Berita

Mobil Listrik Terlaris, Hyundai Kona Electric Pimpin Segmen BEV 2021

Jakarta — PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mendominasi penjualan Kendaraan Listrik Berbasis Baterai alias Battery Electric Vehicle (BEV) sepanjang 2021. Hyundai Kona Electric tercatat sebagai mobil listrik terlaris di kategori tersebut.

Bodi samping Kona

Hyundai Kona Electric di Hyundai Track Day 2021. (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Menurut data GAIKINDO, ada sebanyak 605 unit model BEV Hyundai terjual tahun lalu dari total 693 transaksi ritel yang dibukukan GAIKINDO. Angka tersebut membawa Hyundai sebagai pemimpin pasar BEV sebesar 87,3%.

Kona Electric merajai kategori ini dengan total penjualan 366 unit atau 52,8%. Kemudian disusul Hyundai Ioniq Electric dengan total penjualan 239 unit atau 34,5%.

Hyundai menyambut baik antusiasme dan penerimaan pelanggan kami di Indonesia terhadap komitmen Hyundai dalam membangun mobilitas masa depan Tanah Air,” kata SungJong Ha, President Director HMID, Selasa (18/1/2022).

Sebagai informasi, Kona Electric dan Ioniq Electric hadir bersamaan pada akhir 2020 lalu. Kemunculannya menandai komitmen jangka panjang pabrikan asal Korea Selatan tersebut membangun ekosistem EV di Indonesia.

Melalui kerja sama yang dijalin dengan pemerintah dan mitra strategis, Hyundai telah membangun fasilitas pengisian daya di lebih dari 180 titik. Tersebar mulai dari Sumatera hingga Papua.

“Kona Electric dan Ioniq Electric telah mencatatkan sejarah mereka di Indonesia dan akan ada lebih banyak lagi pencapaian di masa mendatang,” sambung SungJong Ha.

Mobil Listrik Buatan Indonesia

Hyundai secara terbuka menyampaikan akan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi salah satu mobil listrik terbarunya, yakni Ioniq 5.

Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5

(Foto: Carmudi)

“Kami juga akan memperkenalkan Ioniq 5 yang akan diproduksi oleh Hyundai di Indonesia. Hal ini tentunya akan makin memperkuat visi Hyundai untuk era elektrifikasi dan Indonesia akan segera menempati posisi yang lebih tinggi lagi di industri EV global,” sambungnya.

Ioniq 5 akan berdiri di atas platform Electric-Global Modular Platform (E-GMP). Hyundai merancang platform tersebut secara khusus untuk model-model mobil listrik di masa yang akan datang, dan bukan tidak mungkin menjadi salah satu yang terlaris.

Kabar yang beredar menyebutkan Ioniq 5 akan masuk jalur produksi pabrik Hyundai yang berlokasi di Deltamas, Kerawang, Jawa Barat mulai tahun ini.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts