Home » Sepeda motor » Ingin Coba Jadi Crosser, Ini Lokasi Ideal untuk Trek Motor Trail

Ingin Coba Jadi Crosser, Ini Lokasi Ideal untuk Trek Motor Trail

Warga Ibukota Bisa Melipir Ke Depok atau Bogor Bila Ingin Mencari Trek Motor Trail yang Jaraknya Cukup Dekat

Jakarta – Penghobi motor penggaruk tanah atau motor trail khususnya di Jakarta memang tak mudah menemukan lokasi untuk menyalurkan hobinya. Seringkali, lahan bermain trail justru berada di pinggiran ibu kota, misalnya di kawasan BSD atau Bogor. Sebenarnya, lokasi ideal untuk trek bermain motor trail ini cuma butuh tanah lapang yang luas dan kontur naik-turun.

Tidak heran, bila pengelola wisata bertema alam terbuka lantas menyediakan arena trek motor trail. Main trail ini mampu menghipnotis berbagai kalangan, usia dan latar belakang menjadi ketagihan pada kegiatan olahraga ini.

Kegiatan yang satu ini adalah kegiatan yang sangat wajib untuk Anda coba. Karena bermain motor trail merupakan sesuatu yang mampu meningkatkan adrenalin anda dan tentunya menjadikan jiwa anda tetap pada usia muda.

Bermain motocross akan mampu membuang jauh-jauh rasa jenuh yang selama ini kita rasakan. Dorongan adrenalin saat menaklukkan medan berlumpur menyajikan sensasi dan tantangan yang berbeda. Di Indonesia masih banyak wilayah pelosok yang belum terjamah pembangunan infrastruktur jalan aspal.

Medan jalan tanah seperti ini sering digunakan untuk bermain motor trail. Tidak hanya itu, iklim tropis di Indonesia membuat tanah jadi lembab dan menjadi tantangan tersendiri bagi para crosser saat menaklukkkan lumpur. Bermain trail jadi aktivitas menyenangkan warga kota besar karena bisa melatih kecekatan berkendara sekaligus sensasi bertualang.

Selain punya motor yang mumpuni, tentu seorang crosser dituntut harus siap dengan segala medan yang akan mereka lalui. Dengan berkendara di atas motor trail, kalian ditantang untuk dapat menaklukkan medan-medan yang berat dengan keahlian khusus. Berikut ini lokasi ideal bagi kalian yang ingin mencicipi ganasnya trek motor trail.

Trek Motor Trail di Bandung

Trek Motor Trail Lembang Bandung

Trek yang berlokasi Lembang menjadi satu kawasan wisata alam. Lokasinya berada di sebelah utara kota Bandung ini terdapat beberapa jalur yang dapat disesuaikan dengan kemampuan Anda.

Kita bisa memilih baik itu track soft untuk pemula, hard, advance, sesuai dengan kebutuhan maupun kemampuan anda dalam menunggangi motor trail. Di lokasi ini juga akan menyediakan leader, sweeper serta engineer untuk membantu mengatasi segala kesulitan yang mungkin akan kalian hadapi selama bermain motor trail.

Jelajah Bogor

Trek Motor Trail di Wilayah Bogor

Di wilayah Kabupaten Bogor terbentang trek adventure untuk kalian yang doyan main motor garuk tanah sambil menjelajah. Trek ini memiliki panjang kurang lebih 90 kilometer. Jalur ini dimulai dari wilayah Hambalang dan melewati kawasan Puncak Pas dan berujung di Kebo Modol.

Berikut ini trek motor trail di wilayah Bogor: Trek Hambalang, Warung Ponteng, tembus Gunung Batu, lanjut Ke Cipanas Taman Bunga, balik ke Puncak Pas langsung masuk Trek yang tembus Paralayang. Perjalanan terus berlanjut lewat trek Gunung Mas, kemudian trek Mang Riki Kebo Modol.

tidak gampang melewati jalur Hambalang ini. Jalur yang menanjak ditambah bongkahan batu besar disekitar jalur yang bakal membuat adrenalin kita kembang kempis. Meskipun punya skill mengendarai motor yang tinggi, tetap saja ada resiko besar yang dihadapi.

Medan lintas alam tetap membutuhkan ekstra kehati-hatian meskipun sudah sering dilalui. Kondisi jalur bisa berubah sewaktu-waktu oleh faktor alam,misalnya hujan,longsor atau pohon tumbang.

Sirkuit BSD

Sirkuit Pagedangan BSD

Lokasinya berada di kawasan BSD Tangerang Banten. Treknya sangat khas untuk bermain off-road yakni tanah merah sehingga akan sangat licin jika hujan. Lokasinya terkenal dan sering digunakan oleh kalangan agen pemegang merek untuk arena menguji kemampuan off road produk emreka.

Trek sirkuit Pagedangan BSD memang tidak terlalu ekstrim, tapi kalau kamu bermain motor cross di sini bakal memacu terpacu adrenalin. Konturnya selain ada jalur datar ada juga jalur semi bukit.

Trek sirkuit BSD didominasi jalur licin bertanah merah dengan area rerumputan di sekelilingnya, membuat para crosser tertantang agar lebih lincah saat menembus liku-liku pada jalur.

Trek Motor Trail di Sirkuit Limo Cinere

Trek Motor Trail di Cinere, Depok

Jika kamu tinggal dekat dengan kota Depok, kamu bisa bermain motor cross di sirkuit Limo Cinere yang berlokasi di JL Swadaya Depok Jawa Barat. Sirkuit ini sangat ramai saat akhir pekan, karena banyak pecinta motor cross dari ibukota yang bermain di sini.

Track ini lumayan deket untuk teman-teman crosser yang berasal dari Jakarta. Selain itu banyak komunitas lain yang ikut berlatih disini. Kita pun bisa bertanya dan berbagi informasi untuk motor dan informasi lainnya.

Track yang tersedia cukup luas membuat penghobi motorcross puas mencoba track. Di Sirkuit Limo Cinere memiliki berbagai kontur jalan, mulai track menanjak, track sempit, track turunan dan track berbatu.

Nah, track yang satu ini memiliki spot yang ekstrim, dan membuat para crosser harus ekstra hati-hati. Sebab, banyak cekungan trek sebelum belokan yang lebarnya sangat sempit.

Bila salah perhitungan, tidak jarang footstep bisa terserempet atau tersangkut. Ini yang membuat terkadang crosser yang udah profesional pun kesulitan.

Sirkuit Gerbang Mas Depok

Sirkuit Gerbang Mas Depok

Jika kamu tinggal di daerah Jakarta Selatan, kamu tidak perlu jauh-jauh ke BSD. Selain ke Cinere, kamu bisa bermain motor cross di sirkuit Gerbang Mas Depok. Lokasi trek motor trail ini berada di JL Raya KSU Kelurahan Tirtajaya Kecamatan Sukmajaya Depok Jawa Barat.

Sirkuit terbuka untuk umum, baik bagi pemotor profesional maupun amatir. Pihak pengelola mewajibkan pengunjung mematuhi regulasi keselamatan yang sudah ditetapkan. Aturan yang wajib dipatuhi antara lain menggunakan perlengkapan safety gear yang sesuai standar keamanan.

Srikut Gerbang Mas Depok terbuka untuk umum dengan dukungan fasilitasnya terbilang lengkap. Sirkuit ini ada tribun buat penonton dan juga area kuliner. Kan jadinya pas banget nih, setelah kita lelah dan lapar usai main motor cross langsung bisa jajan.

Sirkuit Gorila Pakansari

Sirkuit Gorila Pakansari

Lokasinya tidak jauh dari stadion Pakansari Cibinong Bogor, sirkuit yang satu ini bisa dijadikan referensi buat main motor cross bersama teman-teman kamu. Sirkuit Gorila Pakansari ini cocok untuk dijadikan lokasi motocross bagi pembalap pemula.

Sirkuit menyediakan tiga trek, yakni jalur khusus untuk enduro, grasstrack, dan motocross. Ketiganya bisa dijadikan arena penghobi motor garuk tanah, kalian pun bebas memilih kelas sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Persiapan Sebelum Bermain Motor Trail

Motor menjadi alat yang sangat vital dalam kegiatan ini. Kelayakan motor akan membuat kita dapat bersenang-senang menikmati alam terbuka. Sebaliknya, kita justru menjadi sengsara di rimba belantara bila kondisi motor muncul masalah. Pastikan motor anda memang layak untuk dipakai melakukan kegiatan motor trail ini.

Ini bukan hanya sekedar menyangkut soal kenyamanan tapi juga keselamatan Anda. Perhatian utama adalah pada sektor suspensi dan kemampuan mesin dalam kondisi siap tempur. Jangan lupa, kenakan selalu perlengkapan berkendara khusus cross terutama helm.

Helm tipe cross moncongnya akan melindungi mulut dan gigi anda dari resiko benturan jika terjatuh. Dengan helm tipe ini kita juga masih bisa bernafas dengan lega, karena ukuran moncong yang panjang.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Previous post
Dua All New Honda BeAT Meluncur, Apa Saja yang Berubah?
Next post
Spesifikasi Baru, All New Honda BeAT Ditargetkan Terjual 1,8 Juta Unit

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *