HomeBeritaMitsubishi Xpander Edisi Spesial Bebas Masalah Pompa Bahan Bakar

Mitsubishi Xpander Edisi Spesial Bebas Masalah Pompa Bahan Bakar

Pompa Bahan Bakar Mitsubishi Xpander
Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition bebas dari masalah pompa bahan bakar (Foto: MMKSI)

Jakarta – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) baru saja meluncurkan Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition dan Xpander Black Edition secara virtual. Sempat bermasalah dan membuat perusahaan melakukan recall terhadap ratusan ribu unitnya, kedua model Mitsubishi Xpander edisi spesial itu diyakini bebas dari masalah pompa bahan bakar (fuel pump).

Director of After Sales Division PT MMKSI, Eiichiro Hamazaki mengatakan bahwa kedua model Mitsubishi Xpander edisi spesial tersebut baru saja diproduksi. Sehingga tidak termasuk dalam daftar mobil yang terindikasi bermasalah pada bagian pompa bahan bakar.

“Service campaign Mitsubishi Xpander itu dilakukan untuk periode produksi Oktober 2017 sampai Agustus 2019,” ungkap Hamazaki saat acara konferensi pers peluncuran Mitsubishi Xpander edisi spesial, Selasa (20/10/2020).

Dirinya menambahkan, di luar dari tahun tersebut, Mitsubishi Xpander yang sudah beredar di pasaran tidak perlu melakukan pemeriksaan dan penggantian komponen pompa bahan bakar.

“Termasuk dua jenis model produk yang kami luncurkan hari ini Black Edition,” sambungnya.

Mitsubishi Xpander di Indonesia Kena Recall

Pada pertengahan Juni lalu, PT MMKSI mengumumkan recall terhadap 139.111 unit Xpander yang beredar di Indonesia.

Sebelumnya, Mitsubishi Filipina dan Vietnam telah lebih dahulu mengeluarkan informasi recall untuk model dan indikasi masalah yang sama.

Berdasarkan investigasi internal ditemukan bahwa fuel pump di dalam tangki bahan bakar dapat berhenti bekerja. Tentunya hal ini berpotensi mengakibatkan mesin tidak dapat dinyalakan atau berhenti secara tiba-tiba.

Kemungkinan penyebabnya adalah impeller memuai dan berubah bentuk kemudian bergesekan dengan bagian di sekitarnya, sehingga impeller tersebut berhenti berputar.

Pompa Bahan Bakar Mitsubishi Xpander
Ilustrasi modul pompa bahan bakar pada Mitsubishi Xpander (Foto: MMKSI)

Kampanye perbaikan fuel pump dilakukan untuk melakukan pemeriksaan pada label modul fuel pump Xpander dan melakukan penggantian unit fuel pump. Estimasi perbaikan memakan waktu sekira satu sampai dua jam.

Konsumen tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengikuti kampanye perbaikan ini.

Apabila mobil konsumen terlibat dalam kampanye perbaikan, maka bisa langsung mendatangi diler resmi. Selain itu bisa juga memanfaatkan layanan Home Service, di mana perbaikan dilakukan di rumah konsumen.

“Kami mengundang konsumen setia Mitsubishi Xpander untuk dapat melakukan pemeriksaan kendaraannya dengan prosedur yang mudah dan tanpa biaya,” imbuh Naoya Nakamura, President Director of MMKSI.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga: Mitsubishi Xpander Edisi Spesial Resmi Meluncur

Pesaing Nissan Magnite
Previous post
6 Fakta Menarik Nissan Magnite yang Baru Saja Diperkenalkan
Warna dan grafis Honda Genio
Next post
Honda Meluncurkan Warna dan Grafis Baru untuk Genio