Mobil

Punya Fitur Lengkap, Harga Wuling Almaz Bekas Stabil

Harga Wuling Almaz bekas cukup stabil untuk ukuran merek China (Foto: Wuling Motors)

JakartaWuling Almaz berhasil menjadi kuda hitam di segmen SUV medium, karena menawarkan harga terjangkau dengan fitur berkelas. Sayangnya, harga Wuling Almaz bekas malah jatuh.

Wuling Almaz bisa dibilang sebagai SUV medium pertama yang memiliki fitur voice command atau perintah suara berbahasa Indonesia.

Pertama kali meluncur pada Februari 2019, Wuling Motors menyediakan Almaz dengan konfigurasi 5 kursi, kemudian disusul versi 7 kursi beberapa bulan setelahnya.

Harga Wuling Almaz 2020 mulai dari Rp266 jutaan untuk varian Smart Enjoy dan Rp341 jutaan bagi Almaz Exclusive 7-seater sebagai varian tertinggi.

Berikut ini daftar varian dan harga Wuling Almaz 2020 OTR Jakarta:

  • Almaz Exclusive 7 Seater Rp341,8 juta
  • Almaz Exclusive 5 Seater Rp331,8 juta
  • Smart Enjoy CVT 7 Seater Rp278,8 juta
  • Smart Enjoy 6MT 7 Seater Rp266,8 juta

Dilihat dari harganya, Wuling Almaz sudah cukup terjangkau bila dibandingkan Honda CR-V. Sekalipun ini adalah merek China, namun fitur yang lengkap membuat nilai depresiasi atau penurunannya relatif kecil.

Wuling Almaz, SUV Murah dengan Fitur Canggih

Wuling Almaz 7 seater terbaru dilengkapi fitur voice command, WIND. (Foto: Carmudi/Santo)

Mobil ini memiliki banyak fitur canggih yang siap memanjakan penumpangnya. Sebut saja fitur One Push Button atau Engine Start Stop Button untuk menyalakan maupun mematikan mesin kendaraan dalam sekali sentuhan saja.

Fitur yang paling menarik adalah perintah suara atau mereka menyebutnya dengan nama WIND (Wuling Indonesia Command). Fitur ini terintegrasi dengan head unit berukuran besar mirip seperti tablet.

Pengoperasian fitur WIND pada Wuling Almaz juga sangat mudah. Pengguna cukup mengatakan “Halo Wuling”, lalu diikuti perintah apa yang diinginkan. Sistem akan memproses secara otomatis perintah yang Anda ucapkan.

Menghitung Depresiasi Harga Wuling Almaz Bekas

Wuling Almaz bekas seharga Rp 235 juta (Foto: Carmudi)

Berdasarkan listing di Carmudi, harga Wuling Almaz bekas keluaran 2019 di sebuah diler mobil bekas di Semarang, Jawa Tengah dijual mulai dari Rp235 juta untuk tipe S+T.

Guna menghitung depresiasi atau penurunan harga, kita perlu memakai harga 2019 sesuai tahun dibelinya mobil itu.

Pada Februari 2019, Almaz hanya tersedia dalam satu varian saja dengan harga Rp318,8 juta OTR Jakarta. Sementara di wilayah Jawa Tengah dijual Rp327 juta.

Jika dikalkulasikan antara harga baru dan bekas, maka depresi atau penurunan Almaz bekas dengan pemakaian kurang lebih satu tahun mencapai 28 persen. Nilai penurunannya sekira Rp92 jutaan.

Varian Wuling Almaz

Wuling Almaz di GIIAS diluncurkan dengan 4 varian pilihan. (Foto: Carmudi/Santo)

Sekalipun angka penurunannya cukup tinggi, namun secara persentase masih tergolong standar. Persentase depresiasi Wuling Almaz bekas hampir mirip dengan Daihatsu Sigra 1.0 liter di angka 27 persen.

Bahkan, Sigra bermesin 1.2 liter depresiasinya mencapai 31 persen. Itu tadi harga Wuling Almaz bekas yang paling murah di listing Carmudi.

Bagaimana nilai depresiasi untuk Wuling Almaz bekas yang paling mahal?

Berdasarkan listing di Carmudi, harga Wuling Almaz bekas termahal yaitu tipe 1.5 L Lux plus CVT AT. Harga yang ditawarkan Rp315 juta pada sebuah diler di Jakarta.

Tahun lalu, Almaz dengan 5 kursi penumpang bertransmisi CVT ini ditawarkan seharga Rp328,8 juta OTR Jakarta. Dengan harga tersebut, nilai depresiasi dari Almaz tipe tertinggi versi 5 kursi penumpang ini sangat kecil, cuma Rp13,8 juta atau 4 persen saja.

Bisa dibilang, nilai penurunan Wuling Almaz ini tidak sangat bersahabat sekalipun untuk merek asal China.

Kelemahan Wuling Almaz Bekas, Bikin Pamornya Sulit Kalahkan Brand Jepang

Wuling Almaz di GIIAS 2019 (Foto: Santo/Carmudi)

Meskipun Almaz punya banyak keunggulan, bukan berarti pesaing MG HS ini tidak memiliki kelemahan.

Almaz perlu mendapat penyempurnaan supaya kelemahan yang ada bisa teratasi. Dengan begini, Wuling Almaz baru bisa disebut sebagai SUV yang komplit.

Mesin Kurang Bertenaga dan CVT Kurang Responsif

Wuling Almaz dibekali mesin 1.451 cc dengan tenaga sebesar 140 hp. Dimensi bodi yang lebih besar dari Honda CR-V Turbo dan SUV lainnya, tenaga Almaz tergolong sangat kecil.

Mesin Wuling Almaz

Mesin Wuling Almaz (Foto: Wuling Motors)

Selisihnya sekira 30–50 hp dengan para kompetitornya. Padahal, mesin Wuling Almaz juga sudah dibekali turbocharged yang bisa meningkatkan tenaga.

Dengan produksi tenaga paling kecil, power to weight ratio dari Wuling Almaz ini jelas kalah dari CR-V. Ini membuat tarikan mobil terasa berat dan kurang lincah.

Wuling Almaz dilengkapi transmisi otomatis jenis CVT. Karakter CVT di Almaz terasa kurang agresif.

Bila dibandingkan dengan transmisi CVT yang dimiliki SUV lainnya, start Almaz agak berat. Hentakan saat kick down pun terasa lebih lambat.

Kualitas Mirroring Head Unit Kurang Memuaskan

Wuling Almaz 7 seater

Wuling Almaz 7 seater dilengkapi fitur voice command WIND berbahasa Indonesia. (Foto: Carmudi/Santo)

Almaz memiliki head unit berukuran 10.4 inci dengan tampilan portrait. Perangkat hiburan ini punya fitur mirroring bisa terhubung ke smartphone.

Namun sayang ketika layar smartphone terkunci atau mati gambar yang muncul di head unit jadi hilang.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Belum Lama Meluncur, Harga Mobil Bekas Wuling Almaz Mulai dari Rp235 Juta

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts