Home » Berita » Fuel Pump Rentan Mati, Ribuan Nissan Livina Keluaran 2019 Kena Recall

Fuel Pump Rentan Mati, Ribuan Nissan Livina Keluaran 2019 Kena Recall

Recall Nissan Livina akan menarik lebih dari 9 ribu kendaraan (foto: Carmudi)

Jakarta – Setelah Honda Jazz dikabarkan mengalami masalah pada bagian fuel pump, kini masalah sejenis juga terjadi pada Nissan Livina. PT Nissan Motor Indonesia secara resmi mengumumkan recall atau penarikan Nissan Livina yang diproduksi antara 22 Februari – 24 Agustus 2019.

Total unit yang mengalami masalah fuel pump sebanyak 9.314 unit untuk pasar Indonesia. Recall ini pun dilakukan setelah muncul adanya masalah dalam fuel pump atau pompa bensin.

Dalam keterangan resmi Nissan dijelaskan, kerusakannya pada sudu (bilah rotor) dengan material resin yang terdapat di dalam pompa bensin dapat membesar. Kerusakan ini membuat pompa bensin berhenti berputar.

Hal tersebut akan mengakibatkan mesin tidak dapat hidup atau mesin berhenti. Ini karena pompa yang tidak bekerja menyuplai bensin ke mesin.

Nissan akan menghubungi pemilik kendaraan yang terdampak mulai hari ini, agar pelanggan dapat segera melakukan pemeriksaan kendaraan yang terdampak. Pelanggan juga dapat mengunjungi situs web resmi Nissan untuk mengecek apakah kendaraan miliknya terdampak atau tidak.

Untuk penggantian pompa bensin di seluruh diler resmi Nissan tanpa dipungut biaya. Proses penggantian fuel pump ini hanya memakan waktu 72 menit di bengkel Nissan.

Sejauh ini, pihak Nissan tidak mendapatkan laporan akan terjadinya insiden fatal di Indonesia terkait masalah fuel pump rusak tersebut. Program recall ini menunjukkan komitmen Nissan dalam memastikan keselamatan, pelayanan, dan kepuasan para pelanggan.

Penyebab Pasti Recall Nissan Livina

Titik kerusakan penyebab Recall Nissan Livina (foto: Nissan)

Melalui situs web resmi Nissan dijelaskan seperti apa kerusakan fuel pump pada Nissan Livina. Pompa bahan bakar di dalam tangki bahan bakar dapat berhenti bekerja, yang mengakibatkan mesin tidak dapat dihidupkan. Impeller di dalam pompa bahan bakar terbuat dari resin dapat melebar dan berubah bentuk, kemudian mengganggu bagian sekitarnya.

“Melalui layanan recall ini, kami ingin memastikan jika kendaraan Anda tetap memiliki pompa bahan bakar yang dapat berfungsi dengan baik,” tulis Nissan dalam laman resminya.

Untuk proses penggantian di bengkel resmi Nissan sebaiknya melakukan booking terlebih dahulu untuk mendapat jadwal perbaikan. Pemilik Nissan Livina bisa menghubungi hotline Nissan NICOLE di 14023.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Fuel Pump Bermasalah, 139 Ribu Mitsubishi Xpander di Indonesia Kena Recall

Previous post
Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Ganti Oli, Pernah Mengalaminya?
Next post
Kabar Terbaru Soal Rencana DFSK Luncurkan Glory i-Auto di Indonesia