Event

Kemenperin PowerAce Digimodz, Kompetisi Desain Mobil Listrik untuk UMKM

Jakarta – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama PT Dharma Polimetal (Triputra Group) selaku produsen kendaraan listrik roda tiga merek PowerAce resmi menggelar kerja sama National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) untuk mengadakan Kemenperin PowerAce Digimodz.

Kerja sama yang terjalin ini akan mengajak para desainer otomotif untuk mendesain kendaraaan listrik roda tiga yang mengedepankan unsur entrepreneurship. Para peserta diharapkan bisa memaksimalkan PowerAce sehingga memiliki daya guna maksimal dan ramah lingkungan.

“PowerAce merupakan kompetisi adu gagasan dan karya. Peserta ditantang untuk membuat konsep modifikasi kendaraan listrik roda tiga yang mengedepankan unsur entrepreneurship atau fungsi yang sejalan dengan jenis usahanya,” buka Sony Sulaksono, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin.

Dalam konferensi pers yang digelar pada hari ini, Senin (2/8/2021), ketiga pihak membeberkan beberapa poin yang wajib diperhatikan oleh para peserta.

Kemenperin PowerAce Digimodz

Syarat Peserta Kemenperin PowerAcer Digimodz

Ada dua syarat utama yang harus diperhatikan peserta untuk mengikuti kompetisi ini.

Styling

Peserta diharapkan memberi perubahan pada tampak depan, belakang, warna, desain pelek, dan adanya penambahan aksesoris.

Aplikasi

Peserta diharapkan dapat menambahkan aplikasi sebagai penunjang produktivitas; efektif dan efisien sehingga memberikan nilai lebih bagi pelaku UMKM.

Kedua hal tersebut wajib dipahami setiap peserta yang ingin mengikuti kompetisi.

Kemenperin PowerAce Digimodz

“Diharapkan kegiatan ini bisa menghasilkan kendaraan listrik yang mampu mendukung aktivitas UMKM. Selain itu diharapkan juga bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan industri manufaktur dalam negeri yang lebih luas lagi,” sambung Yosaphat P Simanjuntak, Direktur PT Dharma Polimetal.

Peserta Kemenperin PowerAce Digimodz ini bisa mengirimkan karyanya selama 2—30 Agustus 2021. Nantinya akan diambil 5 pemenang yang akan diumumkan pada 15 September 2021 secara online lewat akun Instagram @kemenperin_ri, @poweracemotor.id, dan @nmaa_ind.

Dari lima pemenang tersebut, nantinya akan diambil juara utama yang akan diumumkan pada Indonesian Modification Expo (IMX) 2021 ‘All Virtual’ pada 2 Oktober 2021. Di ajang IMX tersebut juga akan ditampilkan dua unit PowerAce hasil desain dari 5 pemenang utama.

“Kami di NMAA dan IMX mendukung program Pemerintah yang bertujuan memajukan ekosistem otomotif nasional. Diharapkan kompetisi ini bisa menjadi wadah positif para desainer di Tanah Air,” tutup Andre Mulyadi, IMX Project Director.

Hadiah Kemenperin PowerAce Digimodz

Para peserta nantinya akan bertarung memperebutkan hadiah uang tunai dengan total Rp50 juta. Jumlah tersebut dengan rincian Rp15 juta pemenang utama, Rp7,5 juta pemenang kedua, Rp5 juta untuk pemenang Social Media Favourite.

Sedangkan karya terbaik akan mendapatkan masing-masing Rp2 juta. Para pemenang utama dan kedua juga berhak mendapatkan piala yang akan diberikan Menteri Perindustrian.

Masyarakat yang tertarik bisa melakukan pendaftaran di laman www.poweracedigimodz.com. Carmudian cukup mengunduh formulir dan file gambar kendaraan roda tiga, lalu mengirimkan karya ke tautan yang sudah disediakan oleh panitia di laman tersebut.

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts