Berita

Penjualan Beberapa Model Daihatsu Meningkat, Tertolong Pembelian Cash

Jakarta – Di tengah masa pandemik Covid-19 ini, tetap ada kebutuhan akan mobil baru di masyarakat. Untuk transaksi mobil baru ini cenderung dilakukan secara cash. Dari perubahan ini, membuat penjualan beberapa mobil Daihatsu meningkat secara presentase.

Model kendaraan yang naik diantaranya yaitu Daihatsu Sigra dan Terios. Menurut Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Division Head PT Astra International, Daihatsu Sales Operation, meningkatnya komposisi penjualan khususnya di Sigra ini disebabkan karena dari sisi harga yang lebih terjangkau. Selain itu, kebutuhan masyarakat Indonesia kembali mencari MPV sebagai incaran utama.

“Orang Indonesia preferensi mencari mobil ke MPV, sedangkan dari sisi harganya lebih tinggi Xenia dari Sigra. Bisa jadi, rencana beli MPV low, akhirnya turun ke segmen LCGC sehingga segmen tersebut jadi mengembang kontribusinya,” jelas Hendrayadi saat diskusi online, Jumat (19/6).

Hendrayadi menjelaskan, sekarang ini orang Indonesia ketika sangat membutuhkan mobil, maka akan beli MPV. Kemungkinan, karena daya beli menurun, maka mereka lebih hati-hati spending. Daihatsu Sigra menurutnya mengalami peningkatan persentase, pada semester I tahun lalu di kisaran 10,8%, kini di bulan Mei mencapai 12,4 %.

Untuk pilihan pembeli secara cash pun kian rasional, sehingga membuat penjualan Sigra dan Terios cukup meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Komposisi pembelian cash meningkat 7% dan sebaliknya kredit juga berkurang di angka itu.

“Tahun ini SUV medium kami naik jd 14% year to date dari 2019 di kisaran 12,3%. SUV medium ini jadi suatu pilihan, artinya di situasi krisis pandemik ini orang yang mau beli mobil itu adalah orang yang butuh mobil dan punya uang,” ungkapnya.

Pergeseran Komposisi Payment Penjualan Daihatsu

Terios 7 Wonders Jelajah Bumi Rafflesia di Bengkulu Foto: Daihatsu

Lebih lanjut, Hendrayadi melihat bila sekarang memang penjualan secara cash memang meningkat. Ini disebabkan karena pihak leasing semakin selektif dalam menerima calon pembeli mobil.

“Jujur situasi sekarang agak sulit, sekarang ini cash lebih besar porsinya. Kalau melalui paket DP rendah, leasing akan sangat selektif sekali (memilih calon konsumen),” tuturnya.

Di masa pandemi covid-19, Hendrayadi mengakui penjualan Daihatsu cukup terbantu oleh jaringan value chain Astra. Konsumen masih bisa membeli mobil secara kredit dengan kemudahan approval dari jaringan Astra Interntional tersebut.

“Bagaimanapun porsi kredit lebih besar dari cash, karena paling besar maka kunci keberhasilan di Daihatsu ada Astra Daihatsu Value Chain. Kita bisa berdiskusi dengan Astra Value chain untuk memberikan paket2 kredit. Saat daya beli dan income turun tapi butuh ganti mobil baru, orang seperti ini yang kita bantu,”bebernya.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts

/