Home » Produk » Keren! Jok Mobil Daihatsu Ayla Diubah Jadi Robot Bumblebee

Keren! Jok Mobil Daihatsu Ayla Diubah Jadi Robot Bumblebee

Handika Pratama, juara pertama modifikasi jok mobil MBTech 2019. (Foto: Carmudi/Santo)

Jakarta – Sukses menyelenggarakan kontes modifikasi jok motor online, kini PT Polystar International selaku distributor bahan pelapis kulit sintetis merek MBtech mengadakan kontes serupa, tapi jok mobil yang menjadi basis utamanya.

Kontes modifikasi jok mobil online bertajuk MBtech Driving With Style Awards 2019 (DWSA 2019) ini baru perdana dilaksanakan. Periode penyelenggara MBtech DWSA 2019 dimulai pada 15 Agustus sampai 1 Desember 2019 kemarin. Selama periode kontes terkumpul sebanyak 62 karya jok yang dikirimkan dari berbagai wilayah di Tanah Air.

Semua karya yang masuk memiliki ciri khas dan konsep yang berbeda-beda. Semuanya menarik dan yang paling penting menggunakan pelapis kulit sintetis MBtech. Proses seleksi dilakukan secara ketat, tidak hanya berdasarkan foto, dewan juri juga meminta beberapa peserta untuk mengirim bentuk fisik jok yang sudah dimodifikasi untuk penilaian lanjutan.

Setelah melalui proses seleksi yang panjang, akhirnya dewan juri memilih jok mobil milik Handika Pratama yang menjadi pemenang utama.

Modifikasi jok Bumblebee butuh tiga bulan pengerjaan. (Foto: Carmudi/Santo)

Ditemui Carmudi usai pegumuman pemenang, Handika Pratama mengaku senang bisa menjadi juara pertama dalam kontes modifikasi jok mobil. Ini merupakan kontes modifikasi jok mobil pertama yang diikutinya. Biasanya Handika fokus memodifikasi sepeda motor.

Terkait jok mobil, Handika mengaku mengadopsi konsep robot Bumblebee. Butuh tiga bulan lamanya untuk membuat jok mobil standar menjadi seperti yang terlihat sekarang ini.

“Basic-nya saya buat dari jok mobil Daihatsu Ayla. Kemudian diberi pelapis jok MBtech lalu ditambah tulang-tulang jok sepeda motor yang sudah pecah. Terus saya potong-potong pisahkan dan lalu digabung menyerupai Bumblebee. Selain itu ada juga busi mobil, kaleng susu bekas, helm, dan lainnya ada di jok itu,” terang Handika.

Biaya yang dihabiskan untuk pembuatan jok berkonsep robot Bumblebee ini terbilang cukup murah. Handika hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp800 ribuan.

“Itu (biaya) hanya bahan (pelapis kulit sintetis MBtech) karena material lain dari limbah, itu kami punya semua,” tuturnya.

Pengerjaan Tersulit

Bagian tersulit adalah membuat sandaran kepala jok mobil Daihatsu Ayla menjadi muka robot Bumblebee. (Foto: Carmudi/Santo)

Handika mengakui untuk membuat jok standar menjadi seperti robot Bumblebee tidaklah mudah. Sejumlah kesulitan harus dihadapi olehnya demi mencapai konsep yang diinginkan. Salah satu pengerjaan tersulit adalah membuat sandaran kepala jok mobil menjadi muka robot Bumblebee.

“Paling sulit pengerjaan itu di muka dengan menggabungkan part lain karena benar-benar harus rapi,” jelas Handika.

Meski sudah berhasil membuat desain jok mobil yang unik dan bisa mengalahkan 61 peserta, Handika mengaku belum puas. Ke depan, dirinya berencana membuat yang lebih bagus lagi tanpa mengorbankan fungsi-fungsi yang ada di jok mobil.

“Jok ini masih banyak minusnya artinya handle untuk pengaturan sandaran tubuh enggak bekerja. Mungkin nanti di karya selanjutnya fungsi tersebut bisa bekerja,” pungkas pemilik bengkel modifikasi Bowo Jok Bekasi.

Sebagai pemenang utama, Handika berhak memperoleh hadiah berupa uang tunai sebesar Rp15 juta ditambah trofi dan plakat.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Pakai MBtech, 62 Jok Mobil Adu Keren di Carseat Online Design

Previous post
Meski Kinerja Penjualan Merosot, Mitsubishi Colt Diesel Masih Jadi Jawara
Hyundai Ioniq resmi dijual PT Hyundai Mobil Indonesia
Next post
Mobil Listrik Hyundai Ioniq Resmi Meluncur, Harga Rp569 Jutaan