BeritaSepeda motorSumber informasi

Produk Sepeda Motor Yamaha Paling Laris di 2017

Penulis: Santo Evren Sirait

Jakarta – Sepanjang 2017 PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) banyak melakukan penyegaran terhadap beberapa produk unggulannya. Baik itu all new maupun yang hanya sekedar mengganti warna dan grafis.

Di antaranya ada All New Vixion, All New X-Ride, Fino Grande, Mio S, All New R15, New NMax, Aerox, Soul GT, Mio M3, dan sebagainya. Ada beragam jenis sepeda motor yang dimiliki dan dijual Yamaha ke konsumen di Indonesia. Mulai dari jenis matik, sport dan bebek, namun dari ketiganya jenis matik yang paling laris sampai sekarang.

“Tipe-tipe yang diatas target dan sukses adalah NMax series, Aerox 155 dan R series sebagai backbone model kami. Untuk lineup yang terlaris kami, tahun 2017 adalah lineup NMax yang memberikan kontribusi 25 persen, disusul lineup Mio series sekira 23 persen dari total pejualan,” ujar Eddy Ang selaku Deputy GM Marketing kepada Carmudi, belum lama ini.

Mengingat penjualan sepeda motor jenis matik masih tinggi ketimbang bebek dan sport, maka pihak perusahaan akan terus menaruh perhatian lebih di segmen tersebut terutama yang berada di kelas premium.

“Seiring dengan tren sepeda motor ke matik premium, maka kami akan mencoba fokus ke sini, sembari juga menggarap pasar yang terbesar matik di entry level,” terangnya.

Walaupun data resmi penjualan sepanjang 2017 belum diterbitkan, namun Eddy memprediksi penjualan Yamaha hingga akhir tahun mencapai 1.35juta.

Strategi Tahun Politik

Membuka lembaran baru di 2018, tentunya YIMM telah menyiapkan sejumlah strategi pemasaran. Agar supaya jumlah penjualan sepeda motor tahun ini bisa mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

Mengingat 2018 merupakan tahun politik maka ada kemungkinan Yamaha akan sedikit merubah strategi dalam mempromosikan produk-produknya yang sebelumnya sudah diterapkan. Satu contohnya adalah bila biasanya Yamaha menggelar suatu acara yang dapat mengundang banyak orang untuk hadir, tahun ini akan dikurangi.

“Untuk tahun politik, secara umum masyarakat sekarang sudah lebih dewasa. Saya pikir tidak ada pendekatan khusus terkait hal ini, kecuali bahwa event-event yang bersifat pengumpulan massa akan kami hindari, karena izin juga relatif lebih sulit sampai dengan selesai Pilkada,” jelas dia.

Sementara itu terkait produk baru yang bakal diluncurkan sepanjang 2018, Eddy belum mau memberikan sedikit pun bocorannya. “Kalau untuk model-model baru, ditunggu saja ya,” tutup Eddy. (dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts