Mobil

Spesifikasi dan Harga Honda CR-Z, Mobil Sport Kompak Bermesin Hybrid

Spesifikasi Honda CR-Z dilengkapi dua buah mesin yang menjadikannya sebagai mobil hybrid. Untuk urusan penampilan mobil ini cukup menarik dengan desain yang mengingatkan pada wujud mobil retro Honda CR-X. Tapi sayangnya dulu harga Honda CR-Z tergolong tinggi sehingga konsumen kerap berpikir dua kali untuk membelinya.

Spesifikasi dan Harga Honda CR-Z

Honda CR-Z Mugen RZ Jepang (Foto: Wikimedia)

Honda CR-Z merupakan salah satu produk global yang dipasarkan oleh pabrikan Jepang tersebut sejak tahun 2010.

Khusus di Indonesia, Honda CR-Z pertama kali hadir tahun 2012 lewat pameran Indonesia International Motor Show (IIMS). Model ini dipasarkan sampai tahun 2015 dengan total penjualan sebanyak 687 unit.

Memasuki tahun 2016, PT Honda Prospect Motor (HPM) mendatangkan versi facelift Honda CR-Z untuk pasar Indonesia.

Pada bagian eksterior perubahannya meliputi bumper depan dan belakang yang lebih sporty, lampu depan LED baru, desain pelek 17 inci, serta adanya fitur multi rear view camera.

Sedangkan di interiornya Honda CR-Z facelift mendapatkan fitur smart entry dan one push ignition system, steering switch telephone, electronic parking brake, serta head unit 7 inci dengan kemampuan konektivitas lebih lengkap.

Di luar itu semua tak sedikit orang yang jatuh hati pada mobil ini karena desain bodinya. Tampilannya terlihat ringkas, sporty, dan berbeda dibanding mobil Honda lain yang dipasarkan pada rentang waktu yang sama.

Karena kalau menengok jauh ke belakang, Honda juga memiliki mobil sport kompak 2 pintu semacam ini bernama CR-X.

Spesifikasi dan Harga Honda CR-Z

Selama dipasarkan di Indonesia mobil ini punya harga jual baru cukup tinggi, yakni mencapai setengah miliar. Tapi tentunya kini Camudian bisa mendapatkannya lebih murah di pasar mobil bekas.

Tapi sebelum itu mari simak dulu ulasan mengenai spesifikasi dan harga Honda CR-Z berikut ini.

Mesin Honda CR-Z

Mesin Honda CR-Z

Apakah Honda CR-Z Masih Diproduksi?

Honda CR-Z diproduksi selama periode 2010 sampai 2016. Ironisnya, keputusan Honda berhenti memproduksi mobil ini muncul ke permukaan hanya berselang tiga bulan setelah HPM mengumumkan kehadiran CR-Z facelift di Indonesia pada 7 Maret 2016.

Honda CR-Z sendiri lahir di pabrik Honda yang berada di Suzuka, Jepang. Selain dipasarkan di negara asalnya, mobil ini juga bisa ditemui di berbagai kawasan. Mulai dari Amerika Utara, Eropa, Afrika Selatan, Selandia Baru, Pakistan, Sri Langka, dan negara-negara ASEAN.

Dalam silsilahnya, mobil ini memang disebut-sebut sebagai penerus Honda CR-X. Kemunculannya diawali dengan sebuah mobil konsep yang tampil di Tokyo Motor Show 2007.

Ide yang dikedepankan ialah sebuah mobil yang menyenangkan dikendarai dengan karakteristik Honda sekaligus hemat bahan bakar.

Dimensi bodinya yang kompak disisipkan pada nama mobil ini yang merupakan singkatan dari Compact Renaissance Zero. Secara garis besar nama tersebut diartikan sebagai kembangkitan mobil berdimensi kompak.

Honda CR-Z Pre Facelift

Honda CR-Z Pre Facelift

Spesifikasi Mesin Honda CR-Z

Untuk mengejar ide yang telah ditetapkan maka tak salah jika pabrikan membekali mobil ini dengan mesin dua buah mesin.

Pertama adalah mesin i-VTEC 4 silinder dengan kapasitas 1.500 cc. Mesin pembakaran internal tersebut bisa menghasilkan tenaga hingga 116,3 hp dan torsi maksimum 172,1 Nm untuk model dengan transmisi CVT serta 189,8 Nm untuk tipe transmisi manual 6 kecepatan.

Selain itu, performa Honda CR-Z juga ditunjang Integrated Motor Assist (IMA). Motor listrik yang juga disertai baterai 100 volt ini mampu menghasilkan tenaga 20 hp yang bisa memberikan dorongan ekstra ketika mobil berakselerasi.

Adapun listrik yang terdapat pada baterainya diperoleh dari hasil konversi daya pengereman.

Cara kerja mesin hybrid semacam ini cukup sederhana dan praktis dalam penggunaan sehari-hari. Karena setidaknya pemilik tak perlu memikirkan masalah pengecasan.

Cukup isi bensin seperti biasa, namun tetap bisa merasakan keuntungan dari keberadaan motor listrik.

