Berita

Nissan Sakura Dinilai Cocok untuk Pasar Indonesia, Intip Bocoran Harganya

Jakarta — PT Nissan Motor Indonesia (NMI) berencana menghadirkan lebih banyak mobil dengan teknologi elektrifikasi di Tanah Air. Kei car Nissan Sakura dinilai menjadi salah satu produk yang sesuai.

Sebelumnya, Nissan Sakura telah resmi mengaspal di Jepang pada 20 Mei 2022. Menurut informasi, mobil ini merupakan kei car pertama Nissan dengan teknologi full electric.

Nissan Sakura

Menurut sejumlah pemberitaan, harga mobil ini di Jepang antara 2,3—2,9 juta yen atau sekitar Rp258,1—325,3 juta. (Foto: Nissan)

Direktur Sales dan Marketing PT NMI Tan Kim Piauw berharap mobil ini juga bisa dijual di Indonesia. Hal tersebut disampaikannya dalam jumpa pers, Jumat (3/6/2022) di Jakarta.

“Itu menjadi salah satu harapan kita. Mudah-mudahan, karena Nissan Indonesia juga mendukung pemerintah, kalau bisa menuju kepada elektrifikasi. Ke depan kita akan membawa lebih banyak mobil listrik dengan teknologi e-Power maupun teknologi baterai seperti Leaf ini,” kata Tan.

“Sangat memungkinkan, Sakura ini (untuk dijual di Indonesia). Tapi tentu perlu waktu karena mereka juga baru launching di Jepang. Kita masih bicarakan dengan mereka,” sambungnya.

Wujud Nissan Sakura sebagai kei car pun dinilai bukan masalah untuk pasar Indonesia. Menurut Tan, dimensi kei car yang mungil tak ubahnya seperti city car yang sudah lama dikenal oleh konsumen.

Harga Nissan Sakura

Nissan Sakura dijual dengan harga tergolong murah di negara asalnya. Menurut sejumlah pemberitaan, banderolnya berada di antara 2,3—2,9 juta yen atau sekitar Rp258,1—325,3 juta.

Ditambah adanya subsidi kendaraan ramah lingkungan dari pemerintah setempat maka harga jualnya bisa lebih terjangkau.

Interior Nissan Sakura

Spesifikasi mobil ini dinilai cocok untuk digunakan sebagai kendaraan perkotaan yang ramah lingkungan. (Foto: Nissan)

Sekilas mengenai spesifikasinya, mobil ini dilengkapi baterai lithium ion 20 kWh yang terletak di bawah lantai kendaraan. Sementara itu motor listriknya memiliki tenaga 63 hp dan torsi 195 Nm yang disalurkan ke roda depan.

Adapun kecepatan tertingginya bisa mencapai 130 km per jam dengan jarak tempuh terjauh 180 km.

Menurut Tan, Nissan Sakura akan sangat cocok digunakan di kota-kota besar di Indonesia yang kondisi lalu lintasnya kerap diwarnai kemacetan.

Penulis: Mada Prastya
Editor:  Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

/