Berita Sepeda motor Sumber informasi

Mau Beli Yamaha MT-15, Ketahui Dulu Spesifikasinya

Bagian depan Yamaha MT-15 (Foto: Yamaha)

Jakarta – Tidak seperti biasanya PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Agen Pemegang Merek (APM) Yamaha di Indonesia mendatangkan produk baru tanpa seremonial. Ini terjadi pada Yamaha MT-15. YIMM hanya memberitahu bahwa perusahaan sudah menjual sepeda motor sport telanjang (naked bike) itu seharga Rp34,95 juta. Dengan masuknya Yamaha MT-15, itu berarti menambah panjang daftar keluarga MT yang dipasarkan di Indonesia seperti MT-10, MT-09, MT-07, MT-03 serta MT-25.

Kehadiran Yamaha MT-15 semakin menambah ketat persaingan naked bike di Tanah Air. Terlebih saat ini tidak banyak pabrikan sepeda motor yang bermain di segmen naked bike bermesin di bawah 200 cc. Bila Anda berencana membelinya atau tengah mencari sepeda motor sport baru, ada baiknya simak terlebih dahulu spesifikasi Yamaha MT-15.

Desain

Yamaha MT-15 memiliki tampilan depan sangar dan agresif berkat pemasangan batok sepeda motor yang menyerupai mata, lalu dilengkapi dua lampu LED di kiri dan kanan. Dibawahnya terdapat lampu utama yang sudah mengadopsi teknologi Projector LED dengan kemampuan menghasilkan cahaya lebih terang dan fokus.

Bagian belakang Yamaha MT-15 (Foto: Yamaha)

Sebagai media informasi kepada pengendara, Yamaha melengkapi MT-15 dengan speedometer full digital serta shift timing light yang berfungsi untuk memberi tahu pengemudi kapan melakukan perpindahan gigi. Tujuannya agar dapat meraih performa berkendara yang optimal. Handle bar lebar menunjang posisi duduk lebih tegak, serta terpasang big bike switch untuk sistem pengoperasian motor (cut off/ on dan starter engine).

Beranjak ke sektor tengah motor, body MT-15 dibuat lebih padat, namun tetap menghadirkan garis tegas dengan detail sudut tajam, terutama pada area tangki bahan bakar serta air shroud sehingga membuat tampilannya terlihat berotot dan semakin sporty. Bagian belakang mendapat lampu LED, membuat sistem pencahayaan motor menjadi semakin terang.

Yamaha MT-15 hadir dalam tiga pilihan warna yakni Matte Grey, Matte Blue serta Metallic Black.

Speedometer Yamaha MT-15 (Foto: Yamaha)

Manuver Lincah

Meskipun Yamaha MT-15 memiliki tubuh berdimensi besar, tapi tetap memiliki manuver lincah. Hal ini didukung oleh hadirannya suspensi up-side down (USD) yang semakin meningkatkan handling serta kenyamanan dalam berkendara.

Pengaplikasian alumunium swing arm yang kokoh dengan bobot ringan serta ban tubeless bertapak lebar turut menghasilkan rasa berkendara lebih stabil. Selain itu penggunaan rangka Delta Box juga membuat sepeda motor semakin kuat dan kokoh.

Mesin

Yamaha membenamkan mesin berkapasitas 155 cc 4-katup dengan transmisi manual enam percepatan. Mesin ini diklaim mampu mengeluarkan tenaga sekuat 14,2 kW pada 10.000 rpm dan torsi puncak 14,7 Nm pada 8.500 rpm. Sepeda motor ini juga dibekali liquid cooled (berpendingin cairan) yang mampu menjaga suhu mesin motor tetap stabil.

Mesin Yamaha MT-15 (Foto: Yamaha)

Fitur lain yang ditanamkan pada mesin MT-15 adalah assist yang membuat kopling menjadi ringan serta slipper clutch berfungsi memperhalus proses perpindahan gigi . Kemudian, pengaplikasian teknologi DiAsil cylinder & forged piston membuat mesin motor tiga kali lebih awet, kuat dan ringan.

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/