Sepeda motor

Ini Fokus Pengembangan di GSX-RR dari Suzuki Ecstar di MotoGP 2020

Suzuki Ecstar mengenang 60 tahun kiprah di ajang balap

Kuala Lumpur – Tim Suzuki Ecstar merilis Suzuki GSX-RR untuk balap MotoGP musim 2020 pekan lalu. Berkaca pada musim sebelumnya, Suzuki Ecstar telah mengembangkan solusi baru untuk sasis dan bagian elektronik. Bertepatan dengan tahun ini, Suzuki merayakan kiprah pertama mereka terjun di balap motor.

Sejarah balap Suzuki dimulai pada tahun 1960 dengan partisipasi mereka di Isle of Man’s Trophy Tourist. Dua tahun kemudian pebalap Ernst Degner memenangkan balapan GP pertama untuk Suzuki, dan juga gelar Kejuaraan Dunia pertama mereka di kategori 50cc. Tahun 2020 menandai tahun ke-60 bagi Suzuki dalam ajang balap, yang ditandai dengan livery baru di balap MotoGP musim ini.

Tim Suzuki Ecstar akan turun memakai GSX-RR dengan livery kombinasi elegan dari warna biru yang sudah dikenal dipadukan dengan warna perak. Corak ini sekaligus juga memberikan penghormatan kepada popularitas sejarah balap masa lalu mereka.

“Sejak kembalinya kami di tahun 2015, kami telah melakukan langkah-langkah kecil namun mantap, yang sanggup membawa kami ke puncak kompetisi. Kami memiliki lebih dari satu pembalap yang berhasil mendapatkan podium dan kemenangan bersama Suzuki. Ini adalah semangat yang kita tuju ke musim 2020, membawa 60 tahun pengalaman dalam balap untuk mencoba yang terbaik untuk hasil yang lebih baik,” ucap Shinichi Sahara selaku MotoGP Project Leader Suzuki Ecstar.

Di musim 2019 lalu, Suzuki Ecstar berhasil mengakhiri balap di posisi keempat. Álex Rins membuktikan posisi kemampuannya di antara para pebalap papan atas di MotoGP. Pebalap kelahiran Spanyol ini berhasil finish di posisi lima besar dari sebelas seri dan meraih dua kemenangan seri.

Livery Baru tim Suzuki di MotoGP 2020

Menghadapi musim 2020, Suzuki telah melakukan beberapa pengembangan teknis pada GSX-RR. Bahkan, pabrikan berlogo huruf S juga sudah menyiapkan mesin baru. Diharapkan, perubahan ini membuat duet Alex Rins dan Joan Mir lebih kompetitif di musim ini.

“Kami telah mengembangkan spek mesin baru di sesi uji coba Valencia dan Jerez. Selama musim dingin kami telah bekerja untuk mengembangkan solusi baru untuk sasis, begitu pula pada bagian elektronik,” ucap Ken Kawauchi selaku Technical Manager.

Suzuki Ecstar Optimistis Sambut Musim 2020

Dengan semangat 60 tahun kiprah di ajang balap motor, Suzuki termotivasi untuk melakukannya dengan baik di depan semua penggemarnya pada musim ini. Pengembangan dilakukan secara menyeluruh, tidak cuma dari sisi teknis tetapi juga aerodinamika motor. Desain fairing memainkan peranan penting yang menunjang performa motor saat di lintasan.

“Insinyur kami di Jepang selama musim dingin telah mengerjakan beberapa item dan detail kecil selain engine. Mereka mencoba meningkatkan paket bagus untuk kami. Pembalap siap dan bersemangat, jadi saya percaya kami harus menetapkan target kami sembari meningkatkan lagi kinerja tim,” ucap Davide Brivio, Team Manager Suzuki.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Balik ke Yamaha, Jorge Lorenzo Puji Performa Yamaha YZR-M1

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts