Home » Berita » Meluncur Tahun Ini di Indonesia, Harga NJKB Nissan Leaf Rp529 Juta

Meluncur Tahun Ini di Indonesia, Harga NJKB Nissan Leaf Rp529 Juta

Nissan Leaf diperkenalkan di IEMS 2019. (Foto: Carmudi/Santo)

Jakarta – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Nissan di Indonesia sudah dipastikan akan meluncurkan mobil listrik pertamanya, Leaf pada tahun ini. Rencana tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Direktur Nissan Indonesia, di sela pameran mobil listrik Indonesia Electric Motor Show (IEMS), Jakarta, September 2019.

“Kami siap membawa Nissan Leaf di tahun 2020,” ungkap Isao Sekiguchi.

Sampai sekarang Nissan masih mengunci rapat informasi mengenai jadwal pasti peluncuran Leaf. Meski masih belum jelas kapan resmi dirilis, tapi harga Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) dari Nissan Leaf sudah keluar dan didaftarkan ke Kementerian Dalam Negeri.

Berdasarkan surat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 8 Tahun 2020 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, tercantum harga NJKB Nissan Leaf Rp529 Juta. Permendagri tersebut dikeluarkan Januari 2020 dan ditandatangani langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Sebagai informasi, harga NJKB bukan patokan harga jual kendaraan. Untuk menjadi harga on the road (OTR) sebuah kendaraan ada beberapa komponen pajak yang nantinya akan ditambahkan.

Harga NJKB Nissan Leaf (Foto: Permendagri)

NJKB adalah suatu nilai yang telah diterapkan dari Dispenda yang sebelumnya sudah menerima data dari Agen Pemegang Merek (APM). Perhitungan NJKB ini bukan merupakan harga pasaran umum melainkan harga depresiasi nilai kendaraan tiap tahunnya berdasarkan perhitungan pabrikan.

Nissan Leaf Dilengkapi Teknologi Terdepan

Nissan Leaf dilengkapi dengan teknologi terdepan. Mobil “Daun” ini diklaim mampu memberikan pengalaman berkendara yang lebih percaya diri dan menyenangkan. Teknologi unggulannya sendiri adalah e-Pedal. Teknologi ini memungkinkan pengemudi bisa mengendarai mobilnya hanya dengan satu pedal. Teknologi ini adalah bagian dari visi Nissan untuk masa depan mobilitas.

Nissan Leaf yang akan diperkenalkan di Indonesia memang belum jelas spesifikasinya. Di Jepang sendiri, Nissan Leaf ditawarkan dengan dua pilihan baterai, 40 kW dan 60 kW. Sejak 2010, Nissan telah menjual lebih dari 430 ribu unit Leaf di seluruh dunia.

Dalam rangka memperkenalkan Nissan Leaf kepada masyarakat sebelum resmi dirilis, NMI gencar melakukan promosi. Nissan pernah perlihatkan Leaf di pameran mobil listrik IEMS 2019 pada awal September lalu. Kemudian NMI kembali memperlihatkan Nissan Leaf lewat ajang PLN Jakarta Langit Biru pada Oktober 2019 dan di berbagai acara lainnya.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga: 

Bagaimana Tipikal Pembeli Mobil Klasik Langka di Indonesia?

Previous post
Selain Kualitas, DFSK Juga Pikirkan Layanan Purna Jual untuk Pikap Super Cab
Next post
Ingin Mendapat Untung Setelah Jual Mobil, Begini Caranya