Tips dan Trik

Kenali Gejala Fuel Pump Motor Injeksi Sudah Mulai Lemah

Tanda fuel pump motor injeksi lemah (Foto: Federal Oil)

Jakarta – Hampir semua motor baru yang dijual sekarang ini sudah memakai sistem injeksi untuk pasokan bahan bakar. Sistem injeksi membutuhkan fuel pump untuk menghisap bensin dari tangki untuk disemprot injektor. Karena fungsinya yang vital ini, sebaiknya kita kenali gejala fuel pump motor apabila mulai lemah.

Fuel pump motor bisa rusak karena dua hal, yaitu usia pakai dan kebiasaan membiarkan tangki bahan bakar nyaris kosong. Secara umum, fuel pump bisa bertahan hingga lima tahun apabila diperlakukan secara normal. Maksudnya, kita selalu menjaga volume bensin tidak kosong, setidaknya setengah tangki.

“Berbeda dari motor karburator, kalau di injeksi butuh fuel pump untuk menghisap bahan bakar. Biasanya kalau untuk motor yang sering dipakai, pompa ini mulai minta ganti sekitar lima tahunan,” kata Effendy, mekanik di bengkel Aris Jaya Motor, belum lama ini.

Pria dengan sapaan Pepen ini menuturkan, fuel pump juga berfungsi untuk menjaga tekanan dari bensin ke injektor agar tetap tinggi. Apabila sudah semakin lemah, maka gejala pertama yang bisa diketahui yaitu tarikan motor yang brebet. Tidak jarang, motor pun mogok karena suplai bensin yang tidak cukup untuk pembakaran.

Gejala Fuel Pump Motor Injeksi Sudah Rusak

Fuel pump yang lemah bisa diketahui dari suara dengungan (Foto: Tokopedia)

Berikut ini beberapa gejala fuel pump motor yang mendekati ajalnya:

Motor Susah Distarter

Jika saat kamu menyalakan motor tapi susah hidup sekalipun starter normal, kamu perlu curiga kemungkinan fuel pump sudah mulai lemah. Untuk memastikan fuel pump masih hidup atau tidak sebenarnya cukup gampang, bisa dengarkan dengungan dari tangki bensin.

Apabila sesaat setelah kontak On tidak muncul suara dengungan atau suaranya sangat kecil, maka menandakan fuel pump lemah. Sebagai perbandingan, kondisi fuel pump saat masih bagus akan berdengung keras sesaat setelah kunci kontak On.

Lampu Indikator Injeksi Berkedip

Apabila ada kedipan pada check engine lamp, sudah jelas menandakan kalau ada masalah yang terjadi pada motor. Namun, fuel pump yang rusak tidak selalu ditandai dengan Malfunction Indicator Lamp (MIL) pada panel instrumen berkedip.

Lampu MIL adalah lampu indikator yang mendeteksi kerusakan motor pada sistem injeksi. Lampu MIL berada pada bagian spedometer motor yang berwarna oranye. Apabila terjadi permasalahan pada sensor atau sistem injeksi, maka lampu MIL akan menyala dan berkedip.

Pada saat kunci kontak pada posisi on MIL akan menyala sekitar 0,3 detik dan akan mati kembali. Pada saat MIL menyala ECM akan mendeteksi ada tidaknya kerusakan pada sistem sensor. Apabila tidak terjadi kerusakan maka MIL akan mati.

Tentunya kalau lampu ini berkedip dan disertai beberapa gejala diatas, maka sepertinya sudah jelas kalau fuel pump motor kamu harus diganti. Penggantian fuel pump ini perlu melepas beberapa baut dan cover di tangki bensin.

Kalian bisa melakukan penggantian rotak di bengkel langganan atau bahkan mengganti sendiri di rumah. Selama punya kunci set yang lengkap, caranya tidak sulit karena banyak tutorialnya di YouTube.

Harga Fuel Pump Cukup Mahal

Rotak di Honda Beat Fi (Foto: Shopee)

Pada era motor karburator, suplai bensin hanya diatur oleh membran yang dihisap karburator dan gaya gravitasi untuk memberikan tekanan. Namun sekarang, sistem suplai bensin di motor injeksi begitu bergantung pada pompa elektrik di dalam tangki. Apabila pompa ini rusak, maka motor injeksi tidak bisa dihidupkan.

Perlu kalian ketahui, harga dari fuel pump yang genuine atau asli juga tidak murah. Untuk fuel pump motor Honda atau Yamaha harganya mulai dari Rp 450 ribuan. Celakanya, rotak alias fuel pump bila rusak sulit diperbaiki dan perlu ganti baru.

“Fuel pump motor injeksi itu mahal, karena asli dan biasanya segelondong (assy) termasuk filter bensin dan dudukannya. Kalau sudah rusak biasanya ganti satu set karena tidak bisa beli rotak-nya saja. Tapi kalau pelanggan di sini yang biasa belanja online, mereka cuma beli rotak-nya versi OEM yang lebih murah,” katanya.

Sebagai perbandingan, kini telah banyak toko online di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan sebagainya yang menjual fuel pump OEM. Biasanya fuel pump ini disebut sebagai ‘Ori Lokal’ dan harganya cukup terjangkau, antara Rp 100-200 ribuan.

“Sebenarnya bagian yang diganti cuma rotak sama filter bensinnya karena sudah sangat kotor, jadi beli dua part itu malah jauh lebih murah daripada beli fuel pump segelondong. Dudukan bisa pakai yang lama, tinggal ganti rotak lalu merangkai kabelnya doang,” jelas Pepen.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts