Home » Berita » Penjualan Mobil Daihatsu Periode Januari Sampai Juni 2020

Penjualan Mobil Daihatsu Periode Januari Sampai Juni 2020

New Daihatsu Sigra (Foto: Carmudi)
New Daihatsu Sigra (Foto: Carmudi)

Jakarta – April dan Mei merupakan bulan terburuk bagi penjualan mobil baru di Indonesia. Semua pabrikan menyatakan kinerja penjualan mobil selama dua bulan tersebut turun sangat drastis dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Daya beli masyarakat di awal pandemi mulai menurun. Ditambah lagi perusahaan pembiayaan menerapkan aturan ketat bagi nasabah yang ingin mengajukan kredit mobil.

Memasuki Juni 2020, pemerintah daerah memberikan kelonggaran pasca penetapan Pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Sejumlah sektor sudah diperbolehkan beroperasi kembali dengan menerapkan protokol kesehatan. Seiring adanya kelonggaran, kegiatan masyarakat sudah mulai bergerak ke arah positif, begitu juga dengan penjualan mobil baru.

Dampat positif ini juga dirasakan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Daihatsu di Indonesia. ADM mengklaim memasuki Juni 2020 pasar otomotif Indonesia mulai menunjukkan peningkatan.

Secara nasional, penjualan retail pasar otomotif Indonesia selama periode Januari – Juni 2020 mencapai sekitar 290 ribu unit. Ini turun 42% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Data penjualan Mobil Daihatsu Januari- Juni 2020 (Foto: Daihatsu)

Meski secara total angka penjualan mobil nasional masih belum bisa mengalahkan capaian tahun lalu, tapi Daihatsu berhasil mengalami kenaikan market share. Besar kenaikannya cukup baik yaitu 0,8%, dari 17.6% Year to date (YTD) Juni 2019 menjadi 18.4% YTD Juni 2020.

“Pasar ritel otomotif nasional mulai menunjukkan peningkatan di bulan Juni 2020 dengan kenaikan hampir dua kali lipat dibandingkan Mei 2020. Kami harap masyarakat tetap menjaga dan mematuhi protokol kesehatan walaupun pemerintah sudah mulai melakukan relaksasi PSBB, agar aktifitas ekonomi dapat terus bergulir,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM dalam keterangan resminya, Jumat (10/7/2020).

Daihatsu Gran Max Pick Up
Daihatsu Gran Max Pick Up (Foto: Daihatsu)

Daihatsu Sigra Masih Mendominasi

Bila dirinci dari segi model, Sigra masih mendominasi penjualan Daihatsu secara nasional dengan total unit yang laku terjual selama periode Januari-Juni 2020 sebesar 15.194 unit. Daihatsu Sigra memberikan kontribusi sebesar 28,4% dari total penjualan mobil Daihatsu.

Kemudian di posisi selanjutnya ada Gran Max Pick-Up 11.010 unit yang terjual sebanyak 11.010 unit atau berkontribusi 20,5%, dan Terios 8.360 unit (15,6%).

Model Daihatsu lainnya yang juga memberikan kontribusi terhadap penjualan secara nasional selama enam bulan di tahun ini yaitu Ayla terjual sebanyak 6.682 (12,5%), Xenia 5.761 (10,8%), dan Gran Max (MAB) 5.028 (9,4%). Sementara itu Daihatsu Luxio dan Sirion, keduanya meraih total penualan sebesar 1.542 atau berkontribusi 2,9%.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Kelebihan Stok Spare Part Mobil dan Motor, Suzuki Akui Sempat Kewalahan
MUF bakal gelar pameran secara online
Next post
MUF Online Autoshow 2020, Tawarkan Skema Cicilan Rp19 Ribu Per Hari