Tips dan Trik

Visibilitas Harus Optimal, Begini Cara Mencegah Jamur di Kaca Mobil Selama Musim Hujan

Timbulnya jamur pada kaca mobil menjadi momok menyebalkan bagi pemilik kendaraan, khususnya di musim hujan. Untuk itu penting sekali mencegah timbulnya jamur pada kaca mobil.

Jamur pada kaca mobil bisa membuat visibilitas berkendara terganggu. Selain itu, munculnya jamur juga bisa mengurangi estetika mobil.

Menurut Hariadi, Asst to Service Dept Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ada beberapa tips untuk mencegah timbulnya jamur kaca mobil.

jamur kaca mobil

“Kalau masalah jamur ini disebabkan oleh air yang menempel pada kaca dan kemudian mengering sendiri setelah terkena matahari atau panas. Nah, nanti akan ada bekas seperti kerak,” ujarnya.

Tips Mencegah Jamur pada Kaca Mobil

Untuk mencegah timbulnya jamur, Hariadi mengatakan ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Berikut tips yang disampaikan olehnya.

Rajin Mencuci Mobil

Usahakan untuk rajin mencuci mobil ketika setelah terkena air hujan. Air hujan menurutnya mengandung kadar asam yang cukup tinggi.

Cara terbaik untuk menghilangkan asam tersebut adalah dengan cara mencuci dan mengeringkan mobil. Setelah itu lap hingga kering dan jangan membiarkan ada sisa air yang menempel.

Pembersih Jamur

Cara kedua bisa dengan menggunakan cairan khusus pembersih kaca. Pembersih tersebut banyak ditemui di berbagai toko otomotif.

jamur kaca mobil

Ilustrasi kaca film (Foto: RR Custom)

Namun perlu diingat, pembersih jamur yang baik akan memberikan hasil optimal. Untuk mobil Eropa, sebaiknya gunakan obat pembersih kaca khusus untuk mobil Eropa.

Poles Kaca

Jika jamur yang menempel sudah terlalu sulit dihilangkan, maka cara terbaik dengan membawa ke tempat poles. Pilih layanan untuk memoles kaca untuk menghilangkan jamur.

Di tempat poles biasanya akan menggunakan obat khusus yang jauh lebih ampuh menghilangkan jamur kaca. Cara pakainya pun harus dengan menggunakan mesin poles.

Biaya yang dikeluarkan tentunya akan berbeda-beda di setiap tempat. Kisaran biayanya berkisar antara Rp500 ribuan hingga Rp1,5 jutaan untuk poles kaca mobil.

“Jamur bisa mengurangi visibilitas dan mengurangi estetika kendaraan. Maka dari itu, penting melakukan pencegahan kaca berjamur pada mobil kesayangan,” tutupnya.

Semoga tips mencegah jamur kaca mobil karena musim hujan ini bisa membantu Carmudian dalam hal perawatan, terutama bagi Anda yang baru saja membeli mobil baru maupun bekas.

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts