Berita

Mobil Baru Presiden Jokowi Sudah Selesai Dibangun

Mercedes Benz S600 Guard, mobil Presiden Jokowi yang segera mendarat di Indonesia. (Foto: Netcarshow)

Jakarta – Sekretariat Kepresidenan sudah menyiapkan mobil dinas baru untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi). Khusus untuk Presiden Jokowi, setidaknya ada dua unit Mercedes-Benz S 600 Guard yang disediakan. Sekarang mobil jenis sedan mewah tersebut sudah selesai diproduksi hanya tinggal menunggu pengiriman dari Jerman ke Indonesia.

“Sudah tahap persiapan akhir dalam mengurus dokumen proses pengiriman dan sebagainya,” kata Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Sales Operation Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MDI) di Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Mengenai waktu pengiriman, Kariyanto belum bisa memastikannya, karena ada sejumlah prosedur yang harus diselesaikan terlebih dulu.

“Kapan pastinya kami belum bisa menjawab, karena kami juga masih menunggu jadwal dari pengirimannya. Tapi secara kendaraan sendiri sudah selesai diproduksi. Tinggal menunggu proses pengirimannya,” sambungnya.

Spesisifikasi dan Harga Mercedes-Benz S 600 Guard Rahasia

Spesifikasi Mercedes Benz S600 Guard dirahasiakan demi keamanan. (Foto: Netcarshow)

Sebagai mobil dinas Presiden tentunya spesifikasi serta fitur yang diaplikasikan berbeda dengan mobil pada umumnya yang dipasarkan secara massal. Spesifikasinya pun sangat dirahasiakan karena menyangkut soal keamanan.

“Harga dan spesifikasi enggak bisa kami beritahu karena alasan keamanan,” terang Kariyanto.

Dirinya juga tidak bisa memberitahu pemimpin negara mana yang menggunakan Mercedes-Benz S 600 Guard.

“Dari pihak Jerman enggak kasih tahu siapa saja yang menggunakannya. Tapi yang jelas memang divisi Guard dikhususkan dan dipergunakan untuk konsumen VVIP, pejabat negara dan sebagainya. Karenannya, untuk kendaraan itu kami enggak pasarkan secara umum,” pungkas Kariyanto.

Berdasarkan penelusuran Carmudi dari berbagai sumber disebutkan bahwa Mercedes-Benz S 600 Guard memiliki tingkat perlindungan yang sangat tinggi khususnya bagi penghuni kabin mobil.

Mercedes-Benz S 600 Guard dibekali mesin 6.000 cc dengan tenaga yang dihasilkan mencapai 530 hp dan torsi puncak 830 Nm.

Mercedes Benz S600 Guard tampak belakang samping. (Foto: Netcarshow)

Dari sisi keamanan, mobil Jerman ini sudah memiliki kaca polikarbonat yang mampu meredam serangan peluru, ban run-flat yang masih bisa digunakan meski kempis, dan tahan ledakan. Mobil ini juga mempunyai suspensi udara, Electronic Stability Programme (ESP), dan lainnya.

Mercedes-Benz S 600 Guard memiliki dimensi dengan panjang 5.453 mm, tinggi 1.498 mm, lebar 2.130, dan jarak sumbu roda sepanjang 3.365 mm.

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Dua SUV Baru Mercedes-Benz Resmi Dirakit di Bogor

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts