BeritaMobilSumber informasi

Tanpa Model Baru, Deretan Mobil Konsep Toyota Dipajang di GIIAS 2018

mobil konsep Toyota

Deretan mobil konsep Toyota jadi sajian utama di GIIAS 2018 (Foto: Dhana/Carmudi)

Tangerang Selatan – Strategi berbeda benar-benar diterapkan Toyota pada gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Toyota tidak membawa mobil baru dan hanya memamerkan lini produk yang sudah ada dengan dipadukan sejumlah mobil konsep.

Menempati Hall 10B ICE BSD City, di GIIAS 2018 ada 28 model Toyota yang disajikan untuk pengunjung. 6 model di antaranya adalah model exhibit. Terdiri dari 3 model konsep masa depan dan 3 lainnya adalah model yang telah diproduksi secara global.

3 mobil konsep Toyota yang dibawa pada gelaran kali ini adalah model Concept i-Series, yakni Concept-i, i-Ride dan i-Walk. Sementara 3 mobil konsep Toyota lainnya adalah C-HR Hybrid, Prius PHEV dan Mirai Fuel Cell. Dua model yang disebutkan terakhir bahkan sejumlah unitnya telah dihibahkan Toyota kepada sejumlah perguruan tinggi di Indonesia, baru-baru ini.

Toyota mengakui di GIIAS 2018 perusahaan sangat fokus untuk menghadirkan kendaraan dan teknologi terkini serta masa depan yang berbasis teknologi elektrifikasi maupun autonomous. Tujuannya adalah demi memberi gambaran nyata kepada masyarakat, tentang berbagai peluang dan tantangan dalam membangun mobilitas dan industri otomotif ke depannya.

“Toyota gembira dan optimis, kebijakan yang tengah dirancang pemerintah saat ini yaitu terkait pengembangan kendaraan elektrifikasi akan memberi angin segar untuk lebih menggairahkan pelaku industri untuk mengembangkan pasar dan produk kendaraan ramah lingkungan di Indonesia,” kata Vice Presiden Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto hari ini, Kamis (2/8).

Toyota Concept-i Ride di GIIAS 2018 (Foto: Dhana/Carmudi)

Model Baru Toyota Hadir Setelah GIIAS 2018

Tidak membawa model baru di ajang sekelas GIIAS bisa jadi menjadi yang pertama kali untuk Toyota. Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto, menerangkan bahwa model baru Toyota baru akan hadir setelah GIIAS 2018.

“Kita tetap akan memperkenalkan model baru setelah GIIAS. Beberapa bulan lagi lah,” ungkapnya.

Ditanyakan kembali soal perkembangan terkini generasi anyar Avanza yang tampak masih menimang-nimang antara opsi sistem penggerak roda depan atau belakang, Soerjo kembali menerangkan bahwa penggerak roda belakang (RWD) masih dipercaya oleh konsumen.

“Secara kapabilitas kita punya dua-duanya, depan dan belakang. Tinggal pilih yang mana,” terang Soerjo.

Tak hanya lini produk yang sudah ada dan mobil konsep yang menjadi pemandangan di booth Toyota. Sajian lainnya di booth Toyota diantaranya adalah Hybrid X-Ray, Toyota Safety Simulator serta Interactive Touch Wall. Interactive Touch Wall menampilkan ragam informasi seputar mobil listrik. (dna)

 

Wahyu Perdana Putera

Berkarir di sejumlah online media sejak 2012 sebagai jurnalis teknologi, sains dan otomotif, kini di Carmudi Indonesia sejak Juli 2015 untuk mengulas & mempublikasikan kabar otomotif terkini dari perspektif lain. Menggilai mobil retro era '80-90an, modifikasi & kultur balap jalanan Jepang serta hobi modifikasi dengan aliran oldschool brutal seperti Shakotan, Kyusha & Kaido Racer. Email: [email protected]
Follow Me:

Related Posts