Reviews

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Suzuki Katana yang Jarang Diketahui

Beberapa bulan belakangan banyak orang yang mencari informasi tentang kelebihan dan kekurangan dari mobil Suzuki Katana. Alasannya sepele, karena untuk dijadikan mobil nostalgia dan hobi.

Pandemi yang melanda Indonesia membuat banyak orang mengalihkan hobi membeli mobil tua. Suzuki Katana menjadi salah satu incaran lantaran kurang diminati dan harganya cukup murah.

Bagi kaum milenial mungkin masih asing mendengar nama Suzuki Katana. Mobil berkapasitas 4 orang ini merupakan SUV kompak yang dijual secara resmi oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sejak tahun 1986 sampai 2005.

Sejarah Suzuki Katana

Di era 1990-an, mobil berdesain kotak dengan atap yang sedikit menggembung ini pernah merasakan masa populernya di Indonesia. Mobil yang dikenal sebagai ‘Jimny Banci’ ini dihadirkan dalam dua varian; GX dan DX.

kelebihan kekurangan suzuki Katana

Ada alasan mengapa ia disebut sebagai Jimny Banci. Hal tersebut lantaran penggeraknya hanya 4×2, berbeda dengan Jimny yang memakai penggerak 4×4.

Pada tahun 1993, Suzuki memberikan penyegaran untuk Katana. Secara tampilan, Katana versi facelift dan non-facelift masih terlihat sama.

Yang membedakan hanyalah fitur yang menjadi kelengkapannya. Suzuki Katana DX menjadi varian terendah dengan ciri warna solid, belum power steering, memakai pelek kaleng, dan bangku belakang berhadapan.

Sedangkan untuk Suzuki Katana GX memakai warna metalik, sudah power steering, dilengkapi AC, pelek alloy, dan jok belakangnya menghadap ke depan.

Di Indonesia, umur produksi Katana DX hanya berlangsung sampai tahun 1998. Sedangkan untuk varian GX masa produksinya menjadi yang terlama hingga tahun 2006.

Kisaran Harga Suzuki Katana Bekas

Di pasaran, secara umum harga mobil Suzuki Katana bekas ini tergolong sangat terjangkau dengan kisaran Rp25 jutaan sampai Rp50 jutaan tergantung kondisi. Namun beberapa bulan belakangan banyak orang yang menjual Katana dengan harga tinggi.

Mereka yang menjual dengan harga tinggi umumnya karena kondisi mobil punya jarak tempuh rendah, cat sepenuhnya orisinil, dan kondisi yang masih sangat baik. Berdasarkan pantauan, ada beberapa penjual yang menawarkan Katana dengan harga hampir mencapai Rp90 juta.

Selain itu, Arie Pujianto, salah satu pengguna Suzuki Katana mengaku hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor.

kelebihan kekurangan suzuki Katana

“Kalau yang harganya tinggi itu faktornya kondisi. Bisa dibilang lumayan susah cari Katana yang kondisinya benar-benar rapi, segar, dan masih orisinil. Rata-rata pasti sudah dimodifikasi oleh pemilik sebelumnya,” katanya kepada kami.

Beberapa modifikasi yang dilakukan umumnya mengganti atap yang mengembung menjadi model datar, atau yang sering disebut ‘trepes’.

“Banyak yang sudah dimodif, atapnya dibuat trepes, interiornya diganti, mesin di-upgrade,” sambungnya.

Modifikasi tersebut menjadi salah satu hal yang mempengaruhi harga, sebab nilai keaslian menjadi jauh berkurang. Umumnya para pembeli yang ingin bernostalgia lebih mementingkan nilai orisinalitas mobil yang akan dibeli.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Suzuki Katana

Kelebihan

Bagi orang awam mungkin akan berpikir, mengapa harga Suzuki Katana bekas ini bisa begitu mahal. Apa yang menjadi kelebihannya?

Arie yang mengaku sudah mengendarai Katana selama tiga tahun membeberkan beberapa kelebihan menurut dirinya.

“Yang pasti harga sparepart mesin itu sangat murah dan gampang banget ditemukan,” terang pria pemilik Katana berkelir biru ini.

kelebihan kekurangan suzuki Katana

Suzuki Katana milik Arie Pujianto. (Foto: Rizen/Carmudi)

Sebagai contoh, ia pernah melakukan penyegaran pada bagian kopling. Komponen yang diganti olehnya kala itu meliputi kampas kopling set dengan harga Rp800 ribuan saja. Itupun sudah memakai komponen asli Suzuki.

Sedangkan jika hanya mengganti kampas koplingnya saja kisaran harga yang harus dikeluarkan hanya Rp250 ribuan. Hal ini jelas menjadi kelebihan yang sangat disenangi oleh para pemilik Katana, sebab harganya murah.

Komponen lain yang tak kalah murah adalah regulator jendela yang harganya hanya Rp75 ribu, handle putaran kaca jendela Rp25 ribuan, filter bensin Rp35 ribu, tutup termostat Rp49 ribuan, kompresor AC Rp850 ribu, dan karburator assy orisinil Suzuki seharga Rp800 ribuan.

Kelebihan Suzuki Katana

  • Harga sparepart murah
  • Ketersediaan sparepart mudah dicari
  • Banyak pilihan sparepart orisinil dan KW
  • Pajak kendaraan murah
  • Konsumsi BBM sangat irit
  • Dimensi kecil
  • Mudah dikendarai
  • Perawatan mudah

Kekurangan

Walaupun punya banyak kelebihan, bukan berarti Suzuki Katana hadir tanpa celah. Mobil yang dibuat di Indonesia ini tetap punya kekurangan yang membuat para pemiliknya terkadang menyesal memiliki mobil ini.

“Kalau kekurangannya tetap ada, lah. Paling yang terasa banget itu kenyamanannya yang lumayan bikin sakit punggung. Hahaha… Suspensinya juga keras, ini yang jadi penyebab sakit punggung,” katanya.

Pernyataan Arie sebenarnya berdasarkan fakta bahwa Suzuki Jimny atau Katana memang dirancang untuk melewati jalan off-road, beban berat, dan bukan untuk kenyamanan. Suspensi Katana ini menggunakan per daun yang membuat kenyamanannya kurang baik.

Biasanya para pemilik Jimny atau Katana ini kerap meledek kerasnya suspensi tersebut dengan sebutan mirip gerobak. “Sudah jadi hal lumrah, lah, kalau naik Katana atau Jimny itu mirip gerobak,” kata Arie.

Selain ketidaknyamanan suspensi, ternyata penderitaan pengguna Katana belum selesai sampai di situ.

Ketidaknyamanan lainnya adalah ruang kabin yang sempit serta peredaman kabin yang jauh dari kata sempurna membuat rasa berkendaranya cukup buruk.

Ketika melewati jalan rusak, sensasi ini akan sangat terasa ketika mengendarai Katana. Namun para penggemar Katana sudah paham dengan hal ini.

Kekurangan Suzuki Katana

  • Suspensi keras
  • Rasa berkendara tidak nyaman
  • Posisi duduk tidak nyaman
  • Rem agak berat karena belum memakai booster rem
  • Peredaman kabin buruk
  • Ruang kabin sempit
  • Belum power steering
  • Tenaga mesin boyo
  • Top speed maksimal 80 km/jam

Tips Sebelum Membeli Katana Bekas

Setelah membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Suzuki Katana, Carmudian yang mau membeli sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut. Sebagai mobil yang usianya sudah lebih dari 25 tahun, tentu perlu ekstra hati-hati melihat kondisinya.

Perhatikan Karat

Umumnya bagian dek, sela-sela pintu, dan atap sudah timbul keropos akibat usia. Hal ini wajib diperhatikan bagi Carmudian yang baru mau meminang Katana untuk pertama kali.

Bagi mereka yang terbiasa bermain mobil tua rasanya memperbaiki karat ini dirasa cukup menyebalkan karena perbaikannya bisa memakan waktu yang lama. Setidaknya saat perbaikan bodi untuk menghilangkan karat bisa memakan waktu seminggu hingga dua bulan tergantung kondisi karat.

Upayakan Mesin Kering

Jangan lupa mengecek kondisi mesin dari mobil yang akan dibeli. Usahakan kondisi mesin tersebut kering atau terbebas dari bocoran oli. Maklum, salah satu penyakit mobil tua adalah oli mesin yang rembes akibat paking dan sealnya getas.

Cek juga apakah mesin tersebut berfungsi normal mulai dari idle, suara mesin, hingga temperatur mesin ketika hendak di test drive. Sebab salah satu penyakit Suzuki Katana lainnya adalah mesin yang kerap overheat saat dipakai di kemacetan.

Interior dan Aksesoris Lengkap

Pastikan bagian interior dan aksesoris yang ada di mobil masih lengkap dan orisinil. Memang harga spare partnya murah, tetapi mobil yang aksesorisnya masih lengkap akan menambah nilai jual di kemudian hari.

kelebihan kekurangan suzuki Katana

Salah satu indikator mobil yang kondisinya bagus adalah interiornya tetap dipertahankan keasliannya tanpa ubahan apapun. Jika ada sobek kecil, rasanya hal tersebut cukup wajar mengingat usia mobilnya juga sudah hampir 30 tahun.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan mobil Suzuki Katana di atas, kira-kira Carmudian masih tetap mau membelinya enggak?

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts