Mobil

Hitung Pajak Honda Civic Turbo dan Generasi Jadul Lainnya

Pajak Honda Civic Turbo

Honda Civic Generasi kedua (Foto: Pinterest)

Jakarta – Pajak Honda Civic Turbo yang sekarang dipasarkan di Indonesia terbilang cukup mahal. Kisarannya bisa sampai Rp6 jutaan ke atas. Hal ini sangat wajar mengingat harga jual dari Civic Turbo versi sedan mulai dari Rp533 jutaan, sedangkan hatchback Rp499 juta on the road Jakarta.

Perlu Anda diketahui, semakin mahal harga mobil, maka semakin tinggi pula nilai pajak yang harus dibayarkan oleh pelanggan tiap tahunnya.

Sebaliknya, ada juga yang mengatakan bahwa semakin tua usia kendaraan, makin murah pajak yang dibayarkan.

Nah, sebelum mengetahui lebih jauh mengenai nilai pajak untuk Honda Civic Turbo baik sedan maupun hatchback terbaru, ketahui dahulu besaran pajak yang dibebankan kepada pemilik mobil Civic tahun tua.

Berikut ini uraian singkatnya:

Pajak Mobil Honda Civic 1985-1990

Civic merupakan salah satu model legendaris keluaran Honda. Pada 1985 silam, Civic tersedia dalam berbagai model seperti SB3, SH3, SH4 dan SR3.

Mobil ini punya nilai pajak yang cukup tinggi kala itu. Tapi jika dibandingkan dengan era sekarang, nilai pajak Civic tahun produksi 1985-1990 terbilang sangat murah sekali.

Dilansir dari berbagai sumber, kisaran nilai pajak dari Honda Civic tahun tersebut antara Rp400 ribuan sampai Rp800 ribuan per-tahunnya.

pajak honda civic turbo

Honda Civic generasi 2 (Foto: Blogspotjapan)

Pajak Mobil Honda Civic 1991-1995

Pajak mobil Honda Civic model 1991-1995, kisarannya tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Biaya pajak yang harus dibayarkan per-unitnya berkisar Rp700 ribuan sampai Rp1,3 jutaan.

Angka ini masih tergolong cukup murah untuk mobil tua. Pada era 1990-an Honda menelurkan Civic Genio yang akhir-akhir ini juga kembali naik daun.

Honda Civic Genio punya desain membulat. Desain ini dianggap timeless, tak heran pada tahun ini mobil Jepang itu masih banyak digunakan. Pajak Honda Genio berkisar antara Rp700 ribu sampai Rp1,2 jutaan.

Generasi keempat, mulai terlihat modern

Generasi keempat, mulai terlihat modern (Foto: Wheelsage)

Pajak Mobil Honda Civic 1996-2000

Honda Civic Ferio, Civic Genio, Civic VTI dan Civic GLi menjadi beberapa model yang populer sampai era 2000-an. Pajaknya pun sedikit lebih mahal dibanding Civic model 1995 ke bawah.

Pajak mobil Honda Civic 1996 sampai 2000-an sudah ada di atas Rp1 jutaan. Bahkan pajak Civic GLi bisa tembus sampau Rp2 jutaan.

pajak honda civic turbo

Honda Civic generasi kelima (Foto: netcarshow)

Pajak Honda Civic 2001-2010

Sekira 2000-an ke atas ada beberapa model Civic yang dijual, seperti Civic VTI, Civic VTI-S, Civic FD1, Civic FD2, dan Civic FD3. Besaran pajaknya pun sudah mencapai Rp3 juta ke atas.

Berdasarkan penelusuran kami dari berbagai sumber, nilai pajak Civic model 2001 sampai 2010 ada di angka Rp1,7 jutaan. Sedangkan yang termahal menyentuh Rp4 jutaan.

Nilai pajak ini berbeda-beda dari setiap mobil tiap tahunnya. Tapi yang pasti, kisaran nilai pajak Honda Civic yang beredar di Jakarta berkisar di angka itu.

pajak honda civic turbo

Honda Civic Ferio, generasi keenam (Foto: Google)

Pajak Honda Civic 2011-2015

Lalu bagaimana dengan Honda Civic tahun produksi 2010 ke atas?

Biaya pajaknya sudah pasti lebih mahal dibanding generasi sebelumnya karena harga jual mobil barunya tergolong mahal. Tak heran tingginya nilai pajak mengikuti kenaikan harga jual kendaraan.

Honda Civic yang dijual 2011 sampai 2015, nilai pajaknya berkisar Rp3,5 jutaan sampai Rp7,2 jutaan.

pajak honda civic turbo

Honda Civic generasi 7 (Foto: Wikipedia)

Pajak Honda Civic Turbo 2016-2020

Berhubung Honda Civic Turbo versi sedan dijual sejak 2016 dan hatchback pada 2017, maka nilai pajak yang harus dibayarkan oleh pemilk mobil setiap tahun tergolong cukup mahal.

Nilai pajak Honda Civic Turbo sedan dan hatchback saat awal diluncurkan berkisar Rp6,3 jutaan sampai Rp7 jutaan.

pajak honda civic turbo

Honda Civic FB (Foto: pinterest)

Sedangkan pada 2018 sampai 2019 nilai pajaknya ada di angka Rp6,3 juta sampai Rp7,2 jutaan. Angka ini memang tidak berbeda jauh dengan tahun sebelumnya.

Menariknya, Civic Type R di mana besaran pajak yang harus dibayar mencapai belasan juta rupiah.

Civic Type R model 2017 punya nilai pajak sekira Rp14 jutaan. Sedangkan Civic Type R 2018 kisaran nilai pajaknya sebesar Rp15,5 jutaan.

Masuk ke tahun berikutnya makin naik menjadi Rp15,8 jutaan. Sementara itu pada 2020, nilai pajak Honda Civic Type R sudah menyentuh angka Rp16,5 jutaan.

Besaran pajak yang disebutkan tadi belum termasuk hitungan progresif dari si pemilik mobil.

pajak honda civic turbo

New Honda Civic Hatchback RS resmi diluncurkan dengan beragam perubahan. (Foto: Carmudi/Santo)

Arti Nama Honda Civic

Tahukah Anda sebenarnya Civic itu punya arti yang cukup mendalam?

Menurut kamus Webster, Civic memiliki makna sesuatu yang berhubungan dengan penduduk, kota, dan hubungan antar penduduk. Secara harfiah, Honda Civic ini punya arti mobil untuk semua orang.

Di sisi lain ada juga yang mengartikannya sebagai mobil untuk dunia karena konsepnya adalah dimensi kompak, irit bahan bakar, dan fun to drive.

Tidak heran jika Honda Civic ini punya sesuatu yang lebih dari mobil di kelasnya untuk fungsionalitas.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Santo

Baca Juga:

Simak Biaya Servis Honda Civic Turbo dan Hal Unik Lainnya

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts

/