BeritaMobilTips dan Trik

Kunci Tertinggal di Dalam Mobil, Begini Cara Darurat Membuka Pintunya

Trik Saat Kunci Pintu Tertinggal di Dalam Mobil (Foto: Love This Pic)

Jakarta – Hal paling menjengkelkan bagi pengemudi yaitu saat kunci tertinggal di dalam mobil, dan masih tertancap di rumah kunci kontak. Pengemudi maupun penumpang tidak bisa masuk ke dalam karena pintu tertutup rapat.

Carmudian yang mengalami hal ini mungkin akan meminta bantuan tukang kunci untuk membuka pintu yang terkunci dari dalam. Bila kondisi tidak memungkinkan, Anda mungkin terpaksa memecahkan kaca mobil untuk mengambil kunci atau menghidupkan mobil.

Namun, cara terakhir jelas berisiko dan pasti butuh biaya perbaikan yang besar untuk mengganti kaca. Sebenarnya, Anda tidak perlu bergantung pada bantuan tukang kunci atau bahkan memecahkan kaca.

Anda pun bisa membuka pintu mobil yang terkunci tanpa merusak lubang kunci dengan trik darurat ini. Dikutip dari Lovethispic, cara darurat membuka pintu ini bisa memanfaatkan bola tenis. Bagaimana caranya?

Cara uka Pintu Mobil Saat Kunci Tertinggal (Foto AQF – Youtube)

Sebagai peringatan, cara ini akan lebih cocok bila dilakukan di rumah, namun bisa juga dilakukan ketika di parkiran asalkan alatnya tersedia. Cukup sediakan obeng dan api yang berasal dari korek gas atau bahkan kompor, kemudian bola tenis.

Bola tenis ini digunakan sebagai pompa untuk menekan perangkat mekanis kunci. Namun demikian, cara ini tidak berlaku untuk mobil yang sudah menggunakan teknologi keyless.

Cara Membuka Kunci Pintu Tertinggal di Mobil Saat Darurat

Pertama, bualah lubang kecil yang cukup dalam di bola tenis. Caranya, obeng yang dipanasi dengan api dari kompor atau korek gas, kemudian ditusuk ke bola hingga berlubang.

Setelah berlubang, gunakan bola tenis tadi untuk membuka kunci pintu. Arahkan bagian lubang di bola tenis tepat di depan lubang kunci yang ada di pintu.

Tekan dengan sekuat tenaga bola tenis itu hingga gepeng memakai tangan. Pastikan dorongan udara dari dalam bola tenis menekan kuat ke lubang pintu.

Bila kunci masih gagal terbuka, ulangi langkah menekan bola tenis tadi dengan tekanan yang lebih kuat dan lebih cepat. Tekanan udara yang sangat besar dan cepat dari dalam bola tenis ini menggerakkan komponen mekanis yang ada di dalam lubang kunci hingga akhirnya pintu bisa dibuka.

Sebaiknya simpan bola tenis ini di dalam tas atau tempat yang mudah dicari. Apabila pintu kembali terkunci dari dalam, Anda cukup memakai bola tenis tadi untuk membuka pintu. Lebih lengkapnya, saksikan video di bawah ini.(dol)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts