Mobil

Perbandingan Varian Tertinggi Xpander Vs Stargazer, Harga Sama Persis

Jakarta — PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) telah mengumumkan harga Stargazer yang varian tertingginya, Prime IVT, ditawarkan Rp307,1 juta atau sama persis dengan harga varian tertinggi Mitsubishi Xpander.

Stargazer Xander

(Foto: Carmudi)

Kedua mobil memiliki tawaran fitur unggulan masing-masing. Mulai dari bagian eksterior, kaki-kaki Xpander akan lebih menggoda bagi konsumen yang suka pelek berdiameter lebar.

Pantauan Carmudi, Jumat (29/7/2022), Xpander varian teratas, Ultimate CVT, dilengkapi pelek 17 inci dibalut ban 205/55. Sementara pelek milik Stargazer punya diameter 16 inci dengan ban yang ukurannya serupa.

Kendati demikian, Stargazer juga memiliki ciri khas di bodi luar, yaitu finishing dual tone berupa atap warna hitam. Stargazer pun bisa dibilang lebih segar dari segi desain karena hadir sebagai produk yang benar-benar baru.

Sorotannya antara lain LED bar yang mengisi fascia depan dan lampu LED berbentuk huruf H di bodi belakangnya.

Interior Stargazer vs Xpander Varian Tertinggi

Masuk ke dalam kabin, persaingan antara kedua mobil ini kian menarik.

Seperti diketahui, Stargazer memiliki opsi jok captain seat yang bisa didapatkan oleh konsumen dengan tambahan biaya. Kemudian mobil ini juga memiliki meja untuk penumpang di baris kedua.

mobil keluarga Hyundai STARGAZER

Xpander tak memiliki opsi tersebut, tapi setidaknya jok baris kedua mobil sudah memiliki sandaran tangan.

Suasana kabin masing-masing mobil pun tampak berbeda. Xpander menawarkan kesan lebih cerah dengan penggunaan warna beige. Sementara Stargazer cenderung elegan dengan warna gelap.

Perbedaan juga bisa ditemui pada desain dasbor masing-masing mobil. Hyundai tergolong berani menghadirkan desain dasbor Stargazer.

Head unit dan layar speedometer ibarat disatukan oleh satu panel yang cukup bear.

Uniknya, head unit kedua mobil sama-sama menggunakan ukuran 8 inci. Kesamaan lain ialah keduanya juga punya cruise control.

Fitur dasar untuk mobil MPV yaitu AC double blower juga sama-sama bisa ditemui di kedua mobil.

Perbandingan Fitur

Bicara fitur, Xpander varian tertinggi memiliki electric parking brake. Hal ini tak bisa ditemukan pada Stargazer.

New Mitsubishi Xpander

Namun, bukan berarti wakil Hyundai langsung kalah sebab masih banyak fitur yang menjadi keunggulannya.

Di antaranya penggunaan 6 buah airbag ditambah paket fitur keselamatan aktif Hyundai Smartsense.

Di dalamnya mencakup Forward Collision-avoidance Assist (FCA), Lane Keeping Assist (LKA), Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA), dan Blind-Spot Collision Warning (BCW) sekaligus Blind-Spot Collision-avoidance Assist (BCA).

Di Xpander, fitur keselamatan mengandalkan ABS +EBD with BA, Active Stability Control, dan Hill Start Assist. Kebetulan fitur-fitur tersebut juga bisa ditemui di Stargazer varian tertinggi.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts