Home » Berita » Lawan Covid-19, Mahasiswa UGM Bakal Modifikasi Daihatsu Xenia

Lawan Covid-19, Mahasiswa UGM Bakal Modifikasi Daihatsu Xenia

peluncuran daihatsu grand new xenia 1.5
Daihatsu Xenia (Foto: Carmudi)

Jakarta – Indonesia berada dalam status perang melawan virus corona (Covid-19). Sejumlah strategi telah dilancarkan oleh pemerintah pusat maupun daerah guna mencegah penyebarannya. Tak cuma pemerintah saja, pabrikan otomotif di dalam negeri juga banyak yang ikut berpartisipasi, seperti yang dilakukan oleh Daihatsu baru-baru ini.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Daihatsu di Indonesia mendonasikan Xenia kepada mahasiswa Teknik Mesin, Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Donasi ini diberikan atas dasar ajakan UGM dalam upaya menyediakan sebuah kendaraan keliling.

Kendaraan tersebut nantinya akan membantu tenaga medis memeriksa kesehatan masyarakat lewat Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction (RTPCR), atau dikenal dengan istilah swab test.

Donasi ini merupakan komitmen Daihatsu dalam mendukung upaya pemerintah dan masyarakat dalam memerangi Covid-19. Hal ini sejalan dengan salah satu pilar Corporate Social Responsibility (CSR), yaitu Sehat Bersama Daihatsu.

Nantinya mobil Daihatsu Xenia akan dimodifikasi mahasiswa UGM menjadi mobil Siaga Covid-19. Mobil ini akan menjadi kendaraan swab test keliling untuk membantu masyarakat yang membutuhkan pengecekan kesehatan.

Saat pengambilan sampel, tenaga medis akan tetap berada di dalam mobil dan pasien di sisi luar mobil. Sehingga, tenaga medis lebih aman dan terlindungi serta dapat menghemat penggunaan Alat Pelindung Diri (APD).

Kelengkapan Mobil

Guna mendukung kerja tenaga medis, Daihatsu Xenia dilengkapi dengan storage logistik alat swab test, alat pengukur suhu tubuh otomatis, mic dan speaker untuk sarana komunikasi dengan pasien, serta perangkat komputer untuk melaporkan hasil swab test secara real time.

“Daihatsu selalu mendukung segala upaya untuk memerangi pandemi Covid-19. Kami berharap donasi mobil ini dapat memberi hasil positif untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 di area Yogyakarta,” ujar Haryanto Nurya Hadiwijaya, General Affairs Division Head PT ADM.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Meluncur Tahun Ini di Indonesia, Harga NJKB Nissan Leaf Rp529 Juta

Lelang JBA, cara mendapatkan kendaraan idaman dengan harga terjangkau
Previous post
Ingin Punya Motor atau Mobil Harga Miring, Ini Cara Mengikuti Lelang JBA
Honda CR-V
Next post
Imbas Corona, Pembelian Mobil Honda Lewat Online Meningkat

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *