BeritaMobilSumber informasi

Honda Fit 2017 Alias Jazz Berubah Tampilan Luar Dalam

Tokyo – Honda Jepang belum lama ini memperkenalkan Fit facelift 2017 yang merupakan generasi generasi ketiga, dimana di Indonesia lebih dikenal dengan Honda Jazz. Banyak perubahan yang membuat Honda Fit facelift 2017 berbeda dari generasi sebelumnya.

Honda Fit generasi ketiga ini dilengkapi dengan powertrain dan bodi yang di desain ulang sepenuhnya. Dengan menawarkan kenyamanan interior yang lebih mewah, bahan bakar yang lebih hemat, serta styling dan performa berkendara yang baru.

Meskipun sudah diperkenalkan di Jepang, bahkan Malaysia, sayangnya belum ada kabar pasti kapan tepatnya mobil ini akan dijual resmi di Indonesia. Penjualan Honda Jazz di Indonesia memang cukup bagus di pasar mobil hatcback.

Design Eksterior

Berbicara masalah desain Honda Fit facelift 2017 ini memiliki tagline “EXCITING H DESIGN!!!” tiga tanda seru yang berada diakhir kalimat mewakili angka “3”. Sedangkan huruf “H” mewakili “High Tech” melambangkan semangat inovatif Honda. “High Tension” menggambarkan pengerjaan struktur dan tata letak tubuh yang indah. Dan “High Touch” mewakili permukaan dan tekstur yang halus.

Honda Fit

Tampilan desain lampu yang baru Honda Fit. Foto/Istimewa.

Pada bagian eksterior, Honda membekali mobil ini dengan lampu depan LED gaya facelift Honda city dan lampu LED daytime running lights. Untuk tampak depannya hampir mirip dengan Honda City fecelift, namun dengan design yang lebih sporty. Honda Fit facelift ini memiliki gril baru, dan juga velg baru 16inch yang menghiasi bagian rodanya.

Sementar wajah belakang dari Honda Fit generasi ketiga ini memiliki lampu ekor yang sangat menarik yaitu bagian putihnya lebih kecil. Lampu belakang dengan LED Bar yang menyambung dari bawah ke atas, meskipun lampu sein dan lampu mundur tetap menggunakan model bulb.

Bagian Interior

Beralih ke interiornya, yang berbeda dari generasi sebelumnya terletak pada bagian kokpit yang di desain canggih. Pabrikan asal Japan ini membekali Honda Fit dengan system navigasi dan pendingin otomatis yang dikendalikan dengan panel sentuh layaknya smartphone. Untuk bagian setir juga sudah dibekali dengan banyak tombol kontrol yang lebih memudahkan pengemudi.

Honda Fit

Desain kursi baris pertama Honda Fit yang baru. Foto/Istimewa.

Kursi didesain ulang dengan headrest mengotak yang tinggi berbahan fabric yang memiliki side support cukup tebal. Versi Jepang juga ada pilihan yang menggunakan bahan kulit hitam dengan beberapa detail berwarna coklat di kursi, trim pintu, dan lingkar kemudi.

Honda Fit

Hendel Pporseneling dengan desain yang unik. Foto/Istimewa.

Bentuk transmisinya pun cukup menarik, dan dilingkari dengan panel piano black yang terkesan mewah, namun kemungkinan model ini hanya diperuntukan untuk tipe hybrid.

Performa

Honda Jepang akan meluncurkan Fit Facelift dalam 4 varian yaitu Hybrid, 1.3L, 1.5L dan “model sporty”, yang biasanya berlebel RS. Pada sistem hybrid menggabungkan mesin DOHC i-VTEC 1,5 liter, transmisi dual-clutch tujuh percepatan dengan motor listrik terpadu, dan baterai lithium-ion yang berada di bawah lantai boot.

Semua model Fit telah berevolusi dengan powertrain Honda Earth Dreams Technology. Semua mesin adalah DOHC, menerapkan VTEC dan VTC. Mesin injeksi langsung digabungkan dengan transmisi optimal dan dilengkapi dengan sistem idling-stop. Sehingga Honda mengklaim bahwa Honda jazz fit dapat memberikan penghematan bahan bakar. (Dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts