Berita

Max Biaggi Catat Rekor Kecepatan Motor Listrik, Melesat 456 Km/Jam!

Amerika Serikat — Mantan pembalap MotoGP dan World Superbike, Massimiliano Biaggi atau yang akrab disapa Max Biaggi baru saja mencatatkan rekor baru karena berhasil menunggangi motor listrik dengan kecepatan maksimal 456 km/jam!

Motor listrik yang ditunggangi oleh pembalap berjuluk Mad Max tersebut bernama Voxan Wattman. Rekor tersebut dilewati Biaggi bersama tim Venturi di atas Sirkuit Space Florida di Kennedy Space Center.

Motor listrik yang digunakan oleh Biaggi sendiri sudah dimodifikasi sedemikian rupa agar lebih ringan. Menurut tim Venturi bobot sepeda motor listrik tersebut tak lebih dari 300 kg.

max biaggi voxan wattman

Diberitakan oleh laman MCN, capaian tersebut sekaligus memecahkan rekor kecepatan sepeda motor listrik Biaggi sendiri pada November 2020 lalu. Kala itu ia mampu melesat menggunakan sepeda motor listrik yang sama (dengan konfigurasi berbeda) hingga kecepatan 366,94 km/jam.

Ia juga mencetak rekor kecepatan sepeda motor untuk dua arah dengan kategori non-streamlined (tanpa fairing) electric motorbike under 300 kg dan streamlined (dengan fairing) electric motorbike under 300 kg.

Selain itu ia juga mencetak belasan rekor baru selama periode 18 November hingga 23 November 2021 di trek tersebut. Namun yang cukup menarik adalah kecepatan hingga 456 km/jam yang berhasil ia torehkan baru-baru ini.

WMC Persiapkan Motor Tandingan

max biaggi voxan wattman

Salah satu perusahaan pembuat motor listrik, White Motorcycle Concepts (WMC) dikabarkan ingin segera mematahkan rekor yang diraih oleh Biaggi. WMC kabarnya sedang mempersiapkan motor listrik untuk melesat hingga kecepatan ratusan km/jam juga.

Namun sayangnya sepeda motor listrik buatan WMC memiliki bobot di atas 300 kg, atau lebih berat dari Voxan Wattman yang digunakan oleh Biaggi.

Hingga saat ini, Max Biaggi menjadi manusia pertama yang bisa melesat dengan motor listrik dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Bahkan torehan tersebut melewati catatan kecepatan dari Kawasaki Ninja H2R yang melesat hingga 400 km/jam. Namun Kawasaki Ninja H2R merupakan sepeda motor berbahan bakar bensin dan tidak bisa disamakan dengan motor listrik Voxan Wattman.

max biaggi

Setidaknya Max Biaggi dalam beberapa tahun ke depan masih bisa tersenyum lantaran rekor kecepatannya ini rasanya cukup sulit ditandingi.

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts