Berita

Pemilik Toyota Veloz Patut Bangga, karena akan Jadi Global Model

Jakarta – Toyota Veloz pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2011, kala itu masih diproduksi di pabrik milik PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Namun kini, Veloz generasi terbaru akan diproduksi di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang berada di Karawang, Jawa Barat.

“Veloz itu memang rencananya kami akan produksi tahun 2022 antara 4.000 sampai 4.500 unit per bulan untuk domestik.” ungkap Direktur Corporate Affairs PT TMMIN Bob Azam, baru-baru ini.

Tak cuma sekedar diproduksi untuk memenuhi permintaan di pasar dalam negeri saja, rencananya TMMIN juga akan mengapalkan Veloz ke sejumlah negara mulai tahun depan.

Toyota Veloz

Toyota Veloz (Foto: Santo Carmudi)

“Ekspor juga kami lakukan. Nanti ekspor ini ada yang dalam bentuk utuh (CBU), tapi juga nanti ada yang dalam bentuk terurai (CKD). Tetapi untuk sementara Januari ini kami akan eskpor dalam bentuk CBU semua,” sambung Bob.

Dirinya berharap, mobil keluarga bernuansa sporty ini bisa diterima oleh konsumen di luar negeri khususnya di negara-negara yang menjadi tujuan ekspor. Terlebih nantinya, Veloz bakal diproduksi juga di sejumlah negara.

“Salah satu yang istimewa dari Toyota Veloz ini akan di produksi di beberapa negara. Kalau sebelumnya hanya di Indonesia, nanti akan di produksi di negara lain. Sehingga Veloz naik kelas, menjadi global model. Kita juga akan mendukung aktivitas produksi yang akan dilakukan di negara lain,” terang Bob.

Sementara itu, terkait di negara mana saja Veloz diproduksi, pihaknya masih merahasiakannya.

“Kita negara pertama lah (yang produksi Veloz). Nanti ada beberapa negara di Asia yang akan memproduksinya,” tutur Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur PT TMMIN.

Toyota Kijang Innova Hybrid

Pabrik Perakitan Mobil Toyota (Foto: TMMIN)

Mengikuti Jejak Toyota Kijang Innova

Toyota Veloz diharapkan bisa mengkuti jejak Kijang Innova yang kini telah diekspor ke banyak negara. Bahkan salah satu mobil keluarga legendaris Toyota itu sudah diproduksi di negara lain, yakni di India.

“Kakaknya Kijang Innova yang sudah lebih dulu menjadi global model. Veloz juga menjadi global model, artinya tidak hanya diproduksi di Indonesia tapi di beberapa negara. Dengan demikian bisa memperkuat posisi Indonesia sebagai basis dari produksi maupun pengembangan otomotif, khususnya di Toyota,” terang Bob.

Toyota Kijang Inoova (Foto: Santo/Carmudi)

Dirinya pun merasa bangga bila Veloz menjadi global model. Hal ini semakin memperkokoh posisi Indonesia sebagai industri otomotif yang patut di perhitungkan di Asia Tengara bersama-sama dengan Thailand.

“Jadi ini sebenarnya next level dari industri otomtoif yang ada di Indonesia,” pungkas dia.

Baca Juga:

 

Penulis: Santo sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts