Home » Berita » Tahun Depan Luncurkan Mobil Listrik, Nissan Kerja Sama dengan PLN

Tahun Depan Luncurkan Mobil Listrik, Nissan Kerja Sama dengan PLN

Tahun Depan Luncurkan Mobil Listrik, Nissan Kerjasama dengan PLN (Foto: Nissan)

Jakarta – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku agen pemegang merek (APM) mobil Nissan di Indonesia mendukung penuh program pemerintah dalam mempercepat pengembangan mobil listrik. Untuk merealisasikan hal tersebut, Nissan berencana meluncuran mobil listrik ke Indonesia tahun depan. Tak cuma itu, guna memenuhi kebutuhan pengguna mobil listrik ke depannya, Nissan menjalin kerja sama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN)

Kerja sama Nissan dengan PLN ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU). MoU ini berisi terkait kerjasama percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

“Kolaborasi yang kuat antara pihak publik dan swasta sangat penting untuk mendorong kesadaran dan penerimaan kendaraan listrik di Indonesia. Selain membangun infrastruktur pengisian daya, kerjasama yang dilakukan juga mencakup edukasi dan upaya mengatasi kesalahpahaman seputar pengisian daya dan penggunaan listrik,” ungkap Isao Sekiguchi, Presiden Direktur Nissan Indonesia.

Nissan Leaf dan Nissan Note e-Power (Foto: Santo/Carmudi)

Mengimplementasikan Peraturan Presiden

Penandatanganan nota kesepahaman dalam rangka mengimplementasikan Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Acara penandatanganan nota kesepahaman disaksikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Riset,teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nuh, Kepala BPPT, Hammam Riza dan Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani. Dihadiri pula oleh total 20 mitra perusahaan yang terbagi dalam beberapa bidang, otomotif, bank, hingga penyedia transportasi umum, bertempat di Auditarium Bj Habibie BPPT, Jakarta Pusat, Rabu (16/10/2019) lalu.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan perkembangan teknologi yang sangat cepat harus diikuti langkah yang cepat, tepat dan strategis

“Dunia ini cepat mengembangkan teknologi. Saya harap, kalau bersinergi seperti ini, pasti bisa. Saya senang PLN mampu memobilisasi begini. Kita tidak boleh berhenti di MoU saja, segala macam aturan kita ikuti,” ujar Menko Maritim Luhut B Panjaitan.

Sementara itu Sripeni Inten, Plt. Direktur Utama PLN mengungkapkan apresiasi atas sambutan yang baik dari seluruh mitra perusahaan yang terlibat dalam kerja sama tahap awal ini. Diharapkan dengan adanya kolaborasi ini dapat mempercepat realisasi pemanfaatan kendaraan listrik.

“Penandatanganan nota kesepahaman ini sangat penting bagi kami, untuk mempercepat program kendaraan listrik di Indonesia, seperti yang kita ketahui bahwa PLN mendapatkan penugasan dari Pemerintah dalam rangka penyediaan infrastruktur pengisian listrik untuk KBL berbasis baterai. Hal ini juga menjadi bukti komitmen dan kontribusi bersama terhadap program Pemerintah demi terwujudnya kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih baik,” tutup Inten.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Mau Jual Mobil Listrik, Diler Nissan Sudah Siap?

Previous post
Mazda Konfirmasi Akan Luncurkan Mobil Listrik pada 23 Oktober
Perkenalan Renault Triber
Next post
Makin Mundur, Renault Umumkan Harga Triber Bulan Desember