Berita

Ford Prediksi Krisis Cip Semikonduktor Berlanjut Sampai Tahun Depan

Amerika Serikat — Ford mengaku pesimis melihat krisis cip semikonduktor yang masih berlangsung saat ini dan memprediksi krisis ini masih akan berlanjut hingga tahun 2023 mendatang.

Jim Farley, CEO Ford Amerika Serikat menuturkan bahwa banyak pabrikan otomotif di Amerika Serikat yang mengubah strategi agar bisa bertahan dari krisis ini.

“Produksi kendaraan yang terjadi saat ini lebih memprioritaskan yang paling menguntungkan. Perusahaan ingin mengimbangi kerugian produksi akibat krisis yang masih berlangsung,” ujarnya diberitakan Carscoops, Jumat (28/1/2022).

Menurut Jim, Ford menjadi salah satu pabrikan otomotif yang sangat terdampak akibat krisis cip semikonduktor. Ia menilai jika krisis seperti ini akan menjadi masalah yang akan berlangsung secara terus-menerus.

ford chip semi konduktor

Ford F-Series jadi Mobil terlaris di Amerika Serikat sepanjang 2020 (Foto: Paultan)

“Ini masalah yang terus-menerus. Bagi kami, tahun 2022 akan menjadi tahun yang sangat menantang dalam hal produksi mobil, apapun modelnya,” tegasnya.

Salah satu alasan Ford memberikan pernyataan tersebut dikarenakan pandemi Covid-19 masih berlangsung terutama penyebaran varian Omicron dinilai mulai mengarah ke fase pelonjakan kasus yang cukup signifikan di beberapa negara.

Akibat hal tersebut Ford bahkan masih menangguhkan produksi mobil sport mereka Mustang hingga sekarang lantaran stok pasokan cip hampir habis.

Sebagai gantinya, Ford F-150 menjadi model yang diprioritaskan untuk masuk dapur produksi karena menjadi tulang punggung penjualan di AS.

ford chip semi konduktor

Ford Mustang Mach-E terkendala krisis cip semikonduktor (Foto: Paultan)

Menariknya, pernyataan Ford tersebut seakan menyangkal pernyataan yang dikeluarkan oleh Hyundai jika krisis cip akan berhenti di paruh kedua 2022.

“Kuartal ketiga akan membawa pasokan cip ke level normal,” kata Seo Gang Hyun, Vice President Executive Hyundai diberitakan laman Autoevolution beberapa waktu lalu.

Jim berpendapat kalau krisis tersebut tidak akan mungkin akan selesai dalam jangka waktu dekat.

“Tentu saja persediaan cip semikonduktor yang terbatas ini tidak akan mungkin ditangani Ford dalam jangka pendek,” pungkas Jim.

>>>> Cek deretan pilihan mobil Ford terbaik di sini!

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

/