Honda CR-Z Facelift

Honda CR-Z Facelift

Nah, Honda CR-Z juga dikenal sebagai mobil yang memiliki fitur berlimpah. Mulai dari mode berkendaranya yang tersedia dalam tiga pilihan, yaitu Normal, Sport, dan ECON.

Perlu diketahui bahwa fitur ECON berfungsi untuk memberikan pengaturan berkendara yang hemat bahan bakar. Tapi bukan berarti mobil bisa berjalan hanya dengan mengandalkan motor listrik.

Karena sifat motor listrik Honda CR-Z adalah untuk memberikan dorongan tenaga saat berakselerasi agar mobil makin gesit.

Selain itu, ada pula fitur S+ (Sport Plus) yang berguna untuk memaksimalkan tenaga mesin bakar dan motor listrik secara serentak. Fitur ini sangat berguna misalnya ketika pengendara sedang menggunakan mode berkendara ECON, namun tiba-tiba ingin menyalip kendaraan di depan.

Fitur S+ akan membuat tarikan mobil menjadi lebih responsif. Fitur ini akan non aktif dengan sendirinya setelah cara berkendara kembali normal.

Pada sisi keselamatan mobil ini sudah dilengkapi dengan ABS + EBD + BA, Vehicle Stability Assist (VSA), dual front SRS airbag, side airbag, dan side curtain airbag.

Kemudian dalam hal akomodasi sebenarnya mobil ini memiliki dua baris bangku penumpang. Tapi bangku belakang sifatnya hanya formalitas karena sangat sempit.

Mesin 4 silinder segaris 16 katup SOHC i-VTEC
Kapasitas mesin 1.497 cc
Tenaga maksimum 116,3 hp @ 6.000 rpm
Torsi maksimum  172,1 Nm (CVT), 189,8 Nm (MT)
Diameter x langkah 73 mm x 89,4 mm
Rasio kompresi 10,4:1
Baterai Lithium ion 100 volt
Suplai bahan bakar Multi point fuel injection
Suspensi depan McPherson
Suspensi belakang Torsion beam

Harga Honda CR-Z

Pada saat diperkenalkan di Indonesia tahun 2016, Honda CR-Z facelift dipasarkan dengan harga Rp535 juta. Pabrikan menghadirkannya dalam empat pilihan warna, meliputi Milano Red, Premium White Pearl, Helios Yellow Pearl, dan Smart Black.

Seperti sudah disinggung lebih awal mobil ini tersedia dalam pilihan transmisi manual di pasar global. Tapi berdasarkan penelusuran, unit yang masuk Indonesia kebanyakan menggunakan transmisi otomatis CVT.

Pada saat ini Carmudian yang ingin memilikinya mau tak mau harus mencarinya di pasar mobil bekas. Di sini Honda CR-Z bisa ditemukan mulai dari harga Rp275 jutaan.

Contohnya adalah Honda CR-Z berwarna merah keluaran tahun 2013 berikut yang bisa ditemui di laman mobil bekas Carmudi.

Harga Honda CR-Z

Kondisi eksteriornya nampak sudah mendapat sejumlah modifikasi. Seperti halnya bumper belakang aftermarket yang bentuknya juga menyerupai diffuser.

Contoh harga Honda CR-Z lainnya datang dari unit yang lebih muda, tepatnya tahun 2016. Mobil berwarna putih ini ditawarkan dengan harga Rp375 juta dengan kondisi yang relatif masih standar.

Kebetulan unit tersebut adalah model yang telah mengalami facelift. Cara mudah membedakannya ialah dengan melihat bentuk gril depannya.

Model facelift menggunakan gril trapezoid delapan sudut. Berbeda dengan versi sebelumnya yang punya enam sudut. Gril versi facelift juga sedikit lebih mancung pada bagian bawahnya.

Harga Honda CR-Z Bekas

Dengan tampilan yang terlihat lebih modern, Honda CR-Z facelift memang cukup menggoda dibanding versi sebelumnya.

Tapi sebelum benar-benar menjatuhkan pilihan, Carmudian juga sebaiknya mengetahui salah satu kekurangan mobil ini terkait biaya kepemilikan.

Pajak tahunan Honda CR-Z tergolong mahal. Ambil contoh untuk unit tahun 2013 seperti yang dicontohkan di atas.

Berdasarkan penelusuran di situs web Informasi Data Kendaraan dan Pajak Kendaraan Bermotor Pemprov DKI Jakarta, pajak tahunannya bisa tembus Rp8 juta lebih.

Dengan melihat spesifikasi dan harga Honda CR-Z, nampaknya mobil ini memang untuk orang-orang yang sangat menyukainya desainnya atau ingin tampil beda.

Pasalnya jika sistem hybrid yang dicari maka pilihan mobil hybrid yang tersedia di Indonesia kini sudah lebih banyak.

Adapun opsi mobil hybrid termurah adalah Toyota Corolla Cross Hybrid yang ditawarkan Rp460 jutaan dalam kondisi baru.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: mada.prastya@icarasia.com

Related Posts