain yang membutuhkan.

Pengaturan tersebut diatur lewat Electronic Stability Control dan Traction Control yang ditanamkan oleh Audi. Kendati mesinnya besar, tetapi emisi yang dihasilkan terbilang kecil. Pihak Audi pun merilis data bahwa RS4 Avant ini menghasilkan emisi 211 gr/km.

Suspensi Audi RS4 Avant Mumpuni

Untuk menunjang kestabilan berkendara, Audi menanamkan suspensi dengan struktur five-link di bagian depan. Sementara itu belakang memakai suspensi sport RS yang membuat RS4 Avant lebih rendah 7 mm dibanding S4 yang menjadi basic sedan.

Belum selesai sampai di situ, ada juga dynamic ride control (DRC) sebagai opsi pilihan serta roll and pitch stabilizer yang mampu mempertahankan pergerakan bodi kendaraan tanpa penggunaan perangkat elektronik.

Pengemudi juga bisa memilih lewat elektronik tingkat peredamannya mulai dari Comfort, Auto, dan Dynamic. Agung mengatakan jika jumlah unit yang terjual di Indonesia saat ini tak lebih dari 10 unit.

 

audi rs4 avant carmudi

audi rs4 avant carmudi

audi rs4 avant carmudi

Foto: Carmudi/Rizen

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts