Home » Berita » Meluncur Besok, Segini Perkiraan Harga Toyota Corolla Cross

Meluncur Besok, Segini Perkiraan Harga Toyota Corolla Cross

Toyota Corolla Cross (Foto: TMC)

Jakarta – Tak ada yang menyangka bila PT Toyota Astra Motor (TAM) begitu cepat meluncurkan Corolla Cross ke Indonesia. Padahal SUV tersebut baru saja tampil perdana di dunia pada awal Juli lalu di Thailand. Perkiraan awal banyak orang, TAM bakal meluncurkan New Fortuner terlebih dahulu, sebab Medium SUV tersebut muncul lebih awal ketimbang Corolla Cross. Tapi tak masalah, mungkin ada strategi pasar yang tengah dipersiapkan oleh TAM untuk konsumen di Tanah Air.

TAM berencana meluncurkan Toyota Corolla Cross besok atau tepatnya Kamis, 6 Agustus 2020. Peluncuran dilakukan secara digital dan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Toyota Indonesia. Waktu pelaksanannya pada pukul 11:00 WIB. Semua orang bisa menyaksikan seremonial peluncuran Corolla Cross pertama di Indonesia di mana pun dan kapan pun melalui smartphone hingga laptop.

Seperti biasa, jelang peluncuran mobil baru ada saja bocoran-bocoran halus yang beredar. Pada kesempatan ini, Carmudi berhasil mendapatkan perkiraan harga jual dari Toyota Corolla Cross untuk wilayah Jakarta (on the road). Dikatakan perkiraan karena yang kami dapat belum tentu sesuai dengan harga jual resmi yang akan diumumkan oleh TAM besok siang.

Berdasarkan informasi tersebut tercantum bahwa Toyota akan membawa dua tipe Corolla Cross. Tipe pertama dibekali dengan mesin bensin. Tipe kedua sudah mengendong teknologi hybrid, di mana terdapat dua sumber penggerak roda, yaitu mesin bensin dan motor listrik. Kedua tipe yang ditawarkan sesuai dengan apa yang pernah disampaikan oleh Anton Jimmi Suwandy Marketing Director PT TAM pada awal Juli lalu.

“Betul TAM akan meluncurkan Corolla Cross dan ada yang hybrid-nya juga,” kata Anton.

Lantas berapakah perkiraan harga dari Toyota Corolla Cross? Untuk Corolla Cross tipe 1.8 A/T dibanderol Rp457,8 juta sedangkan tipe 1.8 Hybrid A/T dinigakan dengan harga Rp497,8 juta.

Sebagai perbandingan saja, Toyota Corolla Cross di pasar Thailand ditawarkan dengan empat varian. Di antaranya Corolla Cross 1.8 Sport yang dijual seharga 989.000 baht atau sekira Rp458 juta, Corolla Cross Hybrid Smart 1.019.000 baht atau Rp472 jutaan, Corolla Cross Hybrid Premium 1.089.000 baht (Rp504 jutaan) dan varian paling tinggi yaitu Corolla Cross Hybrid Premium Safety dibanderol 1.199.000 atau setara Rp555 jutaan.

Toyota Corolla Cross (Foto: TMC)

Mesin 1.8 Liter

Kemungkinan besar spesifikasi Corolla Cross yang dipasarkan di Indonesia dengan di Thailand tidak berbeda jauh, termasuk soal mesin.

Di pasar Thailand, Toyota Corolla Cross ditawarkan dalam dua pilihan mesin. Pilihan pertama mesin bensin tipe 2ZR-FBE berkapasitas 1,8 liter empat silinder. Mesin ini diklaim mampu mengeluarkan tenaga sekuat 138 hp pada 6.000 rpm dan torsi 177 Nm pada 4.000 rpm. Tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi Super CVT-i.

Pilihan kedua ada versi hybrid bermesin tipe 2ZR-FXE 1.8 litre yang dikawinkan dengan transimsi e-CVT sehingga menghasilkan tenaga 98 hp pada 5.200 rpm dan 142 Nm pada 3.600 rpm. Mesin dipasangkan dengan baterai untuk menggerakkan motor listrik dengan tenaga 71 hp dan torsi 163 Nm. Jika keduanya bekerja secara bersamaan maka total tenaga yang dihasilkan mencapai 120 hp.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Transmisi
Previous post
Lakukan Engine Brake Pada Mobil Matik Ada Caranya
Next post
Lima Faktor Mengapa Mobil SUV Semakin Digemari