HomeTips dan TrikSimak Perbedaan Suzuki Katana dan Jimny, Berikut Tips Membelinya

Simak Perbedaan Suzuki Katana dan Jimny, Berikut Tips Membelinya

suzuki katana dan jimny
Black Auto Battle 2019 Jakarta turut dimeriahkan oleh deretan modifikasi Jimny lama.

Jakarta – Suzuki Katana dan Suzuki Jimny sebenarnya adalah dua mobil yang berbeda. Walaupun banyak orang menilai mobilnya sama, padahal keduanya punya perbedaan.

Mobil SUV berdimensi kompak ini pernah jadi mobil yang sangat laris di era 1990-an. Bahkan sekarang masih ada juga orang yang ingin meminang Suzuki Katana maupun Jimny untuk bernostalgia.

Ingat, Suzuki Katana dan Jimny yang dimaksud bukanlah generasi terbaru yang viral itu, ya. Ini merupakan generasi kedua yang bentuknya cukup familiar di masyarakat Indonesia.

Perbedaan Suzuki Katana dan Jimny

Salah satu perbedaan yang mendasar ada pada spesifikasinya. Suzuki Katana lebih diperuntukkan untuk kebutuhan di dalam kota, namun tetap menganut gaya SUV.

Maka enggak heran kalau Suzuki Katana ini dibuat lebih simple dan terlihat lebih downspec, semisal pada bagian transmisinya yang berbeda.

Sejarah Suzuki Jimny dan Suzuki Katana di Indonesia
Sejarah Suzuki Jimny di Indonesia

Katana dibuat dengan tahun produksi yang lebih muda dibanding Jimny sehingga pembaruan spesifikasinya lebih baik. Misalnya saja sudah memakai AC dan transmisinya manual 5 percepatan.

Sedangkan Jimny belum dibekali AC dan masih memakai transmisi manual 4 percepatan. Pada bagian steering, Katana sudah memakai power steering dan memakai rem cakram.

Sedangkan Suzuki Jimny belum power steering dan rem yang digunakan masih model tromol. Sehingga banyak modifikasi Jimny yang menggunakan parts Katana agar lebih nyaman.

Suspensi Suzuki Katana Berbeda

Bagi penggemar offroad tentu sudah paham dengan perbedaan lain dari Suzuki Katana dan Jimny, yakni dari perbedaan pada bagian suspensi.

Suzuki Jimny hadir sudah dalam penggerak 4 roda, sedangkan Katana penggerak roda belakang saja. Lalu suspensi yang digunakan pada kedua mobil ini juga berbeda.

suzuki katana original
Foto Suzuki Katana. (Foto: mobilmotorlama)

Jimny dibuat lebih keras karena untuk mengakomodir penggunaan offroad. Sedangkan Katana dibuat dengan karakter suspensi lebih empuk karena digunakan untuk tipe jalanan perkotaan.

Eksterior Suzuki Katana

Dari tampilan eksterior, Suzuki Katana punya atap yang lebih menonjol ke atas. Sedangkan Suzuki Jimny dibuat dengan atap yang model rata atau lebih sering disebut atap trepes.

Penggunaan atap yang lebih tinggi ini bertujuan agar penumpang lebih nyaman dengan ruang kepala. Karena ruang kepala mobil ini cukup sempit terutama bagi mereka berpostur tinggi di atas 170 cm.

Yang cukup unik dari Katana juga terdapat di bagian bodi samping. Suzuki Katana punya livery atau stiker bodi yang memang dipasangkan sebagai tampilan standar.

Katana generasi pertama
Stiker di bodi samping jadi ciri khas Katana. (Foto: Istimewa)

Stiker atau livery inilah yang juga menjadi ciri khas dari Katana yang ada. Enggak heran kalau Katana lebih mudah diidentifikasi berkat adanya stiker di bodi samping ini.

Tips Membeli Suzuki Katana dan Suzuki Jimny

  • Cek Titik Karat

Salah satu masalah yang wajib diperhatikan bagi para calon pembeli Suzuki Jimny maupun Katana adalah masalah karat. Maklum, ini adalah mobil tua.

Karat biasanya terdapat pada beberapa bagian bodi. Bahkan enggak jarang juga ditemui banyak mobil Jimny atau Katana yang sudah harus mengganti dek lantai karena keropos semua.

Biasanya ini terjadi karena umur dan penggunaan mobil yang sering bermain offroad. Makanya enggak heran kalau deknya banyak ditemui keropos.

suv
Mobil jip tangguh era 1990-an yang ekonomis (Foto:Carmudi)

Selain itu, karat juga bisa ditemui pada sela pintu, jalur air dari talang, sampai ke bagian ruang mesin. Masalah karat ini sudah sebaiknya menjadi fokus utama saat ingin membeli Katana atau Jimny.

Siapkan bujet lebih untuk melakukan perbaikan di body repair guna menghilangkan karat pada bodi. Ini bertujuan agar pemakaian ke depannya semakin nyaman dan aman.

  • Kaki-kaki Jadi Perhatian Penting Lainnya

Karena sering digunakan untuk offroad, maka kaki-kaki perlu menjadi perhatian juga selain karat.

Lho, katanya Katana penggerak roda 2, kok dipakai offroad?

Karena banyak orang melakukan modifikasi mengubah Katana penggerak roda 2 menjadi penggerak roda 4. Enggak heran kalau baik Katana maupun Jimny sering dipakai offroad.

Komponen kaki-kaki sudah perlu menjadi perhatian. Ada baiknya langsung melakukan peremajaan saat ingin membeli Jimny atau Katana.

Harga komponen kaki-kakinya juga tergolong terjangkau atau bahkan relatif murah.

Sejarah Jimny di Indonesia
Sejarah Suzuki Jimny di Indonesia
  • Siapkan Dana Perbaikan Mesin

Walaupun mendapatkan mobil yang jarang dipakai offroad, tetap saja siapkan dana perbaikan untuk mesin. Misalnya mengganti seal atau paking yang sudah mulai rembes pada mesin.

Karena ini akan membuat performa mesin tetap terjaga. Atau melakukan tune up total agar mesin menjadi lebih segar.

Perbaikan mesin tidak melulu membutuhkan biaya banyak. Lihat kerusakan yang terjadi dan sebisa mungkin ganti komponen yang hampir rusak dengan komponen baru.

Selain mesin, bisa juga melakukan perawatan gardan dan transmisi. Misalnya mengganti oli gardan, kampas kopling transmisi atau overhaul pada ketiga bagian ini.

  • Cari Interior yang Masih Standar

Terkadang mencari interior yang masih dalam keadaan standar pada mobil hobi seperti Katana dan Jimny sangatlah susah. Banyak orang sudah memodifikasi banyak hal sampai membuatnya terlihat norak.

Maka dari itu, penting sekali mencari kondisi interior mobil yang masih orisinal. Misalnya dasbornya tetap standar tidak ada tambahan apapun hingga bahan jok yang masih digunakan tetap aslinya.

Karena saat ini mengembalikan ke komponen orisinalnya cukup sulit dan mahal. Trik bermain mobil tua adalah lebih baik memperbaiki bodi daripada merapikan interior untuk menjadi seperti bawaan pabrik.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga: Ada Rumor Suzuki Jimny 5 Pintu Pakai Platform Toyota Raize

Diler Hyundai
Previous post
Buka Diler di Mal Mewah Jakarta, Hyundai Pamer Ioniq Electric
Isuzu MU-X Terbaru
Next post
Resmi Dirilis, Ini Modal Utama Isuzu MU-X Terbaru Melawan Fortuner