Home » Mobil » Ini Kesamaan Fitur di Veloz dan Avanza, Si Mobil Sejuta Umat

Ini Kesamaan Fitur di Veloz dan Avanza, Si Mobil Sejuta Umat

Toyota Avanza dan Veloz, duet mobil sejuta umat (Foto: Toyota)

Jakarta – Toyota Avanza tahun lalu kembali mendapat update supaya penampilannya lebih fresh. Mobil sejuta umat ini memang masih mempertahankan desain khas Avanza karena ubahannya bersifat minor. Toyota tidak mau ketinggalan memberikan kesan galak juga ke Avanza dan Veloz yang baru.

Wajah baru Avanza dan Veloz bisa kita kenali dengan lampu depan dengan model dua bilah yang terpisahkan lis sewarna bodi di tengahnya. Desain headlamp-nya mengingatkan kita dengan Alphard dan Voxy. Veloz memang jadi model tersendiri, tapi tetap saja mobil ini memakai basis dari Avanza.

Seiring permintaan dan selera masyarakat, Avanza pada tipe 1.3 yang cukup terjangkau mengalami penambahan fitur. Dari seluruh Avanza dan Veloz yang dijual di Indonesia, tipe 1.3 jadi yang paling banyak dibeli, alias hampir selalu jadi 50% total penjualan Avanza. Disparitas atau selisih fitur di mobil antara Avanza 1.3 dan Veloz pun sudah tidak berbeda terlalu jauh.

Sejak 2003, Avanza baru ada dua generasi. Nah ini adalah Avanza generasi kedua dari yang keluar di 2011 dan memasuki periode facelift kedua.

Untuk facelift pertamanya keluar di 2015 dulu dengan nama Grand New Avanza. Sebenarnya desain overallnya sih masih mirip sama Avanza keluaran 2011.

Pada versi Avanza, grilnya tidak menyambung terus hingga bawah. Sementara di Veloz, lis di atas pakai warna hitam krom sedangkan gril raksasa di bawahnya yang menggunakan ciri khas Voxy seakan seperti membentuk huruf X.

Supaya tidak bingung, yuk kita telisik lebih jauh seberapa banyak beda fitur dari Avanza 1.3 dan Veloz. Kan lumayan, siapa tahu dengan budget terbatas kita bisa punya mobil dengan fitur oke.

Platform Avanza dan Veloz Tetap Sama

Peluncuran Toyota Avanza dan Veloz baru (Foto: Santo/Carmudi)

Keluarga Avanza termasuk Veloz masih memakai platform yang sama seperti sebelumnya, yang mereka sebut Unibody Frame. Platform ini setengah ke depan pakai rangka Ladder Frame dan setengah ke belakang monokok.

Ground clearance alias jarak terendah dari tanah juga termasuk tinggi, 200 mm. Avanza dan Veloz masih lebih tinggi dibanding Mobilio dan Ertiga, tapi lebih rendah dibanding Xpander dan Livina.

Itu artinya, dimensi keseluruhan Avanza baru ini tak berubah termasuk wheelbasenya juga, dan tetap pakai penggerak roda belakang. Ubahan kosmetik yang serupa antara Veloz dan Avanza yaitu desain spion yang lancip dan garnish reflektor warna merah, plus ada lis krom dari pintu bagasi yang dibuat memanjang di pintu belakang.

Jadi, kalau kalian liat Avanza atau Veloz dari belakang ada krom super panjang gitu, sudah pasti itu Avanza baru. Bedanya dengan Veloz, kalau di Veloz relfektornya bulat, di Avanza ini panjang horizontal. Sayangnya di Avanza tidak ada panel hitam doff di dudukan nomer plat.

Bentuk spoiler sedikit berbeda dari sebelumnya dan kali ini ada antenna sirip hiu jadi makin kekinian. Tapi, Veloz memakai velg berdiameter 15 inci dan Avanza masih 14 inci.

Persamaan Fitur Avanza dan Veloz

Interior Veloz. (Foto: Dok. Toyota)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Avanza dan Veloz dibangun dari satu platform yang sama. Secara konsep pun jelas serupa sebagai mobil keluarga masa kini. Persamaan lainnya dari Avanza dan Veloz sebut saja penambahan lampu LED di headlamp, sedangkan ubahan interior di Avanza baru ini juga tidak banyak.

Bagian yang paling terlihat jelas yaitu panel yang di tengah, dibuat satu panel hitam gloss besar memanjang vertikal dari atas sampai bawah yang jadi housing panel kontrol AC barunya. Ubahan lainnya berupa head unit dan ventilasi AC yang di tengah. Desain di tengah ini mirip seperti yang ada di Toyota Rush yang baru.

Persamaan lainnya yaitu AC digital baru. Memang, cuma penampilan layarnya yang digital sementara pengaturan tetap manual memakai tombol sentuh.

Tombol yang kiri untuk naik turunin temperatur, yang kanan buat naik turunin putaran kipas. Bila ingin langsung dingin, ada tombol max cool untuk mengatur langsung AC ke paling dingin.

Sayangnya, tidak ada defogger atau defroster kaca depan di Avanza. Tidak seperti model diatasnya, Avanza atau Veloz juga tidak dilengkapi tombol untuk arahkan hembusan angin ke kaki. Jadi, hawa adem tidak bisa kita rasakan di kaki saat udara panas terik di siang hari.

Fitur yang mirip antara Avanza dan Veloz yaitu adanya satu power outlet di depan dan ada tambahan satu lagi di belakang konsol tengah. Dan di paling belakang sebelah kiri, ada satu tambahan USB port buat ngecharge HP. Dan tentunya di head unitnya juga ada satu lagi USB Port.

Kalian yang punya budget terbatas patut senang karena Avanza 1.3 G sekarang udah dapet tombol pengatur audio di setir. Mirip seperti Veloz, varian G ini juga sekarang sudah mendapat fitur spion lipat elektrik.

Avanza dan Veloz, Mobil Dengan Visibilitas Mengemudi yang Bagus

Tampilan Toyota Avanza Veloz. (Foto: Dok. Toyota)

Itu tadi baru fitur yang serupa, karena layout kursi di kabin Avanza dan Veloz pun mirip. Saat kita masuk ke kabin, duduk di bagian depan tergolong tinggi buat sebuah MPV karena rangka Unibody Framenya itu jadi visibilitas keluar tergolong bagus.

Sebenarnya tidak ada yang beda dengan konfigurasi jok Avanza dengan Veloz baru, karena masih sama juga dengan Avanza sebelumnya. Pada sisi pengemudi, sudut sandaran jok tergolong masih agak jauh ke belakang. Efeknya jadi waktu kita menyetir sambil sandaran, membuat kepala sedikit mendongak.

Kabin Veloz pun terkesan murah karena armrest di pintu berbahan plastik seperti di Avanza. Kita saat ingin menyandarkan tangan pun terasa agak keras. Pengaturan setir juga cuma tilt dan posisinya cenderung dekat ke dashboard.

Bila dibayangkan, posisi tangan jadi agak jauh dari setir dengan kepala mendongak. Mau tidak mau posisi jok harus dimajukan sedikit ke depan supaya lebih tangan lebih rileks. Karenaa bukan mobil premium maka buat sandaran kaki kiri driver hanya tersedia pad sendiri meski ukurannya cukup kecil.

Spesifikasi Avanza dan Veloz Mirip

Toyota New Avanza
Toyota New Avanza 2019

Untuk mengisi segmen yang lebih terjangkau, Toyota juga menghadirkan Veloz dengan mesin 1.3 liter serupa Avanza. Mesin Avanza dan Veloz sama sekali tidak mengalami perubahan dari edisi sebelumnya.

Maklum sih, karena memang mesinnya baru pertama keluar di tahun 2015, jadi usianya masih tergolong muda. Baik Avanza atau Veloz 1.300cc memakai mesin 1NR-VE Dual VVT-i berkapasitas 1.329 cc dengan tenaga 95 hp atau 96,5 ps dan torsi 121 Nm.

Toyota melakukan cukup banyak ubahan di segi mekanikal dari keduanya. Di bagian kaki-kaki, setelan Electric Power Steering-nya dibuat lebih ringan 7% di kecepatan rendah dan 5% lebih berat di kecepatan tinggi. Tujuannya, supaya manuver dalam kota lebih gampang dan waktu kita lagi memacu di kecepatan tinggi lebih percaya diri.

Bagian shockbreakernya juga dibuat lebih solid dan ulir pernya dibuat lebih kecil supaya bantingan overallnya lebih proper dengan mengurangi pantulan yang berlebihan. Noise Vibration Harshness atau peredam kebisingan juga kian baik dengan peredam aspal di lantai belakang. Begitu juga di panel dasbor dan shift floor-nya, ikut ditambahkan bahan bahan insulasi supaya di dalam kabin lebih tenang.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Previous post
Perangi Corona, Wuling dan Toyota Lakukan Aksi Sosial
Next post
Ini Alasan Kantor Pusat Nissan di Jepang Tutup