Tips dan Trik

Wiper Mobil: Mengenal Komponen Penyusun, Jenis, dan Tips Perawatan Rutinnya

Wiper mobil memang kadang suka luput dari perhatian, padahal sangat penting untuk menjaga pandangan saat hujan.

Oleh karenanya, penting untuk kita bisa mengetahui fungsi dan komponen wiper mobil agar bisa melakukan perawatan rutin.

Merawat wiper sebetulnya tidak sulit dan bisa dilakukan secara mandiri.

Kali ini, kami akan mencoba untuk mengurai apa saja terkait wiper pada kendaraan.

Mulai dari fungsi, komponen, jenis, dan tips perawatannya.

wiper mobil

Fungsi Wiper Mobil

Wiper mobil adalah komponen vital yang berfungsi membersihkan permukaan kaca kendaraan dari air hujan, salju, debu, atau kotoran lainnya.

Terdiri dari karet atau material fleksibel, wiper bergerak melintasi kaca depan secara periodik untuk menghilangkan gangguan visual dan mempertahankan visibilitas pengemudi.

Sistem ini dioperasikan oleh motor wiper dan dapat dikendalikan oleh pengemudi melalui tuas di dalam mobilnya.

Keberadaan wiper yang efisien sangat penting untuk keselamatan berkendara, membantu menghindari kecelakaan dengan memastikan pengemudi dapat melihat dengan jelas dalam berbagai kondisi cuaca.

Baca Juga: Selain Ditemukan Wanita, Wiper Mobil Punya Hal Menarik Lainnya

Komponen Wiper Mobil

Wiper mobil terdiri dari beberapa komponen yang baiknya kita ketahui.

Ada beberapa komponen penyusunnya seperti wiper blade, wiper link, saklar wiper, motor wiper, dan wiper arm.

wiper mobil

Motor Wiper

Motor Wiper adalah komponen yang bertugas untuk menggerakkan wiper secara otomatis.

Ada dua tipe motor wiper yang umumnya digunakan, yaitu tipe ferrite magnet dan wound rotor.

  • Tipe ferrite magnet menggunakan magnet permanen berbahan ferrite untuk menciptakan medan magnet.
    Kelebihan utamanya adalah ukurannya yang kecil dan bobotnya yang ringan sehingga sangat cocok untuk dipasang pada berbagai jenis mobil. Magnet permanen ini memberikan keandalan dan kinerja yang baik, menjadikannya pilihan utama dalam motor wiper modern.
  • Tipe wound rotor menggunakan lilitan coil untuk menghasilkan medan elektromagnet. Meskipun tidak sepopuler tipe ferrite magnet, tapi tipe wound rotor tetap menjadi alternatif yang baik, terutama pada kondisi tertentu yang memerlukan karakteristik khusus.

Wiper Link

Wiper link juga kerap disebut tuas wiper yang berguna untuk melakukan perubahan gerakan putaran dari motor wiper menjadi gerakan bolak-balik (ke kiri-kanan).

Bagian depan mobil seringkali dilengkapi dengan sistem wiper dua blade, sehingga menggunakan mekanisme paralel tandem untuk menggerakkan keduanya.

Ketika wiper diaktifkan, motor wiper akan memutar crank arm, mengakibatkan gerakan tarik-menarik pada batang penghubung.

Wiper link akan mengarahkan wiper arm bergerak setengah lingkaran sepanjang poros pivot.

Batang penghubung, yang biasanya terhubung pada kedua lengan wiper, memastikan bahwa kedua pisau wiper bergerak secara bersamaan dan sejajar, beroperasi dengan metode paralel.

Wiper Arm

Wiper Arm, terdiri dari head pengikat wiper arm pada wiper shaft.

Pegas menahan blade, arm piece memudahkan pemasangan blade, dan retainer menahan semuanya.

Wiper Blade

Wiper blade terdiri dari karet untuk membersihkan permukaan kaca mobil.

Karet wiper blade berkolaborasi dengan leaf spring, lever, dan clip pada lengan wiper untuk membersihkan kaca.

Baca Juga: Tips Mudah Rawat Karet Wiper

Jenis Wiper Mobil

wiper mobil

Wiper memiliki beragam jenis yang dapat memengaruhi kinerja dan ketahanannya.

Berikut ini 6 jenis wiper yang ada dihimpun dari berbagai sumber.

Wiper Konvensional

Wiper konvensional umumnya digunakan pada mobil keluaran lama. Wiper ini terdiri dari bracket dan karet, tetapi kelemahannya terletak pada kemampuannya yang kurang baik dalam mengikuti lekukan kaca mobil.

Wiper Full Frame

Wiper full frame sering ditemukan pada mobil-mobil umum. Dengan gagang berbahan besi, wiper ini dianggap lebih kokoh, namun perlu diperhatikan ketika karetnya mulai menipis agar besi tidak merusak permukaan kaca.

Wiper Frameless

Wiper frameless terbuat dari bahan plastik dan memiliki tekstur karet yang lembut. Meskipun lebih aman bagi permukaan kaca, kekurangannya adalah sulit untuk mengganti karet wipernya saja, memerlukan penggantian seluruh komponen.

Wiper Flat-Blade

Wiper flat-blade memiliki bobot ringan karena sebagian besar terbuat dari karet. Dengan penyangga kecil di tengah wiper, jenis ini memberikan sapuan bersih karena dapat mengikuti lekukan kaca dengan baik.

Wiper Refill

Wiper refill merupakan jenis yang bisa diisi ulang, memudahkan pengguna untuk mengganti hanya karet wipernya tanpa harus membeli seluruh komponen wiper baru.

Wiper Hybrid

Wiper hybrid merupakan kombinasi antara wiper konvensional dan flat-blade. Dengan holder plastik dan karet knockdown, wiper ini menawarkan kekuatan dan ringan, memberikan pandangan bersih tanpa terhalang oleh air atau kotoran.

Tips Perawatan Wiper Mobil

Ciri-ciri wiper mobil sudah rusak

(Foto: Pexels)

Setelah kita mengetahui jenis-jenis yang kerap ditemukan, kini Carmudi akan mencoba membeberkan beberapa tips merawat wiper mobil agar selalu optimal digunakan atau berfungsi dengan baik.

Cek Kondisi Karet Wiper

Bagian karet wiper perlu mendapatkan perhatian khusus. Hindari parkir di lokasi panas, dan lakukan pencegahan dengan mengangkat dan mengganjal bagian dalam wiper untuk melindungi karet dari suhu tinggi kaca mobil.

Merawat Bagian Poros Wiper

Perhatikan kondisi poros wiper karena bagian ini penting untuk menjaga pergerakan wiper saat hujan. Jika terdapat masalah atau kerusakan pada poros, segera bawa mobil ke bengkel untuk perbaikan.

Hati-hati Saat Mencuci

Saat mencuci mobil, hindari menghilangkan cairan pelindung dan pelembab pada sisi permukaan karet wiper. Berhati-hatilah saat mengelap bagian wiper.

Menyiram Wiper

Merawat wiper dapat dilakukan dengan menyiramnya menggunakan air bersih, tanpa menggunakan sabun cuci kendaraan. Hindari penggunaan lap untuk mengeringkan wiper, agar cairan pelindung tetap terjaga.

Isi Cairan Wiper

Isi tangki cairan pembersih kaca mobil dengan cairan khusus untuk wiper. Cairan ini melicinkan kaca dan memastikan pergerakan wiper tetap lancar, serta melindungi kaca dari goresan wiper.

Rutin Ganti Wiper

Meskipun dilakukan perawatan, gantilah wiper secara berkala, umumnya setiap satu tahun. Jika terdengar suara decit atau karet terlihat getas, segera ganti wiper lama dengan yang baru. Pastikan memilih wiper yang sesuai dengan kendaran Carmudian.

Baca Juga: Ciri-ciri Wiper Mobil Sudah Rusak dan Minta Ganti

FAQ

Berikut ini pertanyaan-pertanyaan yang kerap ditanyakan di internet terkait wiper mobil:

Wiper mobil itu apa?

Wiper mobil adalah komponen vital yang berfungsi membersihkan permukaan kaca kendaraan dari air hujan, salju, debu, atau kotoran lainnya.

Kapan harus ganti wiper mobil?

Meskipun dilakukan perawatan, gantilah wiper secara berkala, umumnya setiap satu tahun. Jika terdengar suara decit atau karet terlihat getas, segera ganti wiper lama dengan yang baru.

Karet wiper yang bagus merek apa?

Beberapa merek wiper yang bisa direkomendasikan adalah:

  • Hella Razor Hybrid
  • Denso Hybrid Wiper Blade
  • Bosch Eco Plus Wiper Blade
  • Disrain Soft Wiper Blade
  • Good Rain Professional Wiper
  • Regata Soft Wiper

Bagaimana cara agar kaca mobil tidak berembun saat hujan?

Salah satu cara mengatasi kaca mobil yang berembun yaitu dengan menurunkan temperatur AC pada kabin mobil. Embun pada kaca timbul karena perbedaan suhu dari luar dan dalam mobil sehingga dengan menurunkan temperatur AC mobil akan membuat suhu dari dalam dan luar mobil bisa lebih seimbang.

Penulis: Dimas Hadi

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Dimas Hadi

Menjadi jurnalis dan merangkap sebagai penulis konten otomotif di Carmudi sejak 2016. Masih terobsesi Toyota Starlet meski lebih sering mengemudikan Suzuki Ertiga karena cinta keluarga. Email: [email protected]

Related Posts