Home » Mobil » Lakukan Engine Brake Pada Mobil Matik Ada Caranya

Lakukan Engine Brake Pada Mobil Matik Ada Caranya

Ilustrasi mobil transmisi otomatis (Foto: my-otomoto)

Jakarta – Bagi pengemudi mobil manual, melakukan pengereman dibantu mesin atau sering disebut engine brake cukup mudah dilakukan. Tapi bagaimana dengan engine brake pada mobil bertransmisi matik? Tentu tak semua orang memahami caranya.

Padahal, melakukan engine brake pada mobil matik ada beberapa hal yang harus diketahui. Karena proses pengeremannya sedikit berbeda dengan mobil bertransmisi manual. Hal tersebut diutarakan oleh Rahmat, Kepala Mekanik Mesin di bengkel Kurnia Jaya.

Rahmat menjelaskan jika melakukan engine brake dengan mobil manual cukup menurunkan gigi saja. Sedangkan mobil matik harus dibantu dengan menginjak rem. Ini yang jarang diketahui oleh pengguna mobil manual yang beralih ke mobil matik.

“Cara yang gampang sih injak pedal rem terus pengemudi menurunkan gigi dari D ke 3 lalu ke 2. Cara ini paling gampang untuk engine brake dengan mobil matik. Atau cara lain yang bisa dipakai dari D langsung dipindah ke L atau gigi paling rendah lah,” katanya kepada Carmudi.

Transmisi
Transmisi Otomatis modern (Foto: Google)

Selain itu, untuk menurunkan gigi bisa juga menggunakan tanda ‘-‘ di tuas transmisi. Pada mobil dengan paddle shift, akan lebih mudah lagi melakukan engine brake saat mobil sedang berjalan. Pengemudi hanya perlu menurunkan gigi memakai paddle shift ‘-‘.

Alasan Harus Injak Rem

“Sebenarnya kenapa harus injak rem ada alasannya juga. Karena mobil matik itu beda sama manual, jadi enggak ada koplingnya. Makanya diinjak rem dulu biar pompa oli girboks-nya dapat tekanan cukup. Kalau enggak direm, lama-lama bisa ngebuat girboks jadi rusak,” sambung Rahmat.

Ia menyarankan engine brake dilakukan dengan kecepatan yang tidak lebih dari 40 km/jam. Hal ini bertujuan agar mobil tidak overspeed. Engine brake pada mobil matik disarankan digunakan pada saat turunan terjal, sehingga membantu rem. Rem yang dipaksakan bisa menjadi panas, dan menyebabkan rem blong.

Sayangnya, hal ini kurang diketahui oleh banyak pengguna mobil matik. Padahal, ini merupakan salah satu teknik pengereman menggunakan mobil matik. Sudah lebih paham mengenai teknik pengereman engine brake kan?

 

Penulis: Rizen Panji 

Editor: Dimas

Baca Juga:

Ini Alasan Mengapa Kita Dilarang Gunakan Ponsel di SPBU

Previous post
Honda Odyssey Dapat Penyegaran dan Punya Fitur-Fitur Baru
Next post
Meluncur Besok, Segini Perkiraan Harga Toyota Corolla Cross