Berita

Nissan Leaf yang Baru Diluncurkan Beda dengan Versi Terdahulu

Jakarta –Nissan Leaf versi terdahulu yang pernah dipamerkan dan diperkenalkan ke publik Indonesia sekira hampir dua tahun lalu beda dengan versi yang baru saja diluncurkan.

Secara garis besar, Nissan leaf versi baru telah mendapatkan dua fitur tambahan yang terkait dengan sistem hiburan di kabin dan charger untuk mengisi daya baterai mobil.

Nissan Leaf Versi baru

Peluncuran Nissan Leaf (Foto: NMDI)

“Kami lakukan perbedaan atau perbaikan atau penyempurnaan dibandingkan model yang sebelumnya kami perkenalkan,” ungkap Bagus Susanto, Nissan Representative Director, saat acara peluncuran Nissan Leaf secara virtual, belum lama ini.

Dijelaskan Bagus, perbedaan yang pertama ada di bagian infotainment mobil. Di mana di model yang baru sekarang head unit layar sentuhnya menjadi lebih besar sekira 8 inci ketimbang versi terdahulu.

Kedua adalah di bagian plug in untuk sistem chargernya. Di mana pada Nissan Leaf versi baru sudah mempunyai dua charging port di sebelah kanan dan kiri.

“Sebelah kiri itu untuk chademo atau DC charging, dan sebelah kanan untuk AC charging,” terang dia.

Pada Nissan Leaf versi sebelumnya, lanjut Bagus, menggunakan tipe charging satu, tapi model yang baru diluncurkan pakai tipe dua.

Menurut dia, penggunaan dua charging port lebih menguntungkan ketimbang hanya satu. Sebab, bisa memudahkan pengguna Nissan Leaf saat hendak melakukan pengisian daya baterai.

Motor dan Mobil Listrik

Sistem charger Nissan Leaf (Foto: Carmudi)

“Tipe dua ini yang paling umum digunakan. Di mana seluruh SPKLU atau fasilitas charging yang ada itu umumnya sudah menggunakan tipe dua. Manfatanya bagi konsumen Nissan Leaf versi baru, di mana pun mereka berada, maka charger port-nya akan sesuai dengan model yang sekarang kami luncurkan,” pungkas Bagus.

Alasan Nissan Baru Meluncurkan Leaf

Nissan Leaf direncanakan meluncur pada 2020, tapi peluncurannya diundur menjadi pertengahan Agustus.

Terkait hal tersebut, Evensius Go, Presiden Direktur, PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) mengatakan bahwa, sekarang adalah waktu yang tepat untuk meluncurkan Leaf.

“Kami berpendapat ini saat yang paling tepat sebenarnya buat Nissan untuk meluncurkan Nissan Leaf di Indonesia dan juga dengan peluncuran Nisaan Leaf ini memberikan fokus buat Nissan ke depan. Terutama di teknologi dan juga memberikan pengalaman berkendara bagi konsumen di Indonesia,” tutur Evensius.

Nissan Leaf (Foto: Carmudi)

Selain itu, lanjut dia, peluncuran mobil listrik Nissan Leaf merupakan salah satu bukti keseriusan Nissan dalam mendukung program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang digulirkan pemerintah belum lama ini.

“Jadi mobil listrik ini juga untuk mendukung program pemerintah untuk elektrifikasi. Jadi pemerintah saat ini sedang gencar-gencarnya mendorong perkembangan kendaraan listrik, baik roda empat ataupun roda dua,” tutup dia.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts