Home » Berita » Toyota Siapkan Platform Baru untuk Yaris

Toyota Siapkan Platform Baru untuk Yaris

Platform TNGA (GA-B) baru (Foto: Paultan)

Tokyo – Platform Toyota New Global Architecture (TNGA) telah digunakan oleh Toyota sejak 2015. Setidaknya ada empat versi TNGA yang saat ini dimiliki oleh pabrikan mobil asal Jepang itu. Keempatnya digunakan untuk berbagai jenis mobil. Tidak hanya untuk fondasi mobil Toyota saja, platform tersebut juga dipakai oleh brand mobil mewah milik Toyota yaitu Lexus.

Adapun empat versi TNGA yang dimiliki Toyota, seperti TNGA-C (GA-C). Platform satu ini digunakan untuk membangun Toyota Prius, Toyota C-HR, Toyota Corolla, dan Lexus UX. Lalu ada TNGA-K (GA-K), digunakan untuk mobil sedan dan sport utility vehicle (SUV) seperti Toyota Camry, Toyota Avalon, Lexus ES Toyota RAV4, dan Toyota Highlander. Selanjutnya TNGA-N (GA-N) khusus mobil Toyota Crown, dan terakhir adalah TNGA-L (GA-L) dirancang secara khusus untuk mobil mewah Lexus yaitu LC dan LS.

Belum berhenti sampai disitu, Toyota sudah memberitahukan bahwa akan membuat platform TNGA versi baru atau mereka menyebutnya dengan GA-B. Sebagaimana diberitakan Paultan, platform GA-B menerapkan filosofi dan teknologi TNGA terbaru untuk meningkatkan desain dan kinerja mobil-mobil Toyota berukuran kecil. Saat ini Toyota sudah menentukan mobil yang akan menggunakan platform GA-B yaitu Yaris.

Platform TNGA (GA-B) baru (Foto: Paultan)

Menurut rumor yang beredar, Toyota Yaris terbaru dengan platform GA-B akan diliuncurkan pada 2020.

Kelebihan Platform TNGA (GA-B)

Platform GA-B telah dirancang untuk memaksimalkan ruang interior. Toyota mengklaim dengan penggunaan platform baru itu, ruang kabin akan terasa lebih luas. Sementara itu, para perancang kendaraan nantinya akan memiliki kebebasan untuk membuat kendaraan yang menarik secara visual dengan dimensi yang sesuai karakteristik platform.

Seperti versi GA-C dan GA-K dari TNGA, platform GA-B dirancang untuk menghadirkan tingkat pengendalian mobil yang lebih baik dengan bagian bawah bodi mobil yang kaku, serta bobot lebih ringan.

Platform GA-B akan menggunakan suspensi depan MacPherson strut yang memiliki peredam guncangan berkualitas baik. Sedangkan suspensi belakang menggunakan model torsion beam atau multi-link tergantung dari karakter dan jenis kendaraan.

Platform TNGA (GA-B) baru (Foto: Paultan)

Platform ini juga membuat jok pengemudi sedikit lebih rendah dan lebih ke tengah mobil. Tujuannya untuk membantu menurunkan titik pusat gravitasi.

Menariknya Platform GA-B juga bakal dilengkapi dengan ruang penyimpanan baterai dibawah jok belakang. Ini menandakan bahwa nantinya platform tersebut bisa digunakan untuk mobil listrik.

Baca juga: 

Beberapa Kekurangan Toyota Yaris dan Bagaimana Solusinya?

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

All New Ertiga Support
Previous post
Simak Spesifikasi Oli Untuk Suzuki Ertiga, Salah Pakai Bisa Berkerak!
Next post
GIIAS Makassar Resmi Digelar, Saatnya Berburu Diskon dan Mobil Baru

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